Sponsors Link

Waspada! Berikut 7 Makanan yang Menyebabkan Jerawat Gatal

Sponsors Link

Jerawat normal saja sudah sering meresahkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika jerawat menimbulkan rasa gatal. Jerawat gatal sering menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat seperti stress, emosi yang lebih cepat meningkat, hingga kepercayaan diri yang menurun. Jerawat gatal sendiri banyak disebabkan karena faktor terjadinya iritasi kulit, sebagai efek samping konsumsi obat-obat tertentu, proses peradangan atau infeksi bakteri penyebab jerawat lebih lanjut, hingga alergi. Selain itu, makanan juga diketahui dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat gatal. Beberapa makanan yang menyebabkan jerawat gatal tersebut diantaranya seperti yang akan diulas berikut ini, seperti:

Sponsors Link
  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memang sering dikaitkan sebagai salah satu makanan penyebab timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, kacang-kacangan juga sering diyakini menjadi salah satu makanan yang dapat membuat jerawat menjadi gatal. Kacang sendiri mengandung lemak yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit anda jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kondisi tersebut yang kemudian memberikan dampak pada jerawat, salah satunya adalah menyebabkan jerawat menjadi gatal. Mengkonsumsi kacang-kacangan memang tidak salah, tetapi akan lebih baik jika anda menghindarinya terlebih dahulu saat kulit anda sedang berjerawat dan perhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

  1. Susu dan Produk Turunannya

Anda juga pasti sering menemukan susu dan produk turunannya dalam setiap ulasan makanan yang wajib dihindari saat jerawat maupun agar tidak terkena jerawat. Memang banyak penelitian yang menghubungkan susu dan produk turunannya dengan kondisi jerawat pada kulit. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi susu maupun produk olahannya seperti keju, ice cream, dan lain sebagainya dapat meningkatkan jumlah hormon insulin pada tubuh. Hormon insulin sendiri termasuk dalam jajaran hormon penyebab jerawat, sehingga jika kadar hormon insulin meningkat maka dapat memperparah kondisi jerawat, seperti menyebabkan jerawat menjadi semakin gatal dan meradang.

  1. Gorengan

Bagi sebagian orang, mengonsumsi gorengan ternyata juga dapat berdampak buruk pada kulit. Gorengan sendiri mengandung kandungan minyak dan indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat beresiko seperti memicu pertumbuhan jerawat atau memperparah kondisi jerawat. Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin jerawat anda menjadi gatal anda juga perlu mengurangi konsumsi gorengan atau makanan yang digoreng dan mengandung kandungan minyak yang tinggi.

  1. Makanan Pedas

Selain gorengan, makanan pedas juga sering dikaitkan dengan munculnya jerawat maupun kondisi jerawat yang semakin parah dan gatal. Sebenarnya, makanan pedas justru mengandung senyawa capsaicin sebagai anti inflamasi yang baik bagi jerawat, namun tidak semua orang memiliki kondisi yang sama dan justru banyak pula yang sensitif terhadap makanan pedas. Jadi lebih baik untuk tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan atau terus menerus agar anda dapat terhindar dari masalah jerawat maupun jerawat yang semakin parah.

  1. Cokelat

Cokelat juga ternyata masuk kedalam kategori makanan yang dapat memicu pertumbuhan jerawat dan memperparah kondisi jerawat. Orang yang sering mengonsumsi cokelat biasanya akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi terhadap munculnya jerawat di kulit. Bahkan terdapat penelitian yang menyatakan bahwa cokelat dapat meningkatkan reaksi sistem imun didalam tubuh untuk menghasilkan substansi interleukin. Dimana dapat pula menstimulasikan bakteri penyebab jerawat. Kondisi tersebutlah yang kemudian berakibat pada peradangan yang memicu tumbuhnya jerawat dan memperparah kondisi jerawat pada kulit anda. Jerawat gatal pun juga tidak dapat lepas dalam kondisi tersebut.

  1. Junk Food

Junk food juga merupakan salah satu makanan yang perlu dihindari dan dikurangi konsumsinya jika anda tidak ingin mengalami masalah jerawat. Hal ini juga disebabkan karena mengonsumsi junk food secara berlebih maupun secara rutin dapat meningkatkan resiko munculnya jerawat hingga memperparah kondisi jerawat. Beberapa junk food diantaranya adalah seperti burger, kentang goreng, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Kopi

Siapa sangka bahwa kopi atau minuman yang mengandung kafein ternyata juga dipercaya dapat membuat kondisi jerawat semakin parah. Walaupun hal ini masih sering diperdebatkan, namun tidak ada salahnya jika anda mulai mengurangi konsumsi kopi terutama jika kulit anda dalam kondisi berjerawat. Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat mempengaruhi siklus tidur anda, hingga mengalami insomnia. Terlalu sering begadang atau kurang tidur juga dapat menyebabkan meningkatnya produksi sebum pada kulit, sehingga kulit akan semakin berminyak.

Selain itu, mengonsumsi kopi atau kafein juga dapat membuat tubuh menjadi lebih peka terhadap stress. Dimana stress dapat meningkatkan kadar hormon kortisol didalam tubuh yang nantinya mampu meningkatkan kinerja kelenjar minyak pada kulit. Kondisi tersebut tentunya tidak baik karena produksi sebum akan meningkat dan kulit menjadi semakin berminyak yang mana dapat pula memperparah kondisi jerawat anda, seperti membuat jerawat semakin gatal.

Walaupun makanan-makanan diatas dapat tergolong dalam makanan yang menyebabkan jerawat gatal, tetapi respon tubuh setiap orang berbeda-beda. Jika dikonsumi tidak terlalu sering dan masih dalam batas normal, maka resiko buruk yang disebabkan pun masih dapat dihindari.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.