Sponsors Link

Jerawat Sakit Saat Disentuh

Sponsors Link

Baik pria maupun wanita pasti tidak ingin berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat. Hadirnya jerawat membuat kulit wajah tampak tidak mulus. Dengan demikian, penampilan pun menjadi kurang sempurna. Agar kulit tidak mudah ditumbuhi jerawat, ketahui penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang harus dihindari. Tanpa disadari, ada dampak psikologis akibat jerawat yang harus ditanggung. Kepercayaan diri menurun karena merasa penampilan tidak sempurna dan membuat seseorang enggan bertemu dengan orang lain.

Sponsors Link

Jerawat punya banyak macam, jenis, dan karakteristik. Ada jerawat batu yang meradang, serta ada pula jerawat sakit saat disentuh. Apa yang menyebabkan jerawat sakit disentuh, bahaya, dan cara mengatasinya? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Jerawat Sakit Saat Disentuh

Mengapa jerawat bisa sakit saat disentuh? Tentu ada beberapa hal yang menyebabkan itu terjadi. Perlu diingat bahwa jerawat mengandung banyak kuman dan bakteri, sehingga kondisinya pun sangat sensitif. Setelah mengetahui penyebab berikut ini, Anda pasti berpikir 2 kali untuk menyentuh jerawat mulai dari sekarang.

1. Jerawat Sedang Meradang

Jerawat yang sedeng meradang adalah jerawat yang dalam posisi parah parahnya. Ciri ciri jerawat meradang yang patut diketahui adalah saat jerawat tumbuh membesar dan terasa nyeri. Jerawat yang meradang juga akan berwarna merah dan matang, namun ini juga pertanda bahwa jerawat akan segera sembuh. Jangan menyentuh jerawat yang meradang karena kondisi jerawat sedang sangat parah.

2. Jerawat Akan Sembuh

Jerawat yang sakit saat disentuh adalah ciri ciri jerawat akan sembuh. Mengapa demikian? Jerawat yang akan sembuh adalah jerawat yang berhenti tumbuh. Ukuran jerawat ini biasanya sudah sangat besar namun tidak akan membesar lagi. Karena sedang sangat meradang, jerawat ini menjadi sakit saat disentuh.

3. Ada Darah atau Nanah Pada Jerawat

Penyebab jerawat bernanah dan berdarah biasanya karena banyaknya kuman dan bakteri yang tumbuh dalam jerawat. Jerawat yang seperti ini biasanya adalah jerawat batu yang punya ukuran besar dan memiliki mata di tengahnya. Lapisan kulit jerawat yang berdarah dan bernanah sangat tipis, inilah mengapa rasanya sakit saat disentuh. Bahkan ketika tidak disentuh pun akan terasa sakit dan nyeri. Jangan menyentuh atau memencet jerawat dalam kondisi ini hanya karena Anda ingin mengeluarkan isinya.

4. Banyak Bakteri dalam Jerawat

Jerawat yang tumbuh di wajah adalah sarang kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini masih bertumbuh dan menyebabkan rasa sakit dalam prosesnya. Ukuran jerawat tidak menjadi masalah, karena jerawat bahkan tumbuh saat ukurannya masih kecil. Bakteri penyebab jerawat bisa muncul dari mana saja, termasuk dari endapan kotoran di dalam pori pori kulit yang tidak dibersihkan.

Sponsors Link

5. Stress dan Depresi

Kondisi psikologis seseorang ternyata juga berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat. Bahkan menyebabkan jerawat mudah hilang. Stress dan depresi menjadi penyebab jerawat terus bermunculan. Hindari stress yang berlebihan, karena stress membuat hormon di tubuh tidak seimbang sehingga jerawat sangat mudah tumbuh.

Bahaya Jerawat yang Disentuh

Anda pasti sudah sering mendengar larangan menyentuh jerawat. Namun sayangnya, kebiasaan ini masih sering dilakukan bahkan oleh banyak orang. Mereka yang tidak sabar menunggu jerawatnya hingga sembuh memilih cara cepat dengan menyentuh jerawatnya tanpa menyadari bahaya dibalik tindakan tersebut.

  • Jerawat Mudah Menyebar. Jerawat yang sakit disentuh adalah tanda jerawat yang sedang meradang. Menyentuh jerawat yang meradang sama dengan memberi kesempatan bakteri yang ada di dalamnya menyebar ke bagian wajah yang lain. Jadi jangan heran kalau jerawat justru menjadi semakin banyak. Cara mencegah jerawat agar tidak menyebar adalah dengan tidak menyentuhnya.
  • Meninggalkan Bekas Bopeng. Suka menyentuh jerawat punya dampak berbahaya yang tidak diinginkan siapapun. Jerawat yang disentuh atau malah dipencet secara paksa akan merusak jaringan yang ada di dalam kulit. Jaringan yang cacat tersebut akan nampak dari luar sebagai bopeng dan parut. Lakukan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami jika hal ini sampai terjadi.
  • Memicu Jerawat Membengkak. Maksud Anda menyentuh atau memencet jerawat adalah karena ingin jerawat cepat sembuh. Namun cara menyembuhkan jerawat secara paksa dengan menyentuhnya justru akan membuat jerawat meradang dan membengkak melebihi ukuran yang sebenarnya.
Sponsors Link

  • Kuman Lebih Mudah Masuk. Jerawat punya lapisan kulit yang relatif tipis. Menyentuh jerawat saja bisa membuatnya pecah dan cairannya keluar. Hal ini sama saja dengan memberikan kesempatan pada kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam jerawat sehingga membuat kondisinya lebih parah lagi.
  • Tumbuhnya Jerawat Baru. Pernahkah Anda mengalami tumbuhnya jerawat kecil kecil di sekitar jerawta besar? Ini karena kulit di sekitar jerawat ikut meradang dan terkena bakteri dari jerawat utama. Jangan suka menyentuh jerawat karena akan membuat bakterinya menyebar ke kulit di sekitar jerawat yang awalnya sehat dan tidak bermasalah.

Cara Mengatasi

Mengetahui bahaya menyentuh jerawat, tentu Anda harus segera mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi jerawat tersebut. Ini dia cara mengatasi jerawat yang aman dan tidak berbahaya:

  • Uap Wajah. Metode menguap wajah dapat dikatakan cukup efektif untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat. Uap wajah dengan menggunakan air hangat akan membuka pori pori kulit, termasuk yang berjerawat. Dengan demikian semua kotoran dan bakteri yang ada dalam jerawat akan dapat dibersihkan dengan mudah dan jerawat pun bisa segera disembuhkan.
  • Minyak Pohon Teh. Obat jerawat yang satu ini tidak perlu lagi diragukan keampuhannya. Minyak pohon teh atau tea tree oil kini mudah didapatkan karena banyak produsen skincare yang menyertakan tea tree oil dalam lini produk mereka. Oleskan tea tree oil ke jerawat yang meradang. Mungkin Anda akan merasa perih dan gatal menggigit. Jangan pernah menyentuh atau menggaruk jerawat dalam keadaan seperti ini.
  • Salep Jerawat. Penggunaan salep jerawat adalah metode yang sangat efektif untuk menghilangkan dan menyembuhkan jerawat dengan cepat. Kandungan kimia dalam salep akan membunuh bakteri penyebab jerawat dengan efektif. Pilih salep dengan kandungan benzoyl peroxide yang sudah terbukti ampuh melawan pertumbuhan jerawat. 

Itulah pembahasan tentang jerawat sakit saat disentuh. Hindari berbagai penyebab jerawat sakit saat disentuh karena jika jerawat meradang, maka akan lebih susah untuk disembuhkan. Selain itu jerawat sakit saat disentuh yang meradang bisa merusak sel kulit sehingga akan berpengaruh pada penampilan kulit luar. Dampaknya tentu kulit menjadi berbekas luka bopeng dan parut. Rawat kulit semaksimal mungkin dan jangan biarkan masalah sekecil apapun melanda kulit Anda yang sehat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Jenis