Sponsors Link

10 Makanan yang Dianjurkan Untuk Orang Berjerawat Terbaik

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang harus dicegah dan dihilangkan dengan berbagai macam cara. Banyak wanita memilih melakukan perawatan wajah berjerawat secara alami untuk mencegah jerawat datang lagi. Tetapi bukan hanya perawatan dari luar saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat bebas jerawat. Kebiasaan penyebab jerawat tumbuh semakin parah juga harus dihindari. Kebiasaan tersebut termasuk suka memencet jerawat, tidak rajin membersihkan wajah, hingga tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Sponsors Link

Ya, makanan memang menjadi salah satu faktor penentu jerawat muncul semakin parah di wajah. Jika Anda suka memakan makanan penyebab jerawat makin parah, tentu wajah akan segera menjadi ladang jerawat. Makanan yang harus dihindari saat berjerawat misalnya adalah susu, makanan pedas, dan makanan berlemak.

Jika ada makanan yang menyebabkan jerawat semakin parah tentu ada makanan yang membantu jerawat cepat sembuh dan menyehatkan bagi kulit. Apa saja makanan yang dianjurkan untuk orang berjerawat yang baik untuk dikonsumsi? Yuk, kita simak daftarnya:

1. Alpukat

Pemilik kulit berjerawat pasti sudah tahu bahwa manfaat masker alpukat untuk jerawat memang sangat luar biasa. Ternyata alpukat tidak hanya bisa dipakai untuk merawat kulit berjerawat dari luar saja, lho. Mengonsumsi alpukat juga baik untuk kulit berjerawat.

Alpukat mengandung banyak vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban kulit dan membuatnya menjadi semakin kenyal. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin C yang bisa mencerahkan kulit secara alami dan membantu mengurangi terjadinya peradangan pada jerawat.

2. Nasi Merah

Karbohidrat memang bukan termasuk jenis zat yang dilarang untuk dimakan orang berjerawat. Namun selain nasi putih yang biasa dimakan sehari hari, ada sumber karbohidrat lain yang manfaatnya tidak boleh dilewatkan. Ganti nasi putih dengan nasi merah mulai sekarang.

Nasi merah mengandung sederet vitamin dan mineral seperti magnesium, protein, dan vitamin B. Selain itu, makanan ini merupakan sumber anti oksidan yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Vitamin B sangat baik untuk membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk jenis hormon penyebab jerawat.

3. Brokoli

Sayur adalah makanan kaya serat yang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga untuk merawat kulit yang berjerawat. Sayur brokoli memiliki manfaat khusus untuk membersihkan kulit secara alami.

Kandungan di dalam brokoli antara lain adalah berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Selain itu brokoli juga kaya akan zat anti oksidan. Anti oksidan bermanfaat untuk mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh dan kulit.

4. Pepaya

Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat memang sangat besar. Jika selama ini pepaya banyak dibuat menjadi masker, buah ini juga bisa dimakan sebagai perawatan jerawat dari dalam. Pepaya mengandung zat papain yang bisa mengurangi peradangan pada jerawat sekaligus mencerahkan kulit secara alami.

Ada pula manfaat lain yang bisa diperoleh dari pepaya adalah mencegah terjadinya sembelit, serta mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh. Dengan berkurangnya timbunan lemak, maka sekaligus juga menurunkan resiko munculnya jerawat.

Sponsors Link

5. Ikan

Salah satu cara mencegah jerawat tumbuh lagi adalah memilih makanan yang tepat. Makanan yang baik untuk orang berjerawat adalah ikan. Protein di dalam ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, dibandingkan dengan protein yang ada di dalam daging sapi dan ayam.

Ikan dengan kandungan protein yang baik seperti sarden, mackerel, tuna, dan salmon mengandung protein yang baik untuk melindungi kulit dari jerawat. Ikan kaya akan asam lemak baik seperti omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mencegah peradangan pada kulit dan jerawat.

6. Kubis

Dari sekian banyak makanan pencegah jerawat yang ada, kubis adalah salah satunya. Tidak banyak yang tahu, kubis adalah sumber dari vitamin C yang sangat baik untuk merawat kulit berjerawat. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti mencegah jerawat meradang dan memerah, serta memudarkan bekas jerawat secara alami.

Kubis jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengurangi lemak di dalam tubuh. Hal ini akan langsung berpengaruh pada produksi minyak wajah. Semakin sedikit lemak di dalam tubuh, semakin sedikit pula minyak yang dihasilkan.

7. Kacang Kacangan

Banyak mitos yang salah kaprah tentang jerawat namun nyatanya masih dipercaya oleh masyarakat. Salah satunya adalah mitos tentang kacang penyebab jerawat di wajah.

Padahal kacang justru memiliki kandungan yang baik untuk kulit berjerawat. Seperti mineral selenium dan seng Kedua jenis mineral ini sangat dibutuhkan untuk merawat kulit berjerawat dan menjaganya tetap sehat. Kandungan lain di dalam kacang kacangan antara lain mangan, magnesium, kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin E.

8. Apel

Karena kandungannya yang ampuh untuk merawat kulit yang berjerawat, apel menjadi buah penghilang jerawat yang wajib untuk dikonsumsi. Apel memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa mengeluarkan segala macam racun yang ada dan mengeluarkannya secara alami.

Manfaat lain apel adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh, serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Sponsors Link

9. Belimbing Wuluh

Rasa asam pada belimbing wuluh menunjukkan bahwa kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Manfaat lain yang bisa didapat dari vitamin C adalah menghilangkan flek hitam membandel dan bekas jerawat di wajah. Belimbing wuluh bisa dimakan secara langsung atau digunakan sebagai masker wajah untuk merawat kulit yang berjerawat.

10. Bawang Putih

Karena fungsi utamanya adalah sebagai bumbu masakan, manfaat bawang putih untuk jerawat masih belum banyak diketahui. Padahal bawang putih sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Manfaat bawang putih yang paling terkenal adalah membantu mencegah terjadinya peradangan dan kemerahan pada kulit yang berjerawat.

Bawang putih mengandung zat allicin yang memiliki banyak fungsi. Antara lain adalah sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur. Ketiga manfaat ini sangat baik untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya untuk datang kembali. Karena kali ini bawang putih untuk dikonsumsi, tidak perlu takut dengan efek samping bawang putih untuk jerawat.

Itulah daftar makanan yang dianjurkan untuk orang berjerawat. Seperti yang telah dijelaskan, makanan di atas memang memiliki kandungan alami yang baik untuk merawat kesehatan kulit berjerawat. Sebagai seseorang yang bermasalah dengan jerawat, tentu Anda harus berhati hati dalam memilih asupan makanan. Jangan lupa untuk selalu melakukan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan banyak minum air putih. Mulai merawat kulit dengan cara yang sederhana, ya.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan