Sponsors Link

16 Makanan Penyebab Jerawat Makin Parah Wajib Dihindari

Sponsors Link

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat bahkan membuat jerawat semakin parah, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi. Ada makanan penghilang jerawat atau yang dapat mempercepat penyembuhan jerawat, namun ada pula yang justru memperparah jerawat yang kita derita. Oleh sebab itu, di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa makanan yang wajib kalian hindari ketika sedang mengalami masalah jerawat, karena makanan-makanan berikut justru dapat menyebabkan jerawat makin parah. Berikut daftar makanan penyebab jerawat makin parah yang perlu di waspadai:

Sponsors Link
  1. Gorengan

Makanan pertama yang wajib kalian hindari adalah gorengan, walaupun pada kenyataannya gorengan sangat sulit untuk dihindari namun perlu kalian ingat bahwa gorengan sangat rentang memperparah jerawat. Mengapa demikian, karena gorengan mengandung banyak sekali minyak yang dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit wajah. Kandungan minyak pada wajah yang semakin banyak tidak hanya menyebabkan jerawat semakin parah namun juga dapat menyebabkan jerawat menyebar semakin banyak. Oleh sebab itu, mulailah untuk menghindari gorengan saat kalian mengalami masalah jerawat.

  1. Makanan Berlemak

Selain makanan yang berminyak seperti gorengan, makanan berlemak juga merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat jerawat muncul bahkan dapat memperparah jerawat yang ada. Karena makanan berlemak seperti makanan bersantan, kuning telur, dan yang lainnya juga dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit wajah. Efek dari makanan berlemak juga dapat menutup pori-pori pada wajah sehingga dapat menimbulkan jerawat yang semakin banyak, terlebih lagi memperburuk keadaan jerawat pada wajah. Untuk itu sebaiknya usahakan tidak memakan makanan berlemak selama kalian mengalami masalah jerawat.

  1. Susu beserta Olahannya

Susu beserta berbagai olahannya memang diketahui baik bagi kesehatan, namun kalian harus hati-hati ketika sedang mengalami jerawat, walaupun ada pula manfaat susu beruang untuk jerawat. Ketika kalian sedang mengalami masalah jerawat maka lebih baik hindari mengkonsumsi susu beserta olahannya seperti yoghurt, keju, es krim, coklat, dan yang lainnya, karena dapat memicu tingginya insulin yang berdampak pada penyumbatan pori-pori pada kulit wajah. Susu juga berpengaruh pada hormon yang dapat menimbulkan kulit berjerawat. Selain itu sama seperti makanan berlemak, susu juga menganduk banyak minyak sehingga dapat memicu timbulnya jerawat hingga memperparahnya. Oleh sebab itu, kalian harus menghindari susu beserta olahannya dapat berjerawat jika tidak ingin menjadi semakin parah.

  1. Garam

Garam atau makanan yang mengandung garam terlalu banyak juga dapat memperparah keadaan jerawat. Mengapa demikian, karena garam atau makanan asin dapat membuat dehidrasi pada tubuh dan kulit, termasuk kulit wajah. Selain membuat dehidrasi, garam juga dapat membuat dara menjadi lebih kental serta kotor yang dapat memunculkan lebih banyak jerawat. Jadi bagi kalian yang suka makanan-makanan asin, mulailah untuk menguranginya agar terhindar dari masalah jerawat.

  1. Seafood

Seafood atau makanan laut ternyata juga tidak baik bagi kulit yang berjerawat, seperti ikan, udang, maupun yang lainnya. seafood atau berbagai makanan laut mengandung iodium yang dapat menyumbat pori-pori pada kulit wajah. Selain itu juga dapat menyebabkan iritasi dan memunculkan lebih banyak jerawat atau bahkan memperparah kondisi jerawat yang diderita.

Sponsors Link

  1. Biji-bijian

Biji-bijian mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian untuk dihindari ketika sedang berjerawat, namun mengapa demikian. Biji-bijian merupakan makanan yang mengandung glisemik dan dapat meningkatkan kadar gula darah, dimana ketika kadar gula dara naik maka secara otomatis hormon insulin juga akan naik. Naiknya atau meningkatnya hormon insulin dapat berakibat pada timbulnya lebih banyak jerawat, bahkan menyebabkan jerawat makin parah. Oleh sebab itu, biji-bijian menjadi makanan terakhir yang wajib kalian hindari agar terhindar dari masalah jerawat.

Demikian penjelasan mengenai beberapa makanan penyebab jerawat semakin parah, semoga dapat bermanfaat.

ads
,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.