Sponsors Link

15 Makanan Penyebab Jerawat Meradang (Wajib Dihindari)

Sponsors Link

Bagi yang sering berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat, pasti sudah tidak asing dengan berbagai penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Pori pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan minyak pada wajah memang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Namun bukan hanya itu saja, jerawat bisa muncul dari semua kebiasaan penyebab jerawat, salah satunya adalah memakan makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus. Anda tidak tahu kan bahwa di antara jenis makanan tersebut ada makanan penyebab jerawat meradang yang harus dihindari? Agar Anda bisa berhati hati dan waspada mulai sekarang, ini dia makanan penyebab jerawat meradang yang harus dihindari.

Sponsors Link

1. Kacang Kacangan

Makanan yang satu ini sudah sangat umum diketahui sebagai salah satu penyebab  jerawat meradang. Meski masih banyak faktor lain yang mempengaruhi, mengapa kacang kacangan bisa menyebabkan jerawat meradang? Kacang adalah sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Protein mengandung enzim yang dibutuhkan oleh darah, kulit, dan membantu pembentukan otot. Namun kacang juga mengandung banyak lemak yang jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan peningkatan produksi lemak pada kulit wajah.

2. Susu

Sama seperti kacang, susu juga mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi susu secara rutin bisa menyehatkan tubuh dan menghindarkan tubuh dari penyakit. Namun ada beberapa kandungan di dalam susu yang tidak baik untuk Anda yang bermasalah dengan kulit berjerawat. Kandungan yang ada di dalam susu dapat merangsang pertumbuhan hormon pada kulit yang menyebabkan munculnya jerawat.

3. Gorengan

Makanan favorit sebagian besar orang Indonesia ini memang memiliki banyak kandungan lemak. Gorengan adalah jenis makanan berminyak yang bisa merangsang produksi minyak berlebih di tubuh, termasuk kulit wajah. Setelah memakan gorengan wajah Anda pasti akan berkeringat, mengkilat, dan berminyak. Minyak inilah yang akan menyumbat pori pori kulit bersama dengan kotoran.

4. Mie Instan

Mie instan menjadi salah satu makanan penyebab jerawat meradang yang harus dihindari. Meski cara memasaknya sangat praktis, cepat, dan mudah, kandungan di dalam mie instan bisa memicu tumbuhnya jerawat. Di dalam mie instan terdapat kandungan lemak jenuh yang tinggi, ditambah dengan bahan pengawet yang semuanya sulit untuk dicerna tubuh. Lemak tersebut akan mengalami penumpukan dan bisa memicu tumbuhnya jerawat.

5. Cokelat

Memakan cokelat memang disarankan untuk menurunkan stress dan menenangkan pikiran. Namun tahukah Anda bahwa kandungan yang ada di dalam cokelat bisa membuat jerawat meradang? Cokelat memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga membuat daya tahan tubuh menjadi lemah. Ini menyebabkan bakteri dari luar tubuh mudah menempel dan menginfeksi kulit.

6. Es Krim

Jika udara sedang panas, makanan ini pasti menjadi favorit. Es krim adalah makanan yang disukai segala usia. Tetapi kalau Anda punya kulit berjerawat, sebaiknya jangan terlalu sering memakan es krim. Selain kandungan gulanya yang sangat tinggi, es krim juga mengandung susu dalam jumlah besar. Susu dan gula termasuk 2 penyebab utama jerawat yang ditimbulkan oleh makanan.

Sponsors Link

7. Permen

Permen juga merupakan makanan penyebab jerawat meradang. Meski terlihat sepele, sebaiknya jangan terlalu sering memakan permen. Komposisi permen tidak baik untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Bahan pembuat permen sebagian besar adalah gula, yang harus dihindari jika tidak ingin punya jerawat meradang.

8. Makanan Pedas

Rasanya hampir tidak ada orang Indonesia yang tidak suka dengan makanan pedas. Selain membuat rasa makanan menjadi semakin nikmat, makanan pedas juga bisa membangkitkan selera makan. Banyak yang belum tahu bahwa makanan pedas bisa memicu munculnya jerawat. Cabe yang ada di dalam makanan pedas memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Dengan demikian, memakan makanan pedas bisa merangsang produksi minyak pada wajah semakin meningkat.

9. Daging Merah

Sumber protein hewani yang paling besar ada pada daging merah. Daging merah memiliki rasa yang lezat dan digemari banyak orang. Namun kandungan protein yang besar inilah yang menyebabkan daging merah menjadi pemicu pertumbuhan jerawat pada kulit wajah. Yang termasuk daging merah adalah daging yang berasal dari hewan berkaki 4 seperti sapi dan kambing.

10. Kopi

Mungkin banyak yang belum tahu dan tidak menduga kopi bisa menyebabkan jerawat meradang. Kopi memang banyak digemari karena bisa membuat tubuh tetap segar dalam beraktivitas dan menghilangkan kantuk. Itu semua disebabkan oleh kafein yang ada pada kopi. Nah, kafein ini jugalah yang menyebabkan jerawat semakin tumbuh subur. Kopi bisa menyebabkan Anda begadang sepanjang malam, yang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat.

Sponsors Link

11. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu yang difermentasi. Di dalam yogurt terdapat jutaan bakteri baik yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan melancarkan pencernaan. Namun karena terbuat dari susu, yogurt menjadi makanan penyebab jerawat meradang yang harus dihindari. Kandungan lemak di dalam yogurt membuat jerawat menjadi semakin parah.

12. Puding

Salah satu penutup makanan ini disukai banyak orang. Kalau Anda punya kulit berjerawat, hindari makan puding ya. Bahan pembuat puding adalah gula, santan, dan susu. Ketiga jenis makanan tersebut memicu munculnya jerawat dengan sangat cepat. Kadar lemak dalam santan dan susu bahkan terbilang tinggi.

13. Keju

Sama halnya seperti yogurt, keju juga produk olahan susu. Rasa asin dalam keju juga bisa memicu munculnya jerawat yang lebih parah lagi. Jika Anda ingin kulit sehat dan mulus bebas dari jerawat, tahan nafsu dan keinginan untuk memakan keju. Meski nikmat, makanan ini bisa membuat jerawat menjamur di kulit Anda.

14. Pasta

Pasta terbuat dari bahan yang sama dengan mie instan. Ada banyak bahan pengawet dan lemak di dalam pasta. Sehingga jika Anda sangat suka makan pasta seperti fettuccini atau spaghetti, bersiaplah untuk panen jerawat di wajah. Banyak makan pasta membuat hormon menjadi tidak seimbang.

15. Ayam Goreng

Ada 2 hal utama yang menyebabkan ayam goreng menjadi makanan penyebab jerawat meradang: protein dalam daging ayam dan lemak dari penggorengan. Hindari terlalu sering memakan ayam goreng karena bisa memicu produksi hormon penyebab jerawat pada kulit wajah dan tubuh Anda.

Itulah berbagai macam makanan penyebab jerawat meradang yang tidak boleh Anda makan. Semua usaha menghilangkan jerawat akan sia sia jika Anda terus mengonsumsi makanan tersebut. Tetapi jangan khawatir, ada juga makanan penghilang jerawat yang bisa membantu jerawat sembuh lebih cepat. Mulai sekarang, makan makanan yang sehat dan aman untuk jerawat ya!

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.