Sponsors Link

Kenapa Komedo Hidung Bau – Bahaya dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Komedo merupakan jenis jerawat kecil yang sering menjengkelkan karena kedatangannya yang biasanya sekaligus dalam jumlah yang banyak dan berwarna hitam. Segala sesuatu tentang jerawat memang tidak pernah habis untuk dibahas, salah satunya mengenai komedo di hidung. Tidak sedikit pula orang yang mengalami komedo di hidung yang berbau sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu lah banyak orang yang bertanya-tanya kenapa komedo hidung bau, dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi anda yang sedang mengalami masalah komedo hidung bau tidak perlu khawatir atau bingung lagi, karena berikut ini akan di ulas mengenai bahaya komedo hidung bau dan cara mengatasinya dengan benar.

Sponsors Link

Bahaya Komedo Hidung Bau

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori bagian bawah kulit wajah, dan komedo memang paling sering menyerang bagian hidung. Pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran menyebabkan minyak tidak dapat keluar, sehingga kotoran, debu, maupun tumpukan sel kulit mati menimbulkan tonjolan kecil di kulit seperti jerawat. Kondisi tersebutlah yang disebut sebagai kulit berkomedo, dimana komedo juga dapat membuat pori-pori kulit membesar dan menghitam.

Komedo memang memiliki ukuran ayang kecil dan tidak terlalu terlihat, tetapi jika tidak ditangani dengan benar maka komedo dapat menjadi semakin banyak hingga dapat pula memicu timbulnya jerawat. Pada umumnya, komedo yang menyerang bagian hidung memang tidak tergolong berbahaya. Hanya saja sama dengan dampak psikologis akibat jerawat, komedo dapat menurunkan rasa kepercayaan diri untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, komedo juga bukan merupakan masalah kulit yang serius dan perlu dikhawatirkan, karena setiap orang pasti pernah mengalami masalah komedo. Dimana jika dilakukan perawatan kulit yang benar maka komedo akan hilang dengan sendirinya, bahkan dapat pula terhindar dari kemunculan masalah kulit yang satu ini.

Komedo di hidung memang terkadang menimbulkan bau yang tidak enak, tetapi kondisi tersebut juga diketahui tidak berbahaya. Bau yang ditimbulkan oleh komedo dapat muncul karena beberapa faktor atau penyebab komedo berbau yang dilakukan, seperti:

  1. Merokok

Kebiasaan merokok dipercaya menjadi faktor utama kenapa komedo hidung bau, terutama pada laki-laki. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung pada rokok memiliki kemungkinan untuk dilepaskan melalui pori-pori kulit, sehingga menyebabkan komedo berbau termasuk komedo di hidung.

  1. Keringat

Keringat merupakan salah satu penyebab jerawat bau, tidak hanya jerawat ternyata keringat juga dapat menyebabkan komedo bau. Bagian hidung juga merupakan bagian yang sangat mudah berkeringat dan paling sering terserang komedo, sehingga tidak heran jika komedo di hidung berbau.

  1. Kafein

Terlalu sering atau berlebihan dalam mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan komedo hidung bau, selain itu juga dapat mengganggu kesehatan kulit dan tubuh. Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah kulit yang satu ini anda dapat mengatur pola mengkonsumsi kafein dengan lebih sehat lagi atau dengan tidak terlalu berlebihan.

Itulah beberapa ulasan mengenai bahaya dan kenapa komedo hidung bau, lalu bagaimana cara mengatasi komedo hidung bau tersebut? simak ulasan berikut ini mengenai beberapa cara mengatasi komedo hidung bau dengan bahan-bahan alami.

Mengatasi Komedo Hidung Bau dengan Bahan Alami

Karena pada dasarnya komedo di hidung tidak terlalu berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan, maka anda dapat mengatasinya dengan melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami. Apa saja bahan alami tersebut dan bagai mana cara melakukannya? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat dan kesehatan kulit memang tidak perlu diragukan lagi, oleh sebab itu minyak zaitun juga dapat di gunakan untuk mengatasi masalah komedo hidung bau. Berikut caranya:

  • Cuci wajah anda dengan sabun muka hingga bersih.
  • Oleskan minyak zaitun pada hidung yang berkomedo secara merata.
  • Lakukan pemijatan pada hidung dengan gerakan memutar menggunakan dua jari yang berlawanan.
  • Lakukan pemijatan hingga lemak komedo keluar.
  • Usap hidung dengan kain bersih hingga kotoran atau lemak komedo terangkat.

Anda dapat mencuci kembali wajah anda, dan pastikan bahwa tangan telah besar sebelum mengoleskan dan memijat hidung berkomedo anda.

  1. Lidah Buaya

Selain minyak zaitun, manfaat lidah buaya untuk jerawat dan kulit juga sudah menjadi suatu rahasia umum. Salah satu manfaatnya adalah lidah buaya mampu mengangkat minyak serta kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit. Jika biasanya gel lidah buaya yang digunakan untuk mengatasi jerawat, maka untuk mengatasi komedo anda dapat menggunakan daging lidah buaya dengan cara:

  • Siapkan lidah buaya yang telah di cuci bersih.
  • Kupas kulit luar lidah buaya, dan ambil bagian dagingnya yang berwarna bening.
  • Haluskan daging lidah buaya tersebut.
  • Setelah halus anda dapat mengoleskan nya pada hidung yang berkomedo bau.
  1. Es Batu

Selain kedua bahan alami diatas, anda juga dapat melakukan kompres es batu pada komedo di hidung anda selama 3 hingga 5 menit. Lakukan kompres es batu secara perlahan-lahan dan rutin setiap harinya.

Demikian ulasan mengenai kenapa komedo hidung bau beserta dengan bahaya dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.