Sponsors Link

10 Makanan yang Membuat Jerawat Hilang Dengan Cepat

Sponsors Link

Bicara tentang jerawat sudah pasti tidak akan ada habisnya. Jerawat adalah masalah kulit yang paling diresahkan saat ini. Jerawat dapat muncul secara tiba tiba, tanpa tahu apa penyebabnya. Ya, penyebab jerawat memang sangat beragam, baik itu oleh faktor internal atau eksternal. Salah satu yang menjadi penyebab jerawat adalah makanan yang dikonsumsi.

Sponsors Link

Kabar baiknya, jika ada makanan yang menyebabkan jerawat, tentu saja ada makanan yang membuat jerawat hilang. Berbagai macam makanan yang dianjurkan untuk orang berjerawat ini mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau! Apa saja makanan tersebut? Yuk kita cari tahu bersama.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin E yang sangat dibutuhkan sebagai nutrisi untuk kulit. Kandungan lain di dalam alpukat adalah vitamin C yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit, memberi kelembaban pada kulit, dan mencerahkan kulit secara alami. Sehingga anggapan bahwa alpukat menyebabkan jerawat salah besar karena buah ini justru sangat baik untuk kulit.

2. Anggur Merah

Anggur merah tidak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja, tetapi juga bijinya. Di dalam buah dan biji anggur merah terdapat kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga mampu memperbaiki kondisi kulit yang mengalami peradangan eksim. Anggur merah juga bisa mengurangi efek buruk jerawat atau alergi lainnya pada kulit.

3. Brokoli

Kandungan nutrisi di dalam brokoli bisa dibilang lengkap. Mulai dari vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Kelebihan lain yang dimiliki brokoli adalah sebagai anti oksidan membantu melawan dampak buruk radikal bebas yang mengenai kulit wajah.

4. Wortel

Siapa bilang vitamin A hanya baik untuk mata? Kulit kita juga membutuhkan nutrisi dari vitamin A. Manfaatnya adalah menjaga kesehatan kulit serta mencegah produksi sel kulit mati yang berlebihan. Jadi tidak hanya mata, kulit juga bisa mendapatkan nutrisinya.

5. Yogurt

Yogurt adalah sahabat baik bagi pemilik kulit berjerawat. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga dijadikan sebagai masker. Di dalam yogurt terdapat probiotik yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Yogurt juga menjadi bahan alami yang direkomendasikan sebagai tips menghilangkan komedo terbaik.

6. Mentimun

Kadar air yang besar di dalamnya membuat manfaat mentimun untuk jerawat sangat besar. Mentimun dapat membersihkan kulit dari zat berbahaya secara alami, mengandung vitamin C, mencegah peradangan pada kulit berjerawat, sekaligus menyegarkan kulit yang kusam akibat minyak dan jerawat.

7. Berry

Semua buah berry yaitu strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Selain itu asam salisilat di dalam buah berry data meratakan warna kulit dan menjaga kesehatan kulit secara alami. Kandungan fitokimia di dalam buah berry mempercepat penyembuhan infeksi pada kulit seperti jerawat.

8. Minyak Zaitun

Bukan rahasia lagi jika cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun sangat populer di kalangan wanita. Minyak zaitun memang ampuh untuk mengatasi berbagai jenis masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, kulit kering, noda hitam, dan warna kulit tidak merata.

9. Oatmeal

Manfaat oatmeal sebagai makanan yang membuat jerawat hilang sangat besar. Antara lain mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah yang menyebabkan jerawat.

10. Semangka

Buah semangka memiliki banyak air di dalamnya serta anti oksidan yang tinggi. Itulah mengapa buah ini dapat menyembuhkan infeksi dengan cepat, termasuk jerawat.

Itulah beberapa jenis makanan yang membuat jerawat hilang dengan cepat. Semoga bermanfaat ya!

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.