Sponsors Link

Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet? Inilah Efek dan Bahayanya!

Sponsors Link

Tidak ada satu orang pun yang tidak geram ketika jerawat menyerang, terutama di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah. Oleh sebab itu, banyak orang mencari jalan pintas untuk mengatasinya, seperti memencet jerawat agar jerawat pecah dan cepat kering. Namun ternyata anggapan tersebut sangatlah salah besar, karena jerawat sangat dianjurkan untuk tidak di pencet atau bahkan di pecahkan secara paksa. Lalu kenapa jerawat tidak boleh di pencet? Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Sponsors Link

Jerawat memang suatu masalah kulit yang umum dan sering dialami oleh kebanyakan orang, dimana terdapat satu hal yang penting untuk tidak dilakukan saat mengatasi jerawat, yaitu memencet jerawat. Hal ini dikarenakan saat kulit wajah dalam keadaan berjerawat, maka artinya kulit wajah sedang dalam kondisi yang sangat sensitif, baik sensitif terhadap perkembangbiakan bakteri, sensitif terhadap sentuhan, sensitif terhadap kotoran dan debu, dan lain sebagainya. Karena kondisi kulit dalam keadaan sensitif tersebutlah mengapa hanya sekedar sering memegang wajah atau jerawat saja sangat tidak dianjurkan, apa lagi memencet jerawat.

Ketika jerawat di pencet dan pecah, maka cairan didalam jerawat akan tersebar disekitar kulit berjerawat, kondisi tersebut dapat memicu timbulnya jerawat-jerawat baru karena bakteri ikut tersebar dan berkembang biak secara cepat, apalagi jika cairan tersebut tidak cepat dibersihkan. Selain dapat menimbulkan lebih banyak jerawat, memencet jerawat juga dapat meninggalkan bekas jerawat dan bopeng bekas jerawat. Dimana menghilangkan bekas jerawat lebih susah dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan menyembuhkan jerawat itu sendiri. Oleh sebab itu jika anda ingin terhindar dari masalah jerawat yang lebih parah atau timbulnya bekas jerawat dan jerawat lainnya, serta kenapa jerawat susah hilang, maka jangan sekali-kali memencet jerawat dengan harapan jerawat akan cepat sembuh.

Selain dua alasan tersebut, ada beberapa efek akibat jerawat di pencet, beberapa di antaranya adalah:

  1. Infeksi

Memencet jerawat dapat menyebabkan terjadi infeksi pada kulit wajah anda, terutama jika anda disaat yang sama mengalami kekurangan asupan zat besi dan vitamin. Maka, infeksi tidak dapat dihindari lagi setelah anda memencet jerawat. Memang jerawat akan mengempes dan hilang setelah di pencet dan pecah, namun bagian yang ditinggalkan akan rentang mengalami infeksi. Yang mana menyebabkan kuman atau bakteri akan berkembang biak secara cepat, dan jika bakteri masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori juga dapat mengganggu kesehatan tubuh anda. Biasanya terjadinya infeksi ini ditandai dengan kulit bekas jerawat menjadi kemerah-merahan dan sedikit nyeri.

  1. Jerawat Bertambah Parah

Seperti yang sudah sering disebutkan diatas, bahwa memencet jerawat akan membantu proses perkembangbiakan bakteri menjadi lebih cepat. Kondisi tersebut nantinya akan berdampak pada semakin parahnya jerawat di wajah anda, terlebih lagi akan memicu timbulnya lebih banyak jerawat di sekitar kulit wajah berjerawat tersebut karena adanya persebaran bakteri. Oleh sebab itu, memencet jerawat sangat tidak dianjurkan karena dapat menjadi penyebab jerawat parah,dan juga menjadi salah satu alasan kenapa jerawat susah sembuh.

  1. Iritasi

Selain menyebabkan terjadinya suatu infeksi, efek memencet jerawat uang biasanya langsung akan dirasakan adalah adanya iritasi pada kulit wajah anda. Terjadinya iritasi juga dapat disebabkan karena keluarnya bakteri dari dalam jerawat yang pecah karena di pencet, bisanya anda akan mengalami beberapa hal seperti kulit wajah terasa perih pada bagian jerawat yang di pencet, kulit memerah dan terasa gatal, serta adanya luka pada kulit. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak memencet jerawat jika anda tidak ingin mengalami masalah-masalah kulit lainnya sebagai efek atau akibat dari jerawat yang pecah secara tidak alami.

  1. Pendarahan

Pendarahan pada bagian kulit berjerawat juga sangat mungkin terjadi akibat dari kebiasaan memencet jerawat, terutama pada sebagian orang yang memiliki kelainan pada sistem pembekuan darah mereka. Sehingga darah yang keluar dari jerawat tidak kering secara cepat, bahkan darah akan terus keluar sampai dilakukan penanganan untuk membantu proses pembekuan darah. Sehingga kondisi tersebut justru akan memperparah kondisi kulit wajah anda.

Itulah beberapa bahaya memencet jerawat dari efek atau akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan memencet jerawat. Penyebab munculnya jerawat memang sangat beragam, mulai dari hormon penyebab jerawat, pola makan, kebersihan dan kesehatan kulit yang tidak dijaga dan lain sebagainya. Namun walaupun memiliki banyak penyebab, sekarang banyak pula rekomendasi-rekomendasi cara untuk mengatasi jerawat lebih cepat dengan langkah yang aman dan benar. Oleh sebab itu, lebih baik hindarilah atau buang kebiasaan memencet jerawat dengan harapan jerawat akan lebih cepat sembuh dan kering. Karena dengan memencet jerawat justru akan menimbulkan masalah-masalah yang lainnya pada kulit anda, terutama pada kulit wajah seperti yang telah di jelaskan diatas. Demikian informasi mengenai kenapa jerawat tidak boleh di pencet, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan