Sponsors Link

15 Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Jika tidak ingin berhubungan dengan segala sesuatu tentang jerawat dan harus menanggung resiko dari dampak psikologis akibat jerawat yang tidak mengenakkan, setiap wanita tentu harus bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan kulit sehat bebas jerawat. Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan olahraga kecil dan menghentikan semua kebiasaan penyebab jerawat yang berbahaya.

Sponsors Link

Tidak cukup sampai disitu, gaya hidup sehat untuk menghindari jerawat juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang sehat. Karena banyaknya penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal yang bisa memicu munculnya jerawat, sebagian besar orang pasti tidak menyangka bahwa makanan adalah salah satunya, Agar jerawat tidak mudah muncul di wajah, ketahui apa saja makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus dihindari seperti di bawah ini:

1. Gorengan dan Makanan Berlemak

Semua makanan yang digoreng dan memiliki kandungan lemak tinggi bisa menjadi penyebab jerawat berlebihan di wajah. Lemak bisa memperlambat proses penyaluran oksigen dan nutrisi ke dalam sel sehingga berakibat pada terganggunya sistem metabolisme seseorang. Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat sehingga jerawat menjadi lebih mudah muncul.

Selain itu makanan berlemak akan meningkatkan produksi minyak di wajah secara drastis sehingga memperbesar peluang munculnya jerawat. Jenis makanan gorengan dan berlemak yang wajib dihindari antara lain adalah: kentang goreng, ayam goreng, donat, makanan china.

2. Kafein

Jangan salah menduga bahwa hanya minuman saja yang bisa mengandung kafein seperti kopi dan teh. Kafein juga banyak digunakan sebagai campuran dalam roti dan kue. Mengonsumsi kafein akan memicu peningkatan adrenalin yang memicu stress dalam tubuh. Seperti yang diketahui, stress menyebabkan jerawat lebih mudah muncul di wajah, Efek lain yang bisa ditimbulkan oleh kafein adalah membuat seseorang menjadi sulit tidur. Padahal begadang penyebab jerawat juga bisa menimbulkan terganggunya sistem metabolisme di dalam tubuh.

3. Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Satu lagi makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus dijauhi. Memakan makanan yang terlalu manis bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh dan menyebabkan kerja kelenjar minyak di kulit menjadi terganggu. Gula memang banyak terdapat di makanan seperti buah. Namun gula yang alami memiliki kadar manis yang lebih rendah. Tidak seperti gula olahan yang ada di dalam permen atau cokelat.

Gula bisa menurunkan kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terkena infeksi bakteri. Jerawat adalah salah satu infeksi bakteri ringan yang menyerang kulit wajah. Jenis makanan manis penyebab jerawat adalah: soda, permen, cokelat, es krim, sereal, dan biskuit.

4. Makanan Cepat Saji

Gaya hidup masyarakat modern memang tidak bisa lepas dari makanan cepat saji. Selain bisa menghemat waktu karena tidak perlu melewati proses memasak, makanan cepat saji atau fast food juga punya rasa yang enak dan menawarkan menu yang beragam. Padahal makanan ini punya indeks glikemik tinggi pada karbohidratnya dan kandungan gula yang bisa memicu munculnya jerawat. Dampak fast food sendiri juga tidak baik untuk kesehatan.

Sponsors Link

5. Kerang

Berbagai makanan laut atau seafood memang terkenal memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tetapi ternyata tidak semuanya, lho. Jenis seafood yang justru bisa menyebabkan jerawat adalah kerang. Jika terlalu banyak mengonsumsi kerang dan dalam jumlah yang banyak, jaringan kulit akan rusak secara perlahan. Boleh saja mengonsumsi kerang asal tidak terlalu sering dan tidak setiap hari. Selain jerawat, kerang juga bisa menimbulkan alergi. Kenali apa saja ciri ciri jerawat karena alergi.

6. Susu dan Olahannya

Susu dan berbagai produk olahannya adalah makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus dihindari. Susu memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga bisa memicu peningkatan produksi minyak pada kelenjar sebum yang ada di wajah. Selain itu, susu juga bisa memicu kadar hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Apalagi jika susu diperah dari sapi betina yang sedang hamil. Berbagai produk susu dan olahannya yang wajib dihindari adalah: es krim dan yogurt.

Sponsors Link

7. Makanan Kaleng dan Makanan Olahan

Makanan kaleng sebenarnya sama saja dengan makanan siap saja, bahkan bisa lebih berbahaya. Makanan ini sangat praktis pengolahannya dan tidak memerlukan waktu yang lama. Namun makanan kaleng mengandung bahan pengawet yang snagat tinggi sehingga bisa menyebabkan peradangan pada kulit berjerawat. Kandungan gula, garam, dan pengawet di dalam makanan kaleng akan menyebabkan kulit lebih mudah terinfeksi bakteri dan terkena jerawat.

Jenis makanan kaleng dan olahan yang harus dihindari: sosis, baso siap saji, sarden, nugget, ham, dan kornet.

8. Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi penting untuk pembakaran tubuh agar bisa menghasilkan energi. Tetapi konsumsi karbohidrat yang berlebihan akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang memicu munculnya jerawat. Karena merupakan nutrisi yang sifatnya pokok, konsumsi karbohidrat pada porsi yang sewajarnya saja. Jika berlebihan, bukan hanya jerawat saja yang akan muncul tetapi bahaya diabetes juga mengancam. Makanan tinggi karbohidrat yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan adalah: beras putih, roti putih, dan pasta.

9. Daging Ayam dan Telur Ayam Broiler

Daging dan telur yang dihasilkan oleh ayam broiler juga bisa menjadi makanan penyebab timbulnya jerawat yang harus dihindari. Ayam ini adalah unggas yang diberi suntikan hormon sehingga bisa menyebabkan kadar hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Selain memicu munculnya jerawat, ayam broiler juga bisa menimbulkan bakteri di usus.

10. Makanan Pedas

Sudah menjadi selera umum orang Indonesia yang gemar menyantap makanan pedas. Rasanya makanan menjadi kurang lezat jika tidak pedas. Namun makanan pedas ini juga bisa memicu jerawat muncul di wajah. Saat mengonsumsi makanan pedas, terjadi gangguan pada pencernaan dan mengakibatkan aliran darah di wajah menjadi lebih deras. Hal ini bisa memicu masalah kulit seperti jerawat.

Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat Lainnya

Inilah berbagai jenis makanan lain yang harus dihindari agar wajah tidak mudah terserang jerawat.

  1. Minuman beralkohol.
  2. Minuman bersoda.
  3. Makanan yang terlalu asin.
  4. Mie instan.
  5. Makanan bersantan.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab timbulnya jerawat yang wajib dihindari. Agar kulit tetap sehat dan bebas dari jerawat, pilihlah makanan yang kaya kandungan serat dan vitamin seperti buah dan sayur agar nutrisinya bisa diterima kulit dengan baik.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.