Sponsors Link

11 Kebiasaan Penyebab Jerawat Paling Berbahaya

Sponsors Link

Kesel pastinya, kalau bangun pagi saat berkaca ada jerawat nyasar di pipi. Nah, kalau sudah jerawatan pasti ada kebiasaan yang kita lupa lakukan sebelum tidur, entah itu karena kita sudah malas buat membersihkan wajah atau entah karena kita sudah terlalu lelah dan ngantuk sehingga gravitasi kasur lebih berat daripada rasa ingin membersihkan wajah. Selain itu, apa saja sih yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat? Penyebab jerawat akut bermacam-macam entah itu karena hormon alami dalam tubuh atau karena kebiasaan jelek kita yang enggan membersihkan wajah sebelum tidur. Penyebab jerawat yang lain bisa diakibatkan beberapa hal berikut :

Sponsors Link

1. Terlalu sering menyentuh wajah

Jangan salah, terdapat beberapa bakteri atau mikroba yang turut mendukung dalam pembentukan jerawat pada wajah kita antara lain Corynebacterium acnes, Staphylococcus epidermidis, dan Ptyrosporum ovale. Jadi, jangan sering-sering menyentuh wajah kamu jika tangan kamu dalam keadaan kotor.

Baca juga

2. Diet

Pada dasarnya diet tidak berpengaruh secara optimal dalam pembentukan jerawat. Terdapat beberapa penelitian yang mengatakan bahwa makanan yang mengandung lemak seperti es krim, kacang-kacangan, coklat dan gorengan akan mempermudah timbulnya jerawat. Namun ada beberapa pihak yang tidak setuju dengan hal tersebut dan mengatakan bahwa seseorang yang sedang menjalani diet atupun tidak hal itu tidak berpengaruh terhadap timbulnya jerawat.

Baca Juga

3. Terlalau lama terpapar sinar ultra violet

Sinar ultra violet ini mempunyai efek membunuh bakteri pada permukaan kulit, sinar ultra violet ini juga dapat menembus jaringan kulit teratas yakni epidermis hingga ke jaringan yang paling bawah yakni dermis hal ini akan berpengaruh pada bakteri yang berada di bagian dalam kelenjar kulit, sinar ultraviolet juga menyebabkan pengelupasan kulit sehingga akan menghilangkan sumbatan saluran yang ada dalam kulit. Tapi, jika terpapar terlalu lama sinar ultra violet ini akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mengakibatkan kulit lebih banyak memproduksi kelenjar minyak untuk menjaga kelembaban kulit.

Baca Juga : Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat

Sponsors Link

4. Keadaan Psikis

Pada beberapa orang, stress dan gangguan emosi dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Namun hubungan antara stress dan gangguan emosi belum terdapat data pasti untuk mendukung pernyataan tersebut.

Baca Juga : Begadang penyebab jerawat

5. Pemakaian kosmetik yang terlalu lama

Jerawat yang timbul karena pemakaian kosmetik tidak ada kaitannya dengan harga, merk, dan kemurnian bahan pembuatan kosmetik. Pemakaian kosmetik yang terlalu lama akan menyumbat pori-pori pada wajah dan akhirnya timbullah jerawat. Jerawat yang terbentuk pada awalnya berupa komedo pada pipi, dagu dan hidung.

Baca Juga :

6. Paparan bahan-bahan kimia

Selain pemakaian kosmetik yang terlalu lama dan menyumbat pori-pori, bahan-bahan kimia dalam kosmetik juga akan menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, kita perlu waspada jika pada awal pemakaian kosmetik wajah terasa panas dan mulai timbul bintik kecil yang akhirnya menjadi jerawat, segera hentikan pemakaian kosmetik tersebut.

Baca juga :

7. Kenali jenis kulitmu

Yang terakhir, kenali jenis kulit kamu. Jika jenis kulit kamu merupakan kulit yang berminyak hindari pemakaian kosmetik yang terlalu berat dan tebal pada kulit wajah. Seperti yang dijelaskan hal itu dapat menyumbat pori-pori kulit, keringat dalam kulit tidak dapat keluar dan terjebak dalam kulit sehingga terbentuklah jerawat.

ads

Baca Juga

8. Terlalu sering mencuci muka

Nah, bagi kalian yang suka mencuci muka sebaiknya dihindari, karena terlalu sering mencuci muka dapat berbahaya bagi kesehatan kulit apalagi wajah. Hal tersebut dikarenakan membuat meningkatkan produksi kelenjar minyak atau sel sebum dalam kulit dan juga akan membunuh bakteri baik yang ada pada kulit.

9. Terlalu sering mengeringkan wajah

Terlalu sering mengeringkan wajah juga berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah, karena mengeringkan kulit secara berlebihan dapat membuat kulit kita menjadi lebih mudah terkena iritasi. Jika kulit sudah iritasi maka kelenjar minyak akan memproduksi minyak dalam jumlah yang cukup banuak untuk menstabilkan keadaan kulit sehingga kulit tidak teriritasi. Jika keadaan ini berulang maka dampak yang lebih buruk akan terjadi pada kulit.

Baca Juga

10. Jarang membersihkan wajah sebelum tidur

Sel-sel kulit wajah akan berregenerasi dan bekerja lebih aktif pada saat kita tidur oleh karena itu rajin-rajinlah untuk membersihkan wajah sebelum tidur dan gunakan krim tidur yang biasa anda pakai. Jika kita tidak membersihkan wajah sebelum tidur, sisa-sisa make up akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan akhirnya timbullah jerawat pada wajah.

Baca Juga

11. Kotornya alat make up yang sering digunakan

Semakin kotor alat make up yang anda gunakan semakin banyak kuman yang bersarang didalamnya. Segera bersihkan kuas, spon bedak dan alat make up yang sering anda gunakan. Sebaiknya sediakan cadangan apabila alat make-up kamu sudah terlalu kotor.

Baca juga

Nah, sudah tau kan beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Yuk, rawat dan sayangi wajah dan diri anda, kalau tidak anda sendiri, siapa lagi? Semoga bermanfaat

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 26th, January 2017 / 04:00 Oleh :
Kategori : Penyebab