Sponsors Link

Kenapa Bekas Jerawat Merah ? Begini Alasannya, yang Bikin Ganggu Wajah

Sponsors Link

Kulit seringkali tidak bisa lepas dari berbagai macam masalah, termasuk masalah jerawat. Munculnya jerawat di wajah sebisa mungkin dihindari oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Tidak sekedar mengganggu penampilan, namun ada dampak piskologis tersendiri yang harus ditanggung seseorang karena munculnya jerawat di wajah, misalnya menurunnya kepercayaan diri. Belum lagi jika jerawat meninggalkan bekas kemerahan yang susah hilang.

Sponsors Link

Beberapa jenis jerawat, seperti jerawat batu yang parah memang selalu meninggalkan bekas. Bekas tersebut bisa berwarna merah atau hitam. Anda pasti bertanya Tanya, kenapa bekas jerawat merah? Berbagai hal yang menyebabkan bekas jerawat menjadi merah memang penting untuk diketahui agar bisa dihindari sehingga bekas jerawat merah tidak akan muncul.

  1. Peradangan Jerawat

Saat jerawat sedang meradang dan mencapai puncak pertumbuhan, warnanya pasti akan memerah karena banyaknya darah kotor. Jerawat yang sudah matang adalah ciri ciri jerawat meradang dan akan segera sembuh. Jerawat yang meradang kemungkinan besar akan meninggalkan bekas jerawat yang berwarna merah.

  1. Menggunakan Bedak Padat

Kulit yang berjerawat sebaiknya tidak menggunakan make up atau kosmetik yang terlalu berat seperti bedak padat. Bedak padat memiliki kandungan yang berat sehingga dapat menyumbat pori pori kulit. Jika terjadi peradangan pada penyumbatan ini, maka jerawat akan mudah tumbuh.

  1. Konsumsi Obat Obatan

Beberapa jenis obat obatan seperti pil KB bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Saat mengonsumsi pil KB, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Seperti yang diketahui, kadar hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan jerawat di kulit.

  1. Faktor Hormonal

Kadar hormon di dalam tubuh sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit. Itulah mengapa saat hormon di dalam tubuh sedang tidak seimbang, jerawat lebih mudah muncul di kulit. Hormon penyebab jerawat paling banyak muncul saat seseorang berada dalam kondisi tertentu. Misalnya wanita yang menstruasi dan menopause, stress, suka begadang, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Faktor Genetik

Salah satu penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang tidak bisa diabaikan adalah faktor genetik. Jenis kulit biasanya diturunkan oleh orang tua. Jadi jika keluarga Anda memiliki tipe kulit berminyak atau berjerawat, maka ada kemungkinan masalah jerawat yang Anda hadapi dipengaruhi oleh faktor keturunan.

  1. Memencet Jerawat

Bekas jerawat merah isa disebabkan oleh kebiasan buruk memencet jerawat. Memencet jerawat dan memaksa jerawat untuk meletus sebelum waktunya akan membuat jerawat meninggalkan bekas jerawat merah. Selain itu memencet jerawat juga bisa menyebabkan luka dan infeksi pada jerawat. Lakukan berbagai cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat untuk menghindari dampak buruknya.

  1. Tidak Menggunakan Obat Penghilang Jerawat

Saat jerawat muncul, tentu saja langkah pengobatan untuk menghilangkan jerawat harus segera dilakukan. Gunakan obat jerawat, seperti salep penghilang jerawat yang banyak dijual di apotek. Obat penghilang jerawat akan membantu mengurangi resiko bekas jerawat merah muncul di wajah.

Setelah menemukan jawaban kenapa bekas jerawat merah, lakukan pencegahan sebisa mungkin agar bekas jerawat tidak merah. Akan lebih baik lagi jika jerawat tidak meninggalkan bekas sama sekali. Jaga kesehatan kulit dengan baik agar terhindari dari jerawat. Rawatlah kulit dengan baik secara rutin dengan menggunakan bahan alami atau dengan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.