Sponsors Link

Kenapa Jerawat Sering Muncul?

Sponsors Link

Siapa saja yang bermasalah dengan jerawat pasti akan bertanya kenapa jerawat sering muncul. Tumbuhnya jerawat pada kulit tubuh dipengaruhi oleh banyaknya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang kadang sepele dan tidak kita duga sebelumnya.

Sponsors Link

Inilah dia alasan kenapa jerawat sering muncul yang bisa menjawab pertanyaan Anda.

1. Makan Makanan Berlemak

Makanan yang kita makan ternyata bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Hindari makanan penyebab jerawat meradang dan muncul terus, seperti makanan berlemak. Makanan yang tinggi lemak akan meningkatkan produksi minyak di wajah sehingga jerawat sangat mudah muncul.

2. Terpapar Debu dan Polusi

Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan harus lebih ekstra menjaga kesehatan kulit. Paparan debu dan polusi adalah penyebab utama munculnya jerawat pada kulit. Jika debu dan polusi bercampur dengan minyak wajah, maka yang akan terjadi selanjutnya adalah peradangan pada kulit yang menjadi jerawat.

3. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Kosmetik memang tidak bisa dipisahkan dari kaum wanita. Penggunaan kosmetik dapat menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun demikian penggunaan kosmetik yang berlebihan dapat menyebabkan stress pada kulit sehingga jerawat lebih mudah muncul.

4. Faktor Keturunan

Faktor keturunan atau faktor genetik menjadi salah satu faktor internal penyebab jerawat yang tidak bisa diabaikan. Seseorang yang lahir dalam keluarga dengan tipe kulit berjerawat dapat mewarisi gen yang sama.

6. Sering Begadang

Apa hubungan begadang dengan jerawat? Begadang di malam hari menyebabkan kadar hormon di dalam tubuh menjadi kacau dan tidak seimbang. Itulah yang menjadi alasan kenapa jerawat sering muncul setelah begadang. Agar begadang penyebab jerawat tidak terjadi, atur pola tidur yang baik sehingga kulit dapat beregenerasi dengan maksimal.

7. Penumpukan Sel Kulit Mati di Wajah

Satu lagi hal yang menyebabkan jerawat sangat mudah muncul di kulit wajah. Yaitu sel kulit mati yang menumpuk. Penumpukan sel kulit mati dapat berbahaya jika tercampur dengan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Untuk mencegah sel kulit mati menumpuk, eksfoliasi kulit sebanyak 2 minggu sekali dengan scrub alami untuk wajah berjerawat yang bisa dibuat sendiri di rumah.

8. Malas Mencuci Wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah hal utama jika ingin wajah bersih bebas dari jerawat. Cuci wajah 2 kali sehari menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan demikian tidak ada kotoran yang tertinggal dan mengendap di kulit wajah  hingga memicu jerawat muncul.

9. Berlebihan Menggunakan Minyak Rambut

Jika wanita mudah berjerawat akibat penggunaan kosmetik yang berlebihan, maka kaum pria juga bisa mengalami hal yang sama. Hanya saja jerawat pada kaum pria lebih diakibatkan pada penggunaan minyak rambut yang berlebihan. Minyak rambut yang jatuh ke area wajah seperti dahi dan pipi dapat menyumbat pori pori kulit, terlebih jika bercampur dengan minyak wajah, debu, dan kotoran.

10. Suka Menyentuh Wajah

Kadang hal sepele menjadi kebiasaan penyebab jerawat yang bisa berbahaya. Misalnya saja menyentuh wajah dengan tangan. Tangan adalah sumber bakteri yang sangat besar dan tidak terlihat. Bayangkan saja jika tangan menyentuh wajah secara langsung. Otomatis bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke wajah dan menyebabkan jerawat.

Setelah mengetahui penyebab kenapa jerawat sering muncul, lakukan cara terbaik untuk mencegah kemunculan jerawat. Merawat kulit dengan baik serta menjalani pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk mencegah jerawat agar tidak mudah muncul.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.