Sponsors Link

Kenapa Jerawat Berbau ? Beginilah Alasannya !

Sponsors Link

Baik laki laki maupun perempuan, semua bisa bermasalah dengan jerawat. Hadirnya jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, terutama wanita, Tidak heran setiap wanita pasti panik saat gejala jerawat mulai muncul. Bukan hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain yang bahkan tersembunyi seperti dada, punggung, hingga kemaluan.

Sponsors Link

Munculnya jerawat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Bagaimana tidak, jerawat sering terasa nyeri sehingga sedikit gerak saja akan menimbulkan rasa sakit. Tidak hanya itu, jerawat kadang mengeluarkan bau tidak enak.

Kenapa jerawat berbau? Inilah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab:

  1. Jerawat Mengandung Nanah

Jerawat yang parah seperti jerawat batu biasanya memiliki mata yang berisi nanah. Jerawat bernanah muncul karena banyaknya bakteri dalam jerawat. Setelah matang dan meradang, jerawat ini nantinya akan meletus. Oleh sebab itu jangan memencet jerawat yang bernanah. Jika jerawat meletus sebelum waktunya, maka nanah akan mengeluarkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu.

  1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Siapa bilang sel kulit mati yang menumpuk hanya membuat kulit tampak kusam saja. Penumpukan sel kulit mati yang berlebihan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, terlebih saat jerawat sedang muncul di wajah. Lakukan eksfoliasi secara rutin setiap 2 kali seminggu agar sel kulit mati dapat terangkat.

  1. Minum Minuman Beralkohol

Orang dewasa, terutama mereka yang tinggal di daerah dingin menjadi minuman beralkohol sebagai penghangat tubuh. Namun konsumsi alcohol secara berebihan dapat mengganggu kesehatan dan menyebabkan masalah pada kulit, seperti munculnya penuaan dini pada kulit. Masalah kulit lain yang dapat muncul karena minuman beralkohol adalah munculnya jerawat. Hindari kebiasaan penyebab jerawat yang satu ini untuk mendapatkan kulit yang sehat.

  1. Produksi Minyak Berlebih

Bukan rahasia bahwa produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar kulit adalah faktor utama yang bisa menyebabkan jerawat. Minyak wajah sebenarnya berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Namun jika minyak berlebihan, pori pori kulit dapat tersumbat oleh minyak hingga akhirnya timbul jerawat. Rawat kulit dengan masker untuk kulit berminyak dan berjerawat untuk membantu mengontrol kadar minyak di wajah.

  1. Reaksi Alergi

Kenapa jerawat berbau? Mungkin saja karena disebabkan oleh reaksi alergi pada kulit. Ada banyak penyebab alergi seperti makanan, cuaca, atau suhu. Jerawat yang muncul akibat reaksi alergi biasanya memang mengeluarkan bau berbeda yang tidak sedap. Saat gejala alergi sudah muncul, sebaiknya segera minum obat untuk mengurangi reaksi alergi yang tidak diinginkan.

  1. Makan Makanan Berlemak

Makanan yang Anda makan juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat di wajah. Makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus dihindari antara lain adalah makanan pedas dan makanana berminyak. Kedua jenis makanan tersebut dapat memicu peningkatan produksi minyak di wajah. Kurangi konsumsi makanan pedas dan makanan berminyak saat kulit sedang berjerawat.

  1. Keringat Berlebih

Jerawat dapat mengeluarkan bau tidak sedap saat tubuh sedang banyak berkeringat. Keringat biasanya banyak dihasilkan setelah berolahraga. Oleh sebab itu sediakan handuk kering saat berolahraga untuk menyerap keringat. Kenali juga perbedaan jerawat dan biang keringat.

Demikian berbagai macam hal yang menjadi penyebab kenapa jerawat berbau tidak sedap. Setelah memahami penyebab di atas, lakukan cara terbaik untuk mencegah jerawat menjadi semakin parah dan mengeluarkan bau yang bisa menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.