Sponsors Link

25 Makanan Pencegah Jerawat dan Komedo Yang Ampuh

Sponsors Link

Seiring bertambah dewasa seseorang, pastilah segala sesuatu tentang jerawat seakan tidak dapat dicegah akan menghiasi kulit seseorang. Hal ini karena ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Nah, masalahnya jerawat ini akan memberikan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu munculnya rasa minder dan kurang percaya diri saat bertemu orang lain.

Sponsors Link

Lalu, apakah ada cara yang ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat? Tentu saja ada. Caranya pun sangat simpel, yaitu dengan memperhatikan pola makan Anda. Nah, jika Anda ingin mencegah jerawat tumbuh di kulit Anda, maka dibawah ini merupakan berbagai macam makanan sehat yang siap membantu Anda untuk mencegah jerawat tumbuh di kulit Anda. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Telur

Jika berbicara tentang makanan super untuk mencegah timbulnya jerawat, maka telur merupakan makanan wajib yang harus Anda konsumsi. Mengapa demikian? Berikut merupakan manfaat putih telur untuk wajah berjerawat.

Mengapa Telur Dapat Mencegah Jerawat?

  • Telur merupakan sumber vitamin B kompleks yang akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk juga sel-sel di kulit, sehingga jerawat tidak akan muncul kembali.
  • Telur memiliki banyak kandungan proein, terutama protein yang bernama albumin dimana albumin akan berperan sebagai agen anti-bakteri, dan akan membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat dari dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Putih Telur

2. Bayam

Siapa yang tidak kenal bayam? Sayuran yang terkenal lewat salah satu serial kartun di televisi ini terkenal akan kemampuannya untuk meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Nah, sayuran hijau ini ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah jerawat yang luar biasa. Berikut ulasannya.

Mengapa Bayam Dapat Mencegah Jerawat?

  • Bayam memiliki kandungan klorofil yang sangat tinggi, dimana klorofil ini akan membersihkan berbagai zat beracun dan bakteri di dalam saluran pencernaan dan peredaran darah. Hasilnya, jerawat akibat darah kotor tidak akan terjadi. Maka tak heran jika bawaym merupakan salah satu tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.
  • Bayam mengandung vitamin A sangat tinggi, sehingga dapat memicu terjadinya regenerasi kulit dan dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat dari dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Binahong Untuk Jerawat

3. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis makanan yang memang sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata wortel merupakan makanan pencegah jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Wortel Dapat Mencegah Jerawat?

  • Wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi dimana hal ini membuat wortel memiliki kemampuan layaknya retinoid, obat penghilang jerawat di apotik. Wortel akan memicu regenerasi kulit dan juga akan membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Wortel juga mengandung vitamin C dimana vitamin ini akan menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan juga akan memicu produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu Yang Ada di Apotik

4. Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan super yang bukan saja sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, namun juga dapat digunakan sebagai cara mencegah jerawat secara alami dengan sangat luar biasa. Penasaran dengan manfaat salmon untuk mencegah jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Salmon Dapat Mencegah Jerawat?

  • Salmon mengandung suatu protein yang bernama omega-3 yang akan sangat bermanfaat untuk memicu produksi kolagen pada kulit, sehingga kulit Anda akan selalu halus dan kenyal, serta tidak akan ditumbuhi jerawat di kemudian hari.
  • Salmon juga mengandung magnesium dan vitamin B12 yang sangat tinggi, dimana vitamin dan mineral tersebut akan sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon dan menekan produksi hormon penyebab jerawat.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

5. Kunyit

Kunyit memang biasanya digunakan sebagai rempah-rempah yang bermanfaat untuk melezatkan setiap masakan. Nah, dengan menambahkan kunyit dalam setiap masakan, maka secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi makanan pencegah jerawat. Berikut manfaat kunyit untuk mencegah jerawat.

Mengapa Kunyit Dapat Mencegah Jerawat?

  • Kunyit memiliki kandungan anti-inflammasi yang akan mencegah peradangan jerawat dan efek kemerahan dari timbulnya jerawat, sehingga jerawat akan cepat disembuhkan.
  • Kunyit memiliki sifat analgesik, astringent, dan diuretik yang akan menyingkirkan bakteri dan juga zat-zat beracun di dalam tubuh sehingga tidak akan menimbulkan jerawat di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Kunyit

ads

6. Tomat

Tomat merupakan salah satu makanan yang bisa dibuat lalapan atau bisa juga dibuat sebagai jus. Nah, tomat ini ternyata akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat. Apa manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Tomat Dapat Mencegah Jerawat?

  • Tomat ini mengandung Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang dapat memperkecil ukuran pori-pori kulit, sehingga kemungkinan timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh bakteri dan kotoran dapat diminimalisir.
  • Toamat memiliki kandungan magnesium, potassium, zat besi, dan mineral lainnya yang akan menyehatkan kulit secara keseluruhan dan mempercepat penyembuhan luka, sehingga jerawat tentu saja tidak akan menghiasi kulit Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat

7. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Selain itu, buah ini juga akan sangat nikmat dikonsumsi secara langsung, atau dibuat sebagai smoothie dan jus. Berikut manfaat stroberi untuk jerawat.

Mengapa Stroberi Dapat Mencegah Jerawat?

  • Stroberi jika dikonsumsi akan membantu untuk membersihkan pori-pori kulit dengan sifat eksfoliate yang dimilikinya. Maka tak heran jika stroberi dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat.
  • Stroberi telah dikenal oleh ahli dermatologis akan kandungan asam salisilat alami yang dimilikinya. Nah, asam salisilat ini merupakan suatu bahan yang biasanya terdapat di berbagai obat jerawat. Asam salisilat ini bermanfaat sebagai agen anti-jerawat karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati dari pori-pori kulit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil Secara Alami

8. Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat segar untuk dikonsumsi dan juga ternyata memiliki manfaat yang ampuh sebagai cara merawat wajah agar tidak berjerawat. Penasaran dengan manfaat semangka untuk mencegah jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Semangka Dapat Mencegah Jerawat?

  • Semangka mengandung asam amino yang bernama l-citrulline yang dapat memicu produksi nitogen monoksida dalam tubuh yang akan mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk jerawat parah sekalipun.
  • Semangka juga mengandung senyawa bernama likopen yang akan berperan sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mencegah munculnya jerawat meradang di kulit Anda.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang memang sudah tidak lagi diragukan khasiat dan manfaatnya untuk mencegah jerawat karena memang buah satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi bermanfaat. Berikut manfaat jeruk nipis untuk jerawat.

Mengapa Jeruk Nipis Dapat Mencegah Jerawat?

  • Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan juga dapat memicu produksi kolagen kulit yang akan meningkatkan kesehatan kulit.
  • Jeruk nipis mengandung suatu senyawa bernama kalsium d-glukarat yang mampu menekan produksi estrogen, sehingga potensi munculnya jerawat akibat ketidakseimbangan hormon dapat diminimalisir.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

10. Buah Berry

Buah berry selain stroberi semisal blueberry, blackberry, raspberry, dan lain-lain memiliki manfaat yang identik untuk mencegah jerawat. Selain itu, buah berry memang terkenal akan kelezatannya ketika dikonsumsi, baik secara langsung atau juga dibuat dalam bentuk jus atau variasi lain. Berikut manfaat buah berry untuk jerawat.

Mengapa Buah Berry Dapat Mencegah Jerawat?

  • Buah berry terkenal akan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Nah, kandungan antioksidan yang tinggi ini akan menangkal berbagai radikal bebas yang merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah dan bagian kulit yang lain.
  • Buah berry mengandung senyawa bernama quercetin yang akan mencegah peradangan yang terjadi di daerah perut Anda, sehingga tentu saja akan mencegah timbulnya jerawat karena alergi makanan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

11. Timun

Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan sebagai lalapan pelengkap makanan. Nah, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi timun dapat mencegah jerawat? Berikut ulasan manfaat timun bagi jerawat untuk Anda.

Mengapa Timun Dapat Mencegah Jerawat?

  • Timun memiliki kandungan silika yang sangat bermanfaat untuk menyegarkan kulit dan mengencangkan kulit serta mengecilkan pori, sehingga timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori dapat diatasi.
  • Timun mengandung banyak vitamin, salah satunya Vitamin E yang akan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab jerawat.

Baca Juga: Langkah Cara Membuat Masker Timun dengan Mudah

12. Pomegranate

Buah lain yang ternayata akan sangat ampuh dalam mengatasi jerawat, namun juga sangat lezat untuk dikonsumsi adalah buah pomegranate. Nah, penasaran dengan manfaat pomegranate untuk jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Pomegranate Dapat Mencegah Jerawat?

  • Pomegranate mengandung senyawa antosianin yang merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab jerawat.
  • Pomegranate mengandung banyak nutrisi yang dapat menekan produksi hormon stress, sehingga timbulnya ciri-ciri jerawat karena hormon akibat stress dapat diminimalisir.
  • Kandungan vitamin C pada pomegranate juga akan memicu produksi kolagen yang akan menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Haid

13. Oatmeal

Mungkin Anda sudah mengenal oatmeal sebagai makanan yang akan sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata oatmeal juga akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa Oatmeal Dapat Mencegah Jerawat?

  • Oatmeal dapat membersihkan dan menyingkirkan zat-zat beracun dan berbahaya dari dalam tubuh, sehingga dapat meminimalkan resiko timbulnya jerawat berdasarkan faktor internal.
  • Oatmeal mengandung vitamin B kompleks yang akan memicu proses regenerasi kulit, sehingga timbulnya jerawat akibat sel kulit mati dapat dihindari. Atas alasan inilah, oatmeal juga dapat digunakan sebagai cara merawat kulit berjerawat.
  • Oatmeal mengandung omega-3 yang akan memicu produksi kolagen yang akan menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras Untuk Bekas Jerawat

14. Pepaya

Satu lagi buah yang sangat lezat untuk dikonsumsi namun ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat adalah pepaya. Apa Anda penasaran dengan manfaat pepaya untuk wajah berjerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Pepaya Dapat Mencegah Jerawat?

  • Pepaya mengandung senyawa papain yang dapat berperan sebagai anti-bakteri dan anti-mikroba yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam.
  • Pepaya mengandung likopen yang akan menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Pepaya mengandung beta karoten yang akan bermanfaat untuk memicu regenerasi sel kulit secara kontinu sehingga timbulnya jerawat di kulit pun dapat dicegah.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Jerawat

15. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang tidak hanya mengandung lemak yang baik, namun juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Penasaran manfaat alpukat untuk mencegah jerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa Alpukat Dapat Mencegah Jerawat?

  • Alpukat mengandung senyawa bernama asam linoeic yang akan melembabkan kulit secara alami, sehingga timbulnya jerawat karena iritasi tidak akan terjadi. Atas alasan inilah, alpukat dpaat digunakan sebagai pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.
  • Alpukat memiliki banyak kandungan antioksidan seperti riboflavin, thiamine, niacin, biotin, dan Vitamin E yang akan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Manfaat Sambiloto Untuk Jerawat

16. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang merupakan salah satu pelengkap dalam berbagai masakan, namun menambahkan minyak zaitun ke masakan akan membantu sebagai cara mencegah jerawat. Berikut manfaat minyak zaitun untuk mencegah jerawat.

Mengapa Minyak Zaitun Dapat Mencegah Jerawat?

  • Minyak zaitun mengandung senyawa beta karoten yang akan sangat bermanfaat untuk memicu proses regenerasi kulit dan sel kulit yang rusak pun akan diganti dengan sel kulit baru. Hasilnya kulit Anda akan terbebas dari jerawat.
  • Minyak zaitun mengandung Vitamin E yang tinggi sehingga akan sangat cocok sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun

17. Teh Hijau

Sudah tidak dipungkiri jika teh hijau merupakan salah satu minuman super yang akan memberikan berbagai macam kebaikan bagi tubuh, tak terkecuali untuk mencegah jerawat. Penasaran dengan manfaat teh hijau untuk mencegah jerawat? berikut ulasannya.

Mengapa Teh Hijau Dapat Mencegah Jerawat?

  • Teh hijau akan menekan produksi sebum hingga 50% lebih sedikit dibanding biasanya, sehingga timbulnya jerawat akibat minyak berlebih dapat diminimalisir dengan cepat. Maka tak heran jika teh hijau digunakan sebagai perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.
  • Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat luar biasa bernama katekin yang akan menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sehingga jika ada jerawat pun, maka tidak akan bertahan lama di kulit Anda.

Baca Juga: Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat

18. Kelapa

Kelapa merupakan salah satu makanan yang konon dapat menetralkan racun pada tubuh. Hal tersebut memang benar dan kelapa ini juga dapat mencegah jerawat karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Penasaran apa manfaat kelapa untuk mencegah jerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa Kelapa Dapat Mencegah Jerawat?

  • Kelapa jika dikonsumsi atau diaplikasikan ke kulit akan memicu produksi kolagen yang akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan menghindarkan kulit dari jerawat.
  • Kelapa mengandung senyawa yang bernama asam kaprat. Senyawa ini akan sangat bermanfaat untuk memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel-sel kulit mati yang sudah rusak. Hasilnya, kulit Anda akan selalu terbebeas dari jerawat dan juga dpaat digunakan sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi.

Baca Juga: Manfaat Minyak Ular Untuk Jerawat

19. Bawang Putih

Bawang putih biasanya hanya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan, namun ternyata bawang putih ini sendiri memiliki berbagai macam khasiat untuk kulit sehingga akan mencegah terjadinya jerawat. Berikut manfaat bawang putih untuk jerawat.

Mengapa Bawang Putih Dapat Mencegah Jerawat?

  • Bawang putih dapat memperlancar sistem peredaran darah sehingga memungkinkan jaringan-jaringan pada kulit menerima berbagai macam vitamin yang diperlukan, sehingga hasilnya kulit Anda akan menjadi sehat dan tidak mudah ditumbuhi jerawat.
  • Bawang putih memiliki berbagai macam kandungan seperti allicin, selenium, zinc yang memiliki perannya masing-masing dlaam mencegah jerawat. Senyawa allicin memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri sekaligus dapat mencegah tersumbatnya pori-pori oleh bakteri.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

20. Kacang

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah pernyataan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak kacang dapat berpotensi menyebabkan jerawat, karena kacang merupakan makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus. Hal itu merupakan fakta, namun jika kacang dikonsumsi berlebihan karena akan memicu produksi sebum. Namun, dengan konsumsi yang cukup, kacang justru akan bermanfaat untuk mencegah jerawat.

Mengapa Kacang Dapat Mencegah Jerawat?

  • Kacang-kacangan biasanya mengandung selenium yang sangat tinggi. Mineral tersebut dapat digunakan sebagai antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dna juga menjaga keelastisan kulit.
  • Kacang-kacangan juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, dimana senyawa tersebut akan memicu produksi kolagen di kulit yang akan berperan sebagai protein kulit dan menjaga kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Garam Untuk Jerawat

Sponsors Link

21. Kerang

Selain salmon, makanan seafood lain yang ternyata sangat ampuh untuk mengatasi jerawat adalah kerang. Ya, makanan laut ini memiliki banyak manfaat bagi kulit untuk mencegah jerawat. Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Kerang Dapat Mencegah Jerawat?

  • Kerang memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi. Nah, kandungan zinc yang sangat tinggi ini dipercaya dapat menekan produksi jenis hormon penyebab jerawat, seperti hormon androgen. Hasilnya, kulit Anda akan terbebas dari ciri-ciri jerawat karena hormon.
  • Kerang memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi, sehingga akan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menyingkirkan berbagai zat beracun serta sel kulit mati dari kulit Anda yang dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Saat Menstruasi

22. Kubis

Sayuran satu ini selain biasa digunakan sebagai lalapan ternyata juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk menghilangkan dan mencegah jerawat. Berikut manfaat kubis untuk mengatasi dan mencegah jerawat.

Mengapa Kubis Dapat Mencegah Jerawat?

  • Kandungan vitamin C pada kubis sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah akan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan juga dapat memicu produksi kolagen yang dapat menyehatkan kulit secara keseluruhan.
  • Kubis memiliki kandungan sulfur yang bermanfaat untuk menyingkirkan minyak berlebih di kulit serta dapat mendetoksifikasi berbagai zat berbahaya serta darah kotor di dalam tubuh Anda. Hasilnya, kulit Anda akan terbebas dari jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam waktu 3 Hari

23. Kecambah

Tahukah Anda bahwa ternyata kecambah yang sering Anda temui pada makanan rawon, soto, dan lain-lain mampu mencegah timbulnya jerawat? Ya, selain dikenal mampu meningkatkan vitalitas pria, kecambah merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat dengan sayuran. Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Kecambah Dapat Mencegah Jerawat?

  • Kandungan vitamin C kecambah sangat tinggi, sehingga akan berperan dalam menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang akan menyehatkan kulit.
  • kecambah memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi yang dapat memicu regenerasi kulit dan mengelupas sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru. hasilnya kulit Anda akan terbebas dari jerawat.

Baca Juga: Penyebab Jerawat di Pipi

24. Almond

Almond juga merupakan salah satu makanan yang dipercaya akan sangat ampuh untuk mencegah jerawat. Berikut merupakan manfaat almond untuk mencegah jerawat di kulit Anda.

Mengapa Almond Dapat Mencegah Jerawat?

  • Almond memiliki kandungan Vitamin E yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Almond mengandung omega-3 yang akan sangat bermanfaat untuk memicu produksi kolagen, dimana manfaat kolagen untuk jerawat adalah akan menjaga kesehatan kulit serta menjaga kekenyalan kulit Anda. Selain itu, kolagen akan mempercepat penyembuhan berbagai macam luka di kulit.

Baca Juga: Pola Hidup Sederhana Yang Dapat Atasi jerawat

25. Tahu

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa ternyata tahu yang merupakan salah satu makanan rakyat ini dapat bermanfaat untuk mencegah jerawat? Jika Anda penasaran, berikut merupakan manfaat tahu untuk mencegah jerawat.

Mengapa Tahu Dapat Mencegah Jerawat?

  • Tahu kaya akan protein dan kalsium yang akan menjaga kesehatan kulit Anda sekaligus akan mempercepat proses penyembuhan segala jenis luka di kulit, termasuk jerawat.
  • Tahu memiliki kandungan mangan, zat besi, dan antioksidan yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk menangkal berbagai bahaya radikal bebas untuk kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat meradang. Maka tak heran tahu dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah.

Makanan Penyebab Jerawat

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam makanan yang dapat mencegah jerawat, berikut juga akan disampaikan makanan yang justru akan menimbulkan jerawat, sehingga harus Anda hindari. Berikut ulasannya.

  • Makanan Berbahan Susu. Makanan berbahan susu seperti misalnya keju, susu, atau yogurt jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan jerawat. Minuman berbahan dasar susu biasanya kaya akan hormon yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon di kulit. Akhirnya, produksi sebum di kulit pun akan bertambah dan menjadi penyebab jerawat meradang.
  • Makanan atau Minuman Mengandung Kafein. Makanan atau minuman mengandung kafein seperti kopi akan memicu tumbuhnya jerawat karena kafein jika dikonsumsi akan melepaskan hormon stress. Nah, hormon stress ini nantinya juga akan menyebabkan meningkatnya produksi hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen yang akan menjadi penyebab jerawat pasir muncul di kulit Anda.
  • Makanan Berminyak dan Berlemak. Makanan berlemak dan berminyak seperti jeroan atau makanan yang digoreng juga akan memicu jerawat. Hal ini disebabkan karena makanan berlemak dan berminyak akan tersimpan di dalam tubuh kita dan untuk mengeluarkan makanan berminyak tersebut, salah satunya adalah melalui kelenjar sebasea. Kelenjar sebasea ini tentunya akan dipaksa untuk meproduksi sebum yang lebih banyak, sehingga kulit Anda akan sangat berminyak dan menimbulkan penyebab jerawat batu.
  • Makanan dengan Kandungan Gula Yang Tinggi. Hindari juga makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Gula jika tersimpan dalam tubuh juga akan meningkatkan produksi sebum pada kelenjar sebasea, sehingga akan memicu kelenjar sebasea untuk mengeluarkan sebum yang lebih banyak ke kulit dan menjadi penyebab jerawat di dagu dan penyebab jerawat di hidung muncul di kulit Anda.
  • Makanan atau Minuman Mengandung Alkohol. Makanan mengandung alkohol juga tidak disarankan untuk dikonsumsi mengingat alkohol dapat mengganggu sistem peredaran darah. Terganggunya sistem peredaran darah akan membuat kulit menjadi kusam dan sangat rentan terkena jerawat.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai macam makanan pencegah jerawat sekaligus jenis makanan yang harus Anda hindari jika ingin terhindar dari jerawat. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan