Sponsors Link

Benarkah Kacang Penyebab Jerawat ?

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang terjadi akibat kelenjar minyak diwajah yang terlalu aktif. Akibatnya pori – pori wajah menjadi tersumbat dan muncullah bisul kecil pada kulit yang kita namakan dengan jerawat. Jerawat yang baru tumbuh biasanya berwarna merah dan pedih ketikan tersentuh oleh tangan. Oleh sebab itu untuk menghindari infeksi pada kulit ada baiknya Anda tidak menyentuh jerawat apalagi memncetnya. Jerawat yang dipencet justru akan mengakibatkan bopeng pada wajah dikemudian hari. Bopeng pada wajah sangat menganggu kecantikan alami Anda. Karena bopeng yang terdapat pada wajah akan sulit dihilangkan dan terkadang bersifat selamanya diwajah.

Sponsors Link

Artikel terkait :

Sebagian orang ada yang mengaitkan penyebab jerawat akibat dengan makanan tertentu. Contohnya adalah mengkonsumsi kacang – kacangan. Kacang merupakan buah yang tumbuh didalam tanah yang biasa disebut juga dengan polong – polongan. Kacang memiliki bentuk sedikit bulat dan lonjong dengan ukuran yang kecil. Kacang bisa dikonsumsi setelah sebelumnya digoreng atau direbus terlebih dahulu sesuai dengan selera. Pada dasarnya kandungan yang terdapat didalam kacang adalah sebagai berikut :

  • Lemak yang sehat yang baik untuk melindungi organ – organ dalam tubuh dari benda luar.
  • Protein adalah senyawa yang berguna untuk mergenerasi organ – organ didalam tubuh.
  • Vitamin yang memberikan nutrisi dan kesehatan didalam tubuh.

Beberapa kandungan didalam kacang juga baik untuk melancarkan air susu ibu bagi ibu yang kesulitan untuk mengeluarkan asinya sebagai sumber makanan bagi bayi. Namun tumbuhnya jerawat pada kulit wajah sama sekali tidak ada hubungannya dengan mengkonsumsi kacang terutama makan kacang hanya sesekali saja. Justru yang tidak diperbolehkan adalah mengkonsumsi kacang jika berlebihan. Begitu juga dengan mengkonsumsi makanan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena saat mengkonsumsi kacang secara berlebihan dapat mengaktifkan kelenjar minyak yang terdapat dilapisan kulit bawah. Kelenjar minyak ini aktif karena kandungan lemak yang terdapat pada kacang. Oleh sebab itu jika ingin mengkonsumsinya ada baiknya secukupnya saja. (Baca juga : Makanan penyebab jerawat diwajah muncul terus )

Cara Mengatasi Jerawat

Mencegah memang lebih baik dari mengobati termasuk juga dalam masalah jerawat pada kulit. Mengatasi jerawat memang susah – susah sulit namun dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat maka kesehatan kuli akan Anda peroleh dengan sendirinya. Berikut ini cara mengatasi jerawat secara alami dari kulit wajah Anda :

1.Membersihkan muka

Muka setelah seharian beraktifitas pasti akan menyebabkan banyaknya debu yang menempel dan juga minyak diwajah. Untuk itu membersihkan wajah diperlukan sebanyak dua kali salam sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat debu dan minyak yang menempel pada kulit wajah yang berlebihan yang dapat menimbulkan jerawat. ( Baca juga : Pelembap dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak, Cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat )

2. Berolahraga

Mengatasi jerawat juga bisa dilakukan dengan berolahraga sehari – hari. Olahraga mampu untuk melancarkan peredaran darah sehingga pori – pori pada kulit dapat bernafas dengan sempurna. Olahraga yang dilakukan bisa dengan intensitas ringan seperti lari pagi, joging atau naik turun tangga.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung serat dan vitamin. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh sehingga racun yang ada didalam tubuh dapat keluar. Selanjutnya vitamin diperlukan untuk memberikan nutrisi pada tubuh. ( Baca juga : Buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh )

Sponsors Link

4. Menggunakan produk yang tepat

Menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah diperlukan dengan memperhatikan jenis kulit wajah Anda. Untuk kulit tipe berminyak maka pilihlan produk yang tidak mengandung minyak. Sedangkan untuk kulit tipe yang kering maka pilihlah produk kosmetik yang mengandung minyak. Tapi bagi Anda yang memiliki kulit normal maka pilih juga kosmetik yang dikhususkan untuk pemilik kulit yang normal. (Baca juga : Scrub alami untuk wajah )

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dipraktekaan untuk mengatasi jerawat agar tidak tumbuh pada wajahmu. Karena bagaimanapun juga mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

Bahan Alami Penghilang Jerawat

Jerawat memang sangat menyebalkan namun kehadirannya kadang tidak bisa diduga. Kemarin rasanya pipi masih mulus bebas jerawat. Hanya saja karena lupa mencuci wajah sebelum tidur jerawat sudah muncul satu dipipi. Jika Anda termasuk orang yang lebih senang mengobati jerawat dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat antara lain :

1.Lidah buaya

Tanaman yang memiliki diru disekujur batangnya ini dipercaya mampu menghilangkan jerawat dalam hitungan tiga hari. Lidah buaya mengandung gel yang memiliki antiperadangan dan antibakteri yang baik untuk mengatasi jerawat. Cara untuk mendapatkan gel dari lidah buaya ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Potong satu batang tanaman lidah buaya dari rumpunnya.
  • Cuci hingga bersih dari getah lidah buaya.
  • Ambil gelnya dan oleskan pada bagian yang berjerawat.

Biarkan gel dari lidah buaya ini selama 30 menit hingga meresap kedalam kulit. Baru kemudian dibilas dengan air yang bersih.

Artikel terkait :

ads

2. Pepaya

Selanjutnya buah alami yang dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat adalah pepaya. Buah pepaya memiliki senyawa bernama papain yang juga membantu mencerahkan kulit secara alami. Untuk membuat masker dari buah pepaya juga cukup mudah tinggal menghaluskan daging dari buah pepaya kemudian ditempelkan pada wajah selama 30 menit. Sesudah itu baru dibilas dengan menggunakan air yang bersih. Masker dari pepaya ini dapat dipakai satu kali dalam sehari.

Artikel terkait :

3. Lemon

Buah lemon memiliki sifat asam sehingga rasanya menjadi asam. Lemon yang digunakan untuk masker diwajah adalah air perasan dari lemon. Cara untuk mendapatkan air perasan lemon ini adalah dengan menyediakan satu buah lemon kemudian dibelah menjadi dua bagian. Sesudahnya peras buah lemon dan air perasannya ditempelkan pada wajah yang berjerawat secara merata. Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas kembali hingga bersih.

Artikel terkait :

4. Madu

Madu merupakan cairan alami yang berasal dari sari bunga yang diambil oleh lebah. Madu banyak memiliki manfaat dibidang ksehatan dan juga dibidang kecantikan. Untuk dibidang kecantikan madu berfungsi untuk membuat kulit sehat dan bebas dari jerawat. Untuk menggunakannya cukup mudah anda tinggal oleskan madu pada wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal berikut ini langkah –  langkah mengoleskannya pada wajah:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah Anda.
  • Buka pori – pori pada wajah dengan cara diuapi terlebih dahulu dengan menggunakan uap dari air panas. Hati – hati dalam melakukannya agar wajah tidak terkena percikan airnya.
  • Baru oleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah itu baru dibilas dengan air bersih.

Langkah terkahir yang dapat dilakukan adalah mengoleskan es batu pada wajah untuk menutup pori – pori pada wajah Anda.

Artikel terkait :

5. Putih telur

Masker selanjutnya yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah putih telur. Putih telur mengandung senyawa protein yan baik untuk menghilangkan jerawat dan megencangkan kulit pada wajah Anda. Untuk penggunaanya juga cukup mudah Anda tinggal memecahkan telur dan pisahkan putih telur dari kuningnya. Lalu putih telur dioleskan pada wajah anda secara merata. Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas hingga bersih.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah. Kelebihan lainnya adalah bahan alami ini dapat dilakukan sendiri dirumah saat waktu senggang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab