Sponsors Link

Wajib Hindari 6 Makanan yang Memperparah Jerawat Sehari-hari

Sponsors Link

Membasmi jerawat memang tidak mudah, apalagi bila tidak diimbangi dengan  kebiasaan sehari-hari yang memicu penyebab jerawat masih sering dilakukan. Salah satu yang sangat berpengaruh terhadap kondisi jerawat adalah pola makanan sehari-hari. Ada pula anggapan bahwa pola makan akan menentukan rentan tidaknya wajah terhadap jerawat.

Sponsors Link

Mengapa demikian? Karena banyak jenis makanan yang dikonsumsi merupakan makanan penyebab timbulnya jerawat yang dapat berpengaruh terhadap proses pembaharuan kulit dan membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap jerawat. Oleh sebab itu, anda wajib menghindari beberapa jenis makanan yang memperparah jerawat untuk dikonsumsi sehari-hari. Apa saja jenis makanan tersebut? berikut beberapa diantaranya:

1. Makanan dengan minyak berlebih

Makanan yang dapat membuat jerawat semakin parah yang pertama adalah makanan dengan minyak berlebih. Makanan berminyak seperti gorengan, kripik, maupun masakan-makanan dengan kandungan minyak berlebih yang dikonsumsi dapat menyebabkan kelenjar minyak pada kulit memproduksi lebih banyak minyak atau sebum.

Kondisi tersebut tentunya tidak baik bagi kulit, terutama bagi jerawat karena dapat membuat jerawat semakin meradang dan bahkan juga memicu pertumbuhan jerawat lebih banyak. Oleh sebab itu, makanan dengan minyak berlebih merupakan jenis makanan yang harus dihindari saat jerawat.

2. Makanan manis

Makanan manis merupakan makanan yang masih menjadi kegemaran bagi setiap orang, terutama bagi para wanita. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya makanan manis atau yang mengandung terlalu tinggi gula juga dapat membuat jerawat semakin parah? Makanan manis dapat membuat jerawat semakin parah disebabkan karena kadar glukosa yang tinggi dapat memicu kenaikan hormon insulin sebagai hormon penyebab jerawat.

Meningkatkan hormon insulin dapat menyebabkan peningkatan pada jumlah sel kelenjar minyak dan kelenjar keringat, sehingga produksi minyak yang lebih kental akan meningkat dan menyebabkan penyumbatan pori-pori. Kondisi tersebut pastinya dapat membuat jerawat menjadi semakin parah karena adanya proses peradangan.

3. Susu beserta olahannya

Tidak hanya makanan manis saja, namun susu beserta produk olahan nya seperti keju, yogurt, es krim, dan lainnya ternyata juga dapat membuat jerawat semakin parah dengan peningkatan hormon insulin didalam tubuh. Selain itu, kadar protein tinggi pada susu juga dapat memicu kompleksitas masalah kulit, dimana dapat memicu adanya inflamasi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan hormon androgen.

Hormon androgen juga merupakan salah satu jenis hormon penyebab jerawat. Meskipun demikian, tidak semua  individu yang mengonsumsi susu dan produk olahan nya akan mengalami hal tersebut karena reaksi pada tubuh akan berbeda-beda bergantung juga dengan kondisi yang dialami lainnya, seperti dalam masa pubertas, kondisi kulit, lingkungan, dan lainnya.

4. Kafein

Jenis yang satu ini juga merupakan makanan atau minuman yang sulit untuk dihindari dalam pola makanan sehari-hari, yaitu makanan dengan kendungan kafein maupun minuman kopi. Perlu diketahui bahwa penting untuk menghindari kafein dan produk olahan nya selama proses penyembuhan jerawat, hal ini disebabkan karena apabila mengonsumsinya secara berlebihan dapat memicu ketidakstabilan hormon didalam tubuh.

Nantinya juga dapat menyebabkan stress sehingga dapat menjadi makanan penyebab jerawat makin parah. Untuk sementara waktu anda dapat mengganti dengan mengonsumsi teh hijau yang baik bagi kulit dan proses penyembuhan jerawat sebagai bagian dari cara menghilangkan jerawat secara alami.

Sponsors Link

5. Makanan berlemak

Makanan berlemak juga sangat perlu diperhatikan untuk dikonsumsi saat kulit berjerawat, karena makanan berlemak dapat berpengaruh jahat terhadap jerawat maupun tubuh. Salah satu efek jahatnya adalah ketika kadar lemak terlalu tinggi pada aliran darah, maka dapat membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel-sel dalam tubuh menjadi lambat. Sehingga sel-sel didalam tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi yang mana kemudian juga menyebabkan kondisi jerawat menjadi semakin parah.

Selain itu, timbunan lemak dalam tubuh juga dapat menyebabkan reaksi hormonal yang meningkatkan produksi sebum pada kulit, sehingga pori-pori kulit menjadi lebih tersumbat. Ketika pori-pori kulit tersumbat maka peradangan tidak dapat dihindari lagi sehingga timbullah jerawat lainnya, dan bahkan juga memperparah kondisi jerawat yang telah ada sebelumnya.

6. Fast food

Makanan yang memperparah jerawat yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah makanan fast food atau juga sering dikenal dengan junk food. Walaupun makanan cepat saji tidak memiliki nutrisi atau nilai gizi yang baik, namun tetap banyak dikonsumsi setiap harinya. Fast food banyak diolah dari karbohidrat dengan indeks glikemik yang tinggi, gula, maupun juga olahan susu yang mana merupakan bagian dari makanan pemicu jerawat terus bermunculan. Terlebih lagi, proses pengolahan yang berkali-kali juga dapat membuat fast food yang dikonsumsi berdampak pada jerawat anda menjadi semakin parah.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang memperparah jerawat. Memang reaksi setiap orang akan berbeda-beda pada apa yang dikonsumsinya, namun tidak akan salah bila anda mulai mengurangi maupun mencoba menjauhinya terlebih dahulu demi proses penyembuhan jerawat pada kulit anda. Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat.

ads
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.