Sponsors Link

8 Khasiat Tape Untuk Jerawat dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Manfaat tape untuk menghilangkan jerawat sepertinya memang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Tak jarang banyak yang menggunakan kudapan lezat dengan rasa asam manis ini sebagai alternatif cara mengatasi jerawat yang sering muncul di wajah. Benarkah tape begitu bermanfaat untuk tubuh terutama mengatasi jerawat? Simak ulasannya berikut ini.

Sponsors Link

Tape

Tape merupakan kudapan yang cukup populer dimasyarakat karena bisa dijadikan sebagai banyak makanan. Pembuatannya sensiri didapat dari proses fermentasi antara bahan – bahan utamanya. Seperti ketela atau ketan yang mengandung karbohidrat yang dipergunakan sebagai substrat oleh ragi agar dapat tumbuh dan terjadi fermentasi. Ragi ini bisa ditemui dan dibeli dengan mudah di toko – toko terdekat.

Dan dari hasil fermentasi kedua bahan utama tersebut kemudian didapatlah tape yang sering kita konsumsi. Di dalam tape tentu terdapat kandungan nutrisi penting yang membuatnya memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan terutama berkhasiat untuk jerawat. Khasiat tape untuk jerawat bisa didapat dengan mengkonsumsinya secara rutin. Tape memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga sangat berkhasiat untuk membuat wajah terhindar dari jerawat.

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tape.

  • Protein,
  • Lemak,
  • Karbohodrat,
  • Kalsium,
  • Fosfor,
  • Besi,
  • Vitamin B1
  • Air.

Tak semua jenis jerawat bisa disembuhkan hanya dengan memgkonsumsi tape. Ada beberapa jenis jerawat yang penyembuhannya memerlukan tidakan yang lebih intensif seperti menggunakan anti biotik dan obat – obatan lainnya. Karenanya jangan terlalu berharap lebih jika jerawat yang mampir di wajah merupakan jerawat yang tergolong parah dan perlu perawatan medis.

Dan mengkonsumsi tape memang sangatlah baik bagi tubuh tak hanya untuk mengatasi jerawat tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat Tape Untuk Jerawat

Hubungan antara konsumsi tape untuk menyembuhkan jerawat sesungguhnya sangat erat. Ini karena kandungan di dalamnya yang sungguh luar biasa.

Berikut alasan mengapa tape begitu berkhasiat menjaga kulit jauh dari jerawat,

 1. Kandungan Vitamin B1 Menjadi Berlipat

Setelah terjadi fermentasi pada bahan baku baik singkong maupun ketan yang kemudian berubah menjadi tape, secara langsung proses fermentasi tersebut turut meningkatkan jumlah kandungan Vitamin B1 atau sering disebut tiamin hingga nencapai tiga kali lipat dari sebelumnya.

Tahukah kamu bila vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga sistem metabolisme. Tak hanya baik untuk menjaga sistem saraf, sel otot, maupun sistem pencernaan agar bekerja dengan baik. Tapi vitamin B1 dalam kandungan tape yang melimpah juga baik untuk kesehatan kulit.

Baca juga:

Hal ini karena Vitamin B1 atau tiamin merupakan senyawa antioksidan yang berguna untuk membantu menghilangkan serta menangkal racun dan radikal yang seringkali mampir  di kulit maupun tubuh. Sehingga tak heran mengapa tape sangat baik dan berkhasiat untuk mempercantik kulit wajah dan membuatnya terbebas dari jerawat, dan mencegahnya muncul kembali dalam waktu yang cukup lama.

Sponsors Link

 2. Probiotik Baik Mencegah Jerawat Menginfeksi Kulit

Selain memiliki kandungan vitamin  B1 yang cukup tinggi tape pun juga dapat digolongkan sebagai salah satu sumber probiotik yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini terjadi karena di dalam probiotik  terkandung berbagai macam bakteri “baik” yang terbilang sangat aman dan membantu nutrisi yang masuk ke dalam tubh terserap dengan lebih baik.

Baca juga :

Selain itu probiotik yang merupakan bakteri baik ini juga sangat berperandalam mencegah timbulnya infeksi pada kulit yang di sebabkan oleh adanya jerawat yang membandel di sekitar wajah. Cara kerja probiotik sendiri yakni dengan mengurangi produksi sebum atau minyak pada wajah yang berlebih dan bisa menyumbat pori – pori.

 3. Pencernaan Sehat Jerawat Hilang

Sesungguhnya sistem pencernaan sangat berhubungan dengan kondisi kulit termasuk wajah. Apa saja yang mask ke dalam tubuh akan sangat terlihat jelas dan berpengaruh pada kondisi kulit. Karenanya kontrol apa  saja yang masuk ke dalam tubuh, terutama makanan yang ingin dikonsumsi.

Baca juga:

Fermentasi dari tape diyakini bisa membantu menjaga dan menyehatkan kulit wajah, mulai dari sistem pencernaan. Hal ini karena sari pati kandungan dari tape mampu membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang bisa merusak tubuh dengan jalan meningkatkan jumlah bakteri baik. Sehingga pencernaan menjadi lebih baik dan terhindar dari zat toksik yang masuk ke dalam tubuh karena diserap oleh kandungan tape tersebut.

Dampak Negatif Konsumsi Tape Secara Berlebih

Meskipun tape memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga berkhasiat mencegah jerawat, namun demikian tak lantas membuat tape bisa dikonsumsi dengan berlebihan hanya karena melihat manfaatnya saja. Selain buruk bagi tubuh bilaa mengkonsumsi tape secara berlebihan, ternyata ada beberapa kalangan yang tidak dianjurkan mengkonsumsi tape.

Mengapa? Karena beberapa alasan ini :

Sponsors Link

  1. Konsumsi tape secara berlebih bisa menimbulkan infeksi pada darah dan menggangu sistem pencernaan
  2. Jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki imuno defisiensi yang rendah seperti HIV/AIDS bisa mengganggu sistem kekebalan tubuhnya yang rendah.
  3. Bisa mengganggu pertumbuhan janin jika dikonsumsi selama kehaamilan, karena tape mengandung alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi
  4. Membuat perut terasa panas karena kandungan alkohol dalam tape,
  5. Efek alkohol dalam tape juga bisa membuat kepala terasa pusing,

Karenanya mengkonsumsi tape haruslah dalam takaran yang wajar dan secukupnya saja, agar khasiat tape untuk jerawat dan menyehatkan tubuh benar – benar bisa dirasakan. Tentunya wajah bebas tanpa jerawat tak bisa didapat hanya karena mengkonsumsi tape saja, namun juga harus didukung dengan gaya hidup yang sehat.

Baca juga:

Gaya hidup memang sangat berpengaruh pada jerawat yang muncul di wajah, sebab jerawat erat kaitannya dengan hormon dan juga kebersihan wajah serta asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Karenanya penting untuk membiasakan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan seimbang, dan menjaga kebersihan wajah agar jerawat enggan mampir di wajah. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal