Sponsors Link

Jerawat Nanah di Hidung – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Jika sudah membahas segala sesuatu tentang jerawat memang tidak akan habisnya. Selalu saja ada hal yang menarik untuk dibicarakan. Jerawat masih menjadi masalah kulit yang paling meresahkan, baik bagi wanita maupun pria. Munculnya jerawat bisa menimbulkan efek domino pada hal lain, salah satunya adalah kepercayaan diri yang menurun karena jerawat.

Sponsors Link

Hal tersebut adalah salah satu dampak psikologis akibat jerawat yang harus ditanggung, karena kemunculan jerawat membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Jerawat kadang tumbuh di area wajah yang terlalu jelas, seperti di hidung, Jika sudah begini, jerawat akan salah sulit disembunyikan. Terlebih lagi jika yang tumbuh adalah jerawat nanah di hidung.

Apa sih yang menyebabkan jerawat nanah di hidung bisa muncul dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya.

Penyebab Jerawat Nanah di Hidung

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di hidung:

1. Infeksi Bakteri

Jerawat yang memiliki mata berupa darah atau nanah mengandung banyak bakteri di dalamnya. Bakteri tersebut berkembang biak dengan cepat sehingga menyebabkan infeksi. Bakteri penyebab jerawat yang paling berbahaya adalah bakteri jenis P.acnes. Infeksi bakteri membuat kondisi kulit dan jerawat makin parah. Jerawat akan meradang dan bisa menyebar di sekitarnya. Apalagi jika jerawat sudah pecah dan nanahnya keluar, area wajah yang terkena nanah akan ikut ditumbuhi jerawat.

Infeksi bakteri pada jerawat memang tidak bisa disepelekan. Untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah, segera lakukan cara cara menyembuhkan jerawat agar tidak sampai meradang. Karena jika jerawat sudah meradang akan semakin sulit disembuhkan.

2. Jerawat Meradang

Jerawat yang meradang berarti sudah ada di fase puncak pertumbuhannya. Artinya jerawat ini sudah termasuk jerawat parah karena selain ukurannya yang sudah cukup besar, jerawat meradang juga berisi darah atau nanah. Inilah mengapa jerawat nanah di hidung bisa disebut juga dengan jerawat meradang.

Ciri ciri jerawat meradang yang sangat mudah dikenali adalah ukuran jerawat yang membesar dan berwarna merah, serta terdapat darah dan nanah di tengah sebagai matanya. Jerawat meradang ini terasa sangat nyeri meski tidak disentuh dan sangat gatal. Meskipun terasa sangat gatal dan perih, jangan pernah memencet jerawat karena akan membuat kondisi jerawat semakin parah dan merusak sel sel yang ada di bawah kulit.

3. Pengaruh Hormon

Sudah bukan rahasia lagi bahwa hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh akan menyebabkan munculnya jerawat. Hormon penyebab jerawat akan muncul saat seseorang berada dalam kondisi tertentu, seperti sedang menstruasi, hamil, atau menopause. Namun jerawat akan cepat hilang setelah gejala tubuh juga mereda. Remaja yang di dalam tubuhnya sedang mengalami peningkatan hormon juga sangat rentan untuk terserang jerawat.

Kondisi lain yang menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang adalah stress dan begadang. Begadang penyebab jerawat pasti sudah dipahami oleh kaum wanita. Malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk melakukan regenerasi. Jika tidak tidur, maka regenerasi tidak akan terjadi dan dampaknya sangat buruk untuk kesehatan dan kulit, salah satunya adalah serangan jerawat.

Selain itu, stress menyebabkan jerawat muncul di wajah semakin parah. Kondisi psikis yang sedang terganggu bisa mempengaruhi produksi hormon di dalam tubuh. Inilah mengapa seseorang yang sedang stress sangat rentan ditumbuhi jerawat.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat Nanah di Hidung

Jerawat nanah di hidung tidak bisa dibiarkan saja. Berbagai cara harus dilakukan untuk mengatasi jerawat tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Tidak Memencet Jerawat

Salah satu kebiasaan penyebab jerawat dan membuat jerawat semakin parah adalah suka memencet jerawat. Jerawat bernanah mengandung banyak bakteri di dalamnya sehingga tidak boleh dipencet sembarangan. Semakin jerawat dipencet, kondisinya akan menjadi semakin parah serta menyebabkan bakteri di dalam jerawat menyebar ke area kulit di sekitarnya.

Bahaya memencet jerawat di hidung lainnya adalah merusak sel kulit di bawah jerawat sehingga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kulit wajah. Lakukan semua cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat seperti membungkus jerawat dengan plester jerawat agar kondisi jerawat tidak menjadi semakin parah.

2. Salep Jerawat

Salep jerawat banyak dijual di apotek dan sangat ampuh untuk melawan berbagai jenis jerawat, termasuk jerawat bernanah yang meradang sangat parah. Pilih salep penghilang jerawat dengan kandungan benzoil peroksida, zat kimia yang ampuh membunuh bakteri di dalam jerawat. Oleskan salep tipis tipis saja pada jerawat setiap malam sebelum tidur.

Sponsors Link

Pengobatan dengan menggunakan salep jerawat ini sangat ampuh dan bisa menunjukkan hasil dalam waktu singkat. Tetapi jangan sembarangan membeli salep jerawat tanpa benar benar mengenali kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Salah memilih salep jerawat bisa berakibat fatal untuk kulit.

3. Antibiotik

Anti biotik adalah obat jerawat yang ampuh karena fungsi dari obat itu sendiri adalah membunuh berbagai macam bakteri yang ada dalam tubuh, termasuk bakteri yang ada dalam jerawat. Penggunaan anti biotik bisa melalui tablet untuk diminum atau disuntikkan ke tubuh. Namun penggunaan anti biotik sebagai obat jerawat tidak boleh sembarangan.

Untuk menghindari bahaya antibiotik jerawat, tanyakan kepada dokter agar diberi dosis yang tepat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

4. Isotretinoin

Isotretinoin adalah zat kimia yang terkenal ampuh untuk menghilangkan berbagai macam jerawat yang parah seperti jerawat nodul, jerawat batu, dan jerawat kista. Kandungan zat tersebut biasanya ada dalam cream atau salep jerawat yang dijual di apotek. Khasiat isotretinoin untuk jerawat tidak perlu diragukan lagi karena telah terbukti ampuh menghilangkan jerawat nanah dalam waktu singkat.

5. Asam Salisilat

Sama seperti isotretinoin, asam salisilat bisa ditemukan di krim atau salep penghilang jerawat yang dijual di apotek. Zat ini bekerja langsung membunuh bakteri yang ada dalam jerawat dan bisa mengempeskan jerawat dengan sangat cepat.

Setelah membahas tentang jerawat nanah di hidung, Anda pasti sudah paham kan mengapa jerawat nanah ini bisa muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk mencegah jerawat muncul, menjaga kebersihan dan merawat kulit secara rutin adalah 2 hal penting yang tidak boleh ditinggalkan.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab