Sponsors Link

9 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Batu yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang memicu munculnya jerawat di wajah. Demikian pula dengan macam dan jenis jerawat dan mungkin tumbuh. Beberapa bahkan termasuk jerawat yang paling berbahaya, salah satunya adalah jerawat batu.

Tahukah Anda bawah makanan yang Anda makan juga bisa memicu tumbuhnya jerawat batu di kulit. Mungkin sepele, namun kandungan dan zat yang ada dalam suatu makanan akan langsung terserap oleh kulit juga. Mungkin saja selama ini wajah Anda berjerawat karena salah satu jenis makanan di bawah ini adalah kesukaan Anda. Apa saja sih makanan penyebab jerawat batu yang wajib Anda hindari mulai dari sekarang? Yuk baca yang berikut ini.

1. Fast food

Fast food atau makanan cepat saji adalah bagian dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Kini banyak restoran cepat saji yang mulai merambah kota-kota kecil. Meski harganya tidak bisa dibilang terjangkau, makanan cepat saji menjadi pilihan karena dapat disantap dalam waktu yang singkat tanpa memerlukan waktu untuk memasaknya terlebih dahulu. Namun tahukah Anda kalau makanan ini bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat batu?

Yang termasuk ke dalam fast food atau makanan cepat saja adalah ayam goreng, kentang goreng, dan burger. Mengapa makanan ini bisa meyebabkan munculnya jerawat? Makanan cepat saji mengandung banyak lemak trans yang menyebabkan kelebihan pasokan lemak di dalam tubuh. Selain itu, makanan berlemak juga bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak di wajah sehingga memicu munculnya jerawat batu.

2. Mie instan

Sama halnya dengan fast food, mie instan juga banyak digemari karena rasanya yang enak, murah, dan mudah didapatkan. Namun jika Anda tidak ingin jerawat batu tumbuh di wajah Anda, sebaiknya hentikan mengonsumsi mie instan sekarang juga. Mie instan mengandung banyak bahan pengawet dan lemak jenuh yang sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan minyak dalam tubuh, termasuk di wajah yang bisa memicu tumbuhnya jerawat batu.

3. Makanan manis

Makanan manis biasanya identik dengan hidangan pencuci mulut yang lezat. Inilah jenis-jenis makanan manis yang bisa menyebabkan munculnya jerawat batu:

  • Donat – Makanan ini akan semakin enak jika ditambah berbagai topping seperti cokelat, selai, dan gula. Donat dibuat dengan cara menggorengnya di atas minyak panas. Dengan demikian, donat akan menyerap banyak minyak, dan jika dikonsumsi terus menerus akan menyebabkan penumpukan minyak di wajah.
  • Permen – Sebagian besar komposisi dari permen adalah gula. Tingginya gula dalam makanan akan melemahkan daya tahan tubuh sehingga bakteri penyebab jerawat akan lebih mudah untuk menyerang kulit wajah.
  • Es krim – Makanan ini banyak dipilih untuk menghilangkan dahaga dan merilekskan pikiran. Sama dengan permen, komposisi utama es krim adalah gula yang menyebabkan jerawat semakin mudah tumbuh di wajah.
  • Cokelat – Cokelat terbukti mampu meringankan stress pada seseorang. Tetapi jika kulit Anda rentan berjerawat, kandungan gula pada cokelat akan memicu tumbuhnya jerawat batu dengan mudah.
Sponsors Link

4. Susu dan olahannya

Susu dan semua produk olahannya seperti es krim dan yogurt termasuk ke dalam makanan penyebab jerawat batu yang harus dihindari. Produk susu yang Anda konsumsi akan mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh. Inilah salah satu penyebab munculnya jerawat hormon di wajah. Pahami apa saja jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Produk susu dan olahannya memang tinggi akan kandungan lemak. Terlebih lagi jika susu dihasilkan oleh sapi yang sedang hamil. Kandungan lemaknya akan semakin banyak, sehingga makin banyak pula hormon yang dihasilkan.

Hormon yang dibawa oleh susu sapi dapat diubah oleh enzim yang ada di kulit wajah kita. Perubahan hormon tersebut secara otomatis akan memicu peningkatan produksi minyak pada wajah sehingga menimbulkan jerawat batu.

5. Makanan protein tinggi

Salah satu jenis makanan penyebab jerawat batu adalah semua makanan yang tinggi akan kandungan protein. Protein hewani memiliki sifat dan kandungan yang asam, sehingga ketika diserap oleh kulit akan meningkatkan pertumbuhan bakteri parasit sehingga memicu munculnya jerawat batu pada wajah. Yang termasuk makanan tinggi protein hewani adalah daging merah, daging ayam, dan telur.

Selain protein hewani, kelebihan protein nabati juga bisa memicu tumbuhnya jerawat batu di wajah. Oleh karena itu jika kulit Anda rentan berjerawat, sebaiknya hindari makan segala jenis kacang-kacangan yang berlebihan.

6. Kafein dan makanan yang mengandung kopi

Kafein memang bisa menyebabkan ketergantungan pada seseorang. Seperti zat adiktif, sebagian besar orang sangat bergantung pada kopi. Namun justru kafein yang ada di dalam kopi bisa menyebabkan timbulnya jerawat batu di wajah. Kafein akan menyebabkan Anda sering terjaga sepanjang malam. Begadang adalah salah satu kebiasaan penyebab jerawat yang harus dihindari. Tidak hanya kopi saja, sebisa mungkin hindari segala jenis makanan yang mengandung kopi seperti kue tiramisu.

ads

7. Minuman beralkohol

Selain dapat menyebabkan jerawat di wajah, alkohol juga berdampak buruk bagi kesehatan. Konsumsi alkohol berkepanjangan akan menyebabkan penurunan fungsi hati. Penurunan fungsi hati akan berdampak langsung pada kesehatan kulit. Tingginya kadar alkohol dalam tubuh akan merangsang hormon testosteron, yang menyebabkan produksi minyak di wajah meningkat. Jika produksi minyak di wajah semakin meningkat, berpotensi menyebabkan penyumbatan pori-pori pada kulit yang merupakan awal tumbuhnya jerawat.

8. Makanan beriodium tinggi

Kandungan iodum biasanya banyak ditemukan di dalam makanan laut atau seafood. Air laut sendiri memiliki kandungan iodium sehingga menyebabkan biota yang hidup di dalamnya menjadi asin. Konsumsi iodium yang belebihan akan berdampak langsung pada kelenjar minyak. Hal ini menyebabkan kulit mudah iritasi dan rentan untuk ditumbuhi jerawat.

Selain pada ikan laut dan seafood, kandungan iodium juga dapat ditemukan pada makanan lain seperti bumbu mie instan, garam beriodium, penyedap rasa, dan makanan kaleng.

9. Makanan pedas

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah suka dengan makanan pedas. Padahal makanan ini sangat tidak baik untuk kesehatan kulit, lho. Makanan pedas akan menyebabkan tubuh terasa panas dan mengurangi jumlah vitamin C yang ada di dalam tubuh secara drastis. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan gangguan, termasuk munculnya jerawat batu pada wajah. Selain itu, makanan pedas juga akan meningkatkan produksi minyak pada wajah. Jika minyak berlebih, maka kotoran akan lebih mudah menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab jerawat batu yang harus dihindari. Jerawat batu tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga sulit untuk disembuhkan dan menimbulkan rasa nyeri di kulit. Sebelum jerawat datang dan berkembang di kulit Anda, lebih baik rawat kulit Anda dengan baik agar jerawat tidak mau bersarang.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Tips Kecantikan Untuk Wanita

Punya Komedo yang membandel?? Ternyata bawang putih sangat berkhasiat loh untuk menghilangkannya. Dicoba yuk!