Sponsors Link

Jerawat Tidak Sembuh Bertahun tahun, Lakukan Langkah Penyembuhan Ini !

Sponsors Link

Mengobati jerawat parah sampai bertahun-tahun tidak cukup hanya dengan menggunakan sabun permbersih wajah yang memiliki kandungan ati jerawat biasa. Ia membutuhkan treatment khusus untuk mengatasi jerawat parah apalagi yang sudah bertahun-tahun. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat tersebut? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Jerawat yang tidak sembuh bertahun-tahun sudah pasti memberikan dampak psikologis akibat jerawat bagi pemiliknya. Seseorang mungkin akan segan keluar rumah karena malu untuk bersosialisasi dengan orang-orang disekitar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat yang ada selama bertahun-tahun :

Penyembuhan Menggunakan obat

Dokter biasanya akan meresepkan obat yang dapat mengontrol kulit bejerawat dengan mencegah tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Jenis-jenis ibat tersebut adalah :

1. Tretinoin

Tretinoin adalah obat yang membuat poi-pori wajah tampak lebih bersih. Hal ini mengurangi kotoran di wajah sehingga peradangan tidak terjadi. Selain itu, tretinoin juga merangsan pertumbuhan lapisan kulit baru. Obat tretinoin tersedia dalam bentuk krim, losion, gel, atau pil. Namun, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi tretinoin.

2. Bactrim

Bactrim mengandung trimetoprim dan sulfamethoxazole yang berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri pada wajah.

3. Antibiotik

Antibiotik diberikan guna mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Selain itu, antibiotik juga mencegah peradangan pada wajah akibat adanya jerawat.

4. Pil KB

Pil KB mengatur hormon wanita sehingga penggunaanya yang dilakukan besama dengan obat lain dapat mengatasi jerawat parah.

5. Spironolactone

Obat spironolactone adalah obat diuretk yang membuang kelebihan cairan di dalam tubuh. Selain itu bisa dikonsumsi untuk mengatur kadar hormon pada tubuh dan mngurangi produksi minyak berlebih. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan jerawat.

Penyembuhan dengan Skincare Rutin

Selain menggunakan obat, penggunaan skincare yang benar juga mempengaruhi gagalnya penyembuhan jerawat pada wajah, berikut adalah skincare rutin untuk kulit berjerawat :

1. Cleanser

Menggunakan cleanser dengan PH yang rendah saat membersihkan wajah di pagi hari untuk menyeimbangkan kadar minyak di wajah.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner non-alkohol untuk meregenerasi sel kulit mati.

3. Serum

Penggunaan serum yang mengandung vitamin C dapat mengurangi pigmentasi berlebihan pada wajah.

4. Moisturizer

Penggunaa moisturizer ini untuk mencegah kuli agar tidak kering selama pengobatan jerawat.

5. Sunscreen

Sunscreen sangat berguna dalam mencegah paparan sinar matahari pada wajah sehingga mencegah jerawat tumbuh kembali.

6. Masker

Penggunaan masker jerawat juga diperlukan minimal setiap 2 minggu sekali untuk memaksimalkan pengobatan jerawat.

Penyembuhan dengan Perubahan Gaya Hidup

Selain dengan obat-obatan atau skincare rutin, pengobatan jerawat juga harus dilakukan dengan mengubah gaya hidup buruk yang dapat membuat jerawat tumbuh kembali pada wajah. Tentunya pengobatan akan lebih efektif dan hasilnya akan lebih maksimal. Berikut gaya hidup yang harus diubah :

1. Menjaga kebersihan kulit terutaman di area yang bermasalah

2. Menggunakan air bersih yang tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin

3. Jangan sekali-kali memencet jerawat apapun alasannya sebab bahaya memencet jerawat sangat buruk.

4. Hentikan kebiasaan penyebab jerawat seperti penggunaan make-up selama kurun waktu tertentu karena akan menyumbat pori-pori. Jika harus memakai make-up, gunakan produk berbasis air atau non-komedogenik serta bilas sesegera mungkin setelah mengguakan make-up

5. Olahraga yang teratur juga menjadi bagian dari cara agar jerawat tidak menular

6. Cuci rambut secara rutin karena kuman pada rambut dapat menyebar ke kulit

7. Hentikan mengonsumsi makanan penyebab jerawat dan menggantinya dengan sayuran anti jerawat

Demikian beberapa cara untuk mengobatai jerawat yang tidak sembuh bertahun-tahun dan semoga bermanfaat.

ads
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.