Sponsors Link

10 Makanan Penyebab Jerawat di Pipi Wajib Dihindari

Sponsors Link

Dampak psikologis akibat jerawat yang mungkin muncul bisa jadi sangat parah sehingga kaum wanita sangat enggan berurusan dengan jerawat. Tidak sekedar membuat rasa percaya diri menurun, saat jerawat muncul di wajah dan sulit dihilangkan, seseorang bisa dibuat stress karenanya.

Sponsors Link

Salah satu bagian wajah yang sangat rentan ditumbuhi oleh jerawat adalah pipi. Munculnya jerawat di pipi tentu dipengaruhi oleh berbagai macam penyebab, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Inilah jenis makanan penyebab jerawat di pipi yang harus dihindari:

1. Gorengan

Salah satu kebiasaan penyebab jerawat di pipi yang sulit dihilangkan adalah suka memakan gorengan. Seperti diketahui, gorengan adalah makanan yang tinggi kandungan lemak. Lemak yang ada di dalam makanan dapat mempengaruhi peningkatan produksi minyak pada wajah yang menyebabkan munculnya jerawat.

2. Makanan Tinggi Kandungan Gula

Makanan manis seperti permen, cokelat, es krim, biskuit, dan sereal termasuk jenis makanan penyebab jerawat di pipi yang harus dihindari. Gula yang berlebih dapat menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Konsumsi gula alami seperti yang terkandung di dalam buah lebih baik dibandingkan dengan konsumsi gula olahan.

3. Kerang

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat suka makan seafood. Seafood memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ternyata tidak semua jenis seafood itu bergizi, bahkan tidak baik untuk kesehatan kulit. Jenis seafood yang menyebabkan jerawat adalah kerang. Terlalu banyak mengonsumsi kerang dapat merusak jaringan kulit.

4. Makanan Kaleng

Makanan yang tinggi kandungan bahan pengawet tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Meski dari segi waktu makanan tersebut dapat dimasak dalam waktu singkat, terlalu sering memakan makanan kaleng dapat menimbulkan jerawat di pipi.

5. Daging dan Telur Ayam Broiler

Salah satu jenis makanan penyebab jerawat berlebihan di pipi adalah daging dan telur ayam broiler. Suntikan hormon yang diberikan pada ayam petelur menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Selain jerawat, daging dan telur ayam broiler dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Kafein

Begadang penyebab jerawat adalah gaya hidup yang harus dihindari. Begadang biasanya dampak dari sulit tidur di malam hari. Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh konsumsi kafein seseorang yang berlebihan sehingga selalu terjaga sepanjang malam.

Sponsors Link

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Selain menghemat waktu, makanan cepat saji punya rasa yang lezat sehingga membuat setiap orang selalu merasa ketagihan. Namun kandungan gula dan karbohidrat di dalam makanan tersebut termasuk jenis yang tidak sehat dan dapat menyebabkan jerawat.

8. Susu

Tidak hanya gorengan saja yang tinggi akan kandungan lemak. Susu dan berbagai produk olahan yang mengandung susu juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di pipi. Kandungan lemak di dalam susu dapat mempengaruhi aktivitas kelenjar sebum di wajah. Jika kelenjar sebum aktif, maka minyak di wajah akan semakin meningkat yang bisa menyebabkan penyumbatan pori dan berakhir menjadi jerawat.

9. Makanan Pedas

Meski terasa nikmat di mulut, ternyata makanan pedas menjadi salah satu makanan penyebab timbulnya jerawat di pipi yang wajib dihindari. Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh makanan pedas adalah aliran darah menjadi lebih deras dan adanya gangguan pencernaan.

10. Makanan Tinggi Karbohidrat

Terlalu banyak konsumsi karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Seperti diketahui, jika kadar glukosa dalam darah tinggi dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Itulah makanan penyebab jerawat di pipi yang tidak boleh dimakan. Semoga bermanfaat, ya!

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab