Sponsors Link

Kenapa Jerawat Tambah Banyak ? Beginilah 8 Alasannya

Sponsors Link

Tumbuhnya jerawat memang tidak diharapkan oleh siapapun, baik itu pria maupun wanita. Jika jerawat datang, maka serangkaian masalah kulit lainnya akan menyusul. Dan yang lebih parah lagi, bukannya hilang jerawat justru bertambah banyak.

Sponsors Link

Kenapa jerawat bertambah banyak?

Meski segala cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat, bukannya hilang jerawat kadang justru bertambah semakin banyak. Ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa jerawat menjadi tambah banyak, bukannya justru berkurang.

Inilah beberapa penyebab kenapa jerawat bertambah banyak yang harus diketahui.

  1. Menyentuh Wajah dengan Tangan

Munculnya jerawat dan semakin bertambah banyak tidak selalu disebabkan oleh faktor faktor yang besar seperti kelebihan minyak di wajah atau faktor hormon yang tidak seimbang. Hal sepele seperti suka menyentuh wajah dengan tangan bisa menyebabkan jerawat tumbuh sangat banyak dan parah di wajah. Menyentuh wajah dengan tangan sama saja memindahkan semua bakteri yang ada di tangan ke wajah. Jika bakteri tersebut bercampur dengan minyak wajah dan sel kulit mati, maka jerawat akan mudah tumbuh. Inilah kebiasaan penyebab jerawat yang harus dihindari.

  1. Jenis Kulit Berminyak

Jenis kulit seseorang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan jerawat di wajah. Kulit yang berminyak lebih beresiko ditumbuhi jerawat. Seperti yang diketahui, salah satu penyebab jerawat yang paling utama adalah produksi minyak wajah yang berlebihan hingga menyumbat pori pori kulit saat bercampur dengan debu dan sel kulit mati. Lakukan perawatan wajah untuk mengontrol kadar minyak berlebih yang bisa menimbulkan jerawat.

  1. Makan Makanan Berlemak

Selain merawat kulit dengan baik, perhatikan juga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh jika tidak ingin wajah berjerawat. Beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat adalah makanan pedas dan makanan berminyak. Kedua jenis makanan ini dapat memicu peningkatan produksi minyak pada wajah sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

  1. Terpapar Polusi Setiap Hari

Seseorang yang banyak beraktivitas di luar ruangan berpotensi terpapar debu dan polusi dalam jumlah yang besar. Paparan polusi yang terlalu banyak dapat membuat kulit kusam dan tidak bercahaya. Selain itu jika debu dan polusi sampai masuk ke pori pori kulit wajah, maka jerawat yang parah akan muncul di wajah.

  1. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Kulit yang berjerawat sebaiknya tidak menggunakan kosmetik secara berlebihan. Namun kosmetik telah menjadi kebutuhan bagi wanita. Gunakan kosmetik yang aman untuk kulit berjerawat, karena menggunakan kosmetik sembarangan akan membuat kondisi kulit menjadi semakin parah. Baca daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang aman untuk digunakan.

  1. Penggunaan Minyak Rambut

Kebiasaan yang satu ini banyak dilakukan oleh para pria. Minyak rambut dapat membuat rambut menjadi lebih rapi, terutama saat akan pergi ke kantor. Namun jawaban kenapa jerawat sering muncul adalah penggunaan minyak rambut berlebihan. Minyak rambut menetes ke dahi dan ke kulit wajah lainnya. Minyak rambut ini kemudian menjadi pemicu jerawat muncul di wajah.

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kulit yang sehat bisa didapatkan dari gaya hidup yang sehat pula. Hindari kebiasaan buruk seperti begadang penyebab jerawat yang menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Rajin berolahraga, banyak minum air putih, serta banyak makan sayur dan buah adalah gaya hidup sehat yang harus dilakukan agar kondisi kulit menjadi lebih baik.

Setelah memahami penyebab kenapa jerawat bertambah banyak, lakukan cara terbaik untuk mencegah hal tersebut. Perawatan kulit dengan baik dan benar harus dilakukan agar kulit tetap sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang bebas dari jerawat.

ads
,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.