Sponsors Link

7 Penyebab Utama Kenapa Jerawat Susah Sembuh

Sponsors Link

Masalah jerawat memang suatu masalah yang umum diperbincangkan namun selalu dapat menarik perhatian lebih, terutama saat seseorang mengalami jerawat yang tak kunjung sembuh. Selain mengganggu penampilan, segala sesuatu tentang jerawat memang selalu membuat resah karena jerawat dapat muncul dan sembuh sesuka hati. Ditambah lagi dimana jerawat akan muncul yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, sehingga tidak heran jika jerawat juga dapat memberikan dampak psikologis akibat jerawat.

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami baik oleh wanita maupun laki-laki, terutama pada masa-masa pertumbuhan atau pubertas. Anda juga pasti pernah mengalami kondisi dimana jerawat susah hilang atau susah sembuh, walaupun sudah berbagai macam cara pengobatan anda lakukan. Lalu kenapa jerawat susah sembuh? Padahal sebenarnya, ketika jerawat muncul terutama di wajah maka seharusnya dan dengan sendirinya jerawat akan sembuh dalam 4 atau 5 hari.

Bagi anda yang sering atau sedang mengalami jerawat susah sembuh, mungkin anda tanpa sadar sering melakukan beberapa hal berikut ini. Dimana hal-hal berikut ini tergolong dalam alasan atau penyebab kenapa jerawat susah sembuh, berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah memang baik untuk tetap menjaga kebersihan serta kesegaran kulit, namun tahukah anda bahwa ternyata terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik. Hal ini disebabkan karena kulit wajah akan menjadi lebih kering, sehingga dapat membuat jerawat semakin parah dan susah sembuh. Terlebih lagi kulit kering juga akan menimbulkan efek jerawat gatal. Oleh sebab itu, janganlah terlalu sering mencuci wajah anda, terutama bagi wajah yang berjerawat karena mencuci wajah terlalu sering merupakan satu dari penyebab kenapa jerawat susah sembuh.

  1. Kebiasaan Memencet Jerawat

Munculnya jerawat terutama di area wajah pasti sering membuat anda gemas, terlebih lagi jika jerawat tak kunjung sembuh. Kondisi tersebut yang membuat anda geram dan akhirnya melakukan kebiasaan memencet jerawat dengan tujuan agar jerawat pecah dan cepat kering. Namun hal tersebut salah besar dan sangat tidak dianjurkan untuk memencet jerawat, karena dapat memicu peradangan sehingga jerawat susah sembuh. Terlebih jerawat yang dipecah secara paksa dapat memicu timbulnya lebih banyak jerawat lagi yang disebabkan karena cairan didalam jerawat menyeba di kulit lainnya saat pecah, dan dapat pula meninggalkan flek hitam bekas jerawat.

  1. Penggunaan Make Up yang Berlebihan

Penyebab lainnya kenapa jerawat susah sembuh adalah karena anda sering menggunakan make up berlebih, apalagi jika diperparah dengan anda tidak rajin membersihkan make up di wajah anda. Menggunakan make up saat kulit berjerawat memang tidak masalah, asalkan masih dalam ketebalan yang normal atau secara tipis-tipis, karena sebenarnya saat kulit wajah dalam kondisi berjerawat maka sangat dianjurkan untuk menghindari terlebih dahulu penggunaan make up. Hal ini di maksudkan agar kulit wajah tetap terjaga kebersihannya dari benda-benda asing atau kandungan-kandungan asing pada make up yang dapat menghambat proses sembuhnya jerawat.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berminyak, Berlemak, dan Manis

Mengkonsumsi makanan yang salah, seperti makanan yang mengandung minyak, lemak, serta gula berlebih juga dapat menyebabkan jerawat anda susah sembuh. Hal ini disebabkan karena makanan yang harus di hindari saat jerawat tersebut dapat mempengaruhi sistem tubuh kita, seperti produksi minyak di kulit wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Oleh sebab itu, atur lah pola makan dan konsumsi makanan-makanan sehat agar jerawat anda dapat cepat sembuh.

  1. Tidak Mengenali Jerawat di Wajah Anda

Tidak mengenal dengan baik jenis jerawat di wajah anda juga dapat menyebabkan jerawat menjadi susah sembuh, karena perawatan atau pengobatan yang dilakukan tidak sesuai. Oleh sebab itu, penting bagi anda yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat untuk mengetahui jenis jerawat di wajah anda, apakah jerawat biasa, jerawat batu, jerawat pasir parah, atau yang lainnya. Karena menangani jerawat sesuai dengan jenis dan kondisinya adalah cara terbaik untuk dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat.

  1. Terlalu sering Memegang Jerawat atau Wajah

Selain memencet jerawat, ternyata hal yang lebih kecil seperti terlalu sering memegang jerawat juga dapat menyebabkan jerawat susah sembuh. Hal ini disebabkan karena tangan kita tidak dalam keadaan bersih atau steril setiap saat, maka saat tangan menyentuh jerawat terlalu sering dapat berkemungkinan adanya bakteri yang akan menempel di jerawat anda. Kondisi tersebut justru dapat membuat jerawat semakin parah dan susah sembuh. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak terlalu sering memegang jerawat anda

  1. Tidak Rutin Mengobati Jerawat

Penyebab kenapa jerawat susah sembuh yang terakhir adalah karena anda tidak rutin mengobati jerawat yang anda miliki. Mengobati atau merawat jerawat sangatlah di anjur kan dilakukan secara rutin dengan cara yang aman dan benar serta selalu dipenuhi kehati-hatian agar jerawat tidak pecah. Baik juga jika anda mengetahui bagaimana solusi jerawat tidak kunjung sembuh jitu dan penyebabnya.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kenapa jerawat susah sembuh, semoga dapat bermanfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab