Sponsors Link

Kenapa Jerawat Muncul di Tempat yang Sama

Sponsors Link

Saat jerawat muncul di wajah, rasanya kita menjadi tidak sabar dan ingin segera menghilangkannya. Jerawat membuat penampilan menjadi tidak menarik karena adanya bintik bintik pada wajah. Berbagai cara dilakukan agar jerawat segera sembuh dan hilang. Namun menghilangkan juga tidak selalu mudah.

Sponsors Link

Jerawat membandel yang sulit dihilangkan bahkan selalu muncul di tempat yang sama. Banyak orang bertanya tanya kenapa jerawat muncul di tempat yang sama meski berbagai cara sudah dilakukan.

Yuk kita simak bersama penyebab jerawat terus bermunculan di tempat yang sama berulang kali.

1. Salah Skincare

Merawat kulit dengan skincare adalah keharusan bagi setiap wanita untuk menjauhkan berbagai masalah kulit yang mungkin muncul seperti jerawat dan penuaan dini. Namun tidak semua skincare langsung cocok untuk kulit. Salah satu pertanda penggunaan skincare yang salah adalah munculnya jerawat. Pilih produk skin care terbaik untuk wajah berminyak dan berjerawat. Jika seseorang memiliki kulit berjerawat, sebaiknya pilih produk skincare dengan hati hati.

2. Pemakaian Produk Perawatan Rambut

Jika jerawat terus muncul di tempat tertentu seperti di dahi, bisa jadi hal tersebut dipicu oleh penggunaan produk perawatan rambut. Minyak rambut, hairspray, serum rambut, dan produk perawatan rambut lainnya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit secara langsung. Jika produk produk tersebut mengenai dahi dan menyumbat pori pori kulit, maka jerawat akan langsung terbentuk.

3. Berlebihan dalam Memakai Kosmetik

Sama halnya seperti penggunaan skincare, wanita juga tidak bisa lepas dari kosmetik. Penggunaan kosmetik dapat menunjang penampilan dan untuk menutupi ketidak sempurnaan pada wajah seperti adanya jerawat dan bekas jerawat. Sayangnya penggunaan kosmetik berlebihan justru memicu jerawat bermunculan. Kenali apa saja ciri jerawat karena kosmetik untuk mencegahnya.

Kosmetik yang baik untuk kulit berjerawat adalah kosmetik yang disertai dengan keterangan non comedogenic dan bebas minyak atau oil free.

4. Sering Menyentuh Wajah

Di antara banyaknya faktor penyebab jerawat adalah kebiasaan kecil yang kita lakukan berulang kali tanpa kita sadar. Salah satu kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya adalah sering menyentuh wajah dengan tangan. Sebagai sumber bakteri, menyentuh wajah dengan tangan sama saja dengan memindahkan bakteri di tangan ke wajah.

5. Memencet Jerawat Hingga Pecah

Seseorang yang berjerawat cenderung tergoda untuk segera memencet jerawatnya. Biasanya jerawat terasa sangat gatal atau nyeri, yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Padahal memencet jerawat hingga pecah sangat berbahaya karena bisa menyebabkan jerawat lebih sulit sembuh bahkan menular ke bagian kulit yang lain. Biarkan jerawat tumbuh dengan sendirinya hingga matang dan pecah sendiri tanpa harus dipencet.

6. Hormon Tidak Seimbang

Hormon di dalam tubuh adalah alasan kenapa jerawat muncul di tempat yang sama terus menerus. Ketidak seimbangan hormon terjadi saat seseorang sedang mengalami kondisi tertentu yang menyebabkan hormon penyebab jerawat meningkat. Beberapa kondisi tersebut adalah menstruasi, menopause, stress berlebihan, kebiasaan tidak sehat seperti begadang, atau saat seseorang sedang beranjak remaja.

7. Jarang Mengganti Sarung Bantal

Itulah hal hal yang menyebabkan kenapa jerawat muncul di tempat yang sama. Setelah mengetahui berbagai macam penyebabnya, kini yang harus kita lakukan adalah menghindari hal hal tersebut agar jerawat membandel tidak muncul terus.

Menjaga kesehatan kulit dan kebersihan wajah adalah hal terpenting agar jerawat tidak mudah muncul di kulit. Sekali jerawat tumbuh di kulit, maka jerawat yang lain akan lebih mudah muncul di wajah.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.