Sponsors Link

7 Manfaat Air Garam untuk Jerawat yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sebelum jerawat datang, Anda harus pintar menjaga kesehatan kulit agar jauh darinya. Terlebih lagi jika kulit Anda termasuk kulit berminyak dan berjerawat, segala cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo serta cara merawat wajah agar tidak berjerawat harus dilakukan. Karena jika segala sesuatu tentang jerawat sudah muncul, Anda pasti merasa resah dan sebal. Bagaimana tidak, ada banyak dampak psikologis akibat jerawat yang akan muncul. Salah satunya adalah menurunnya kepercayaan diri seseorang karena penampilannya yang tidak sempurna.

Sponsors Link

Ada banyak cara menghilangkan jerawat baik secara medis maupun secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sudah banyak manfaat lemon untuk jerawat, manfaat madu untuk jerawat, manfaat lidah buaya untuk jerawat, atau manfaat tomat untuk jerawat yang diketahui dan dipraktikkan oleh masyarakat. Tapi tahukah Anda, ada satu lagi bahan alami dari dapur Anda yang punya manfaat baik untuk jerawat. Adalah air garam atau air yang diberi campuran garam yang punya banyak manfaat untuk jerawat. Apa saja sih manfaat bumbu dapur yang asin ini untuk jerawat? Yuk kita simak bersama!

1. Membunuh bakteri pada jerawat

Tahukah Anda mengapa jerawat bisa terjadi? Selain berbagai penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah karena debu atau kotoran yang bercampur dengan minyak di wajah dan meradang.

Debu atau kotoran mengandung banyak bakteri yang bisa dibunuh secara efektif oleh air garam. Garam memiliki kandungan alami untuk mengeluarkan semua racun dan mencegah dampak negatif yang berbahaya di dalam tubuh. Sifat garam yang aam juga membuat bakteri tidak bisa berkembang biak. Oleh karena itulah air garam menjadi salah satu cara mencegah jerawat secara alami yang banyak dilakukan.

2. Mengeluarkan semua racun dari dalam kulit

Detoksifikasi atau proses mengeluarkan semua racun yang ada di dalam kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat timbul di kulit. Jerawat tidak hanya dipengaruhi oleh faktor dari luar saja seperti debu atau kotoran, tetap juga bisa berasal dari dalam tubuh seperti banyaknya racun dan darah kotor dalam darah. Garam menjadi salah satu tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat yang efektif.

Menyiramkan air garam ke wajah akan membersihkan kotoran hingga pori-pori terdalam dan membantu mengeluarkan semua racun yang ada di dalam kulit agar tidak menjadi jerawat.

3. Menjaga keseimbangan pH alami kulit

Kadar pH alami kulit dilihat dari kadar asam yang ada. Jika keseimbangan pH ini terganggu, maka berbagai masalah kulit termasuk jerawat akan menyerang dengan mudah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pH yang tidak seimbang pada kulit. Antara lain adalah tidak cocok dengan sabun wajah yang digunakan, terlebih lagi jika Anda tidak melakukan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Paparan sinar UV berlebihan dan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh juga bisa menyebabkan pH tidak seimbang.

Air garam akan meningkatkan produksi asam amino pada lapisan terluar kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan membentuk lapisan baru yang mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Sponsors Link

4. Mencegah terjadinya iritasi kulit

Debu, kotoran, dan bakteri yang menempel pada kulit wajah tidak hanya bisa menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi juga menyebabkan iritasi kulit. Iritasi jika dibiarkan dan tidak diatasi akan menjadi jerawat yang meradang.

Iritasi biasanya terjadi pada kulit yang kering, karena kurang produksi sebum yang bisa melindungi kulit wajah. Sebum jika tidak berlebihan sebenarnya bisa menjadi pelembab alami yang baik untuk kulit. Kandungan kromium pada air garam sangat efektif untuk mencegah iritasi pada permukaan kulit terluar yang diakibatkan oleh debu, kotoran, dan bakteri.

5. Menekan produksi sebum pada wajah

Salah satu penyebab jerawat tumbuh adalah produksi sebum yang berlebihan di wajah. Sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori kulit wajah dan jika meradang akan menjadi jerawat. Tingginya produksi sebum biasanya terjadi pada kulit berminyak, yang kemudian memicu tumbuhnya jerawat batu.

Terdapat kandungan senyawa zat besi dan zinc pada air garam yang bisa menekan tingginya produksi sebum. Air garam yang merupakan bahan alami tidak berbahay bagi kulit Anda dan tidak memiliki efek samping apa-apa. Rajinlah mencuci wajah dengan air garam minimal 2 hari sekali untuk hasil yang terbaik.

ads

6. Mengecilkan pori-pori kulit

Salah satu faktor utama terjadinya jerawat adalah karena penyumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit oleh sebum yang bercampur dengan debu dan kotoran. Campuran kedua zat ini kemudian meradang dan memunculkan jerawat. Pori-pori kulit wajah dapat membesar karena berbagai hal, misalnya krim atau perawatan yang Anda lakukan selama ini tidak cocok dengan kulit Anda, atau lupa membilas wajah dengan air dingin setelah cuci wajah dengan air hangat.

Air garam sangat baik untuk mengecilkan pori-pori kulit karena memiliki sifat eksfoliasi, yang dilakukan oleh kandungan mineral dalam garam yaitu sulfur, magnesium, potassium, kromium, dan iodine. Dengan demikian garam mampu membersihkan wajah hingga pori-pori terdalam, mengangkat sel kulit mati, serta menyumbat pori-pori kulit agar tidak ditumbuhi jerawat. Anda juga bisa melakukan cara mengecilkan pori pori bekas jerawat dengan es batu sebagai pencegahan.

7. Menyamarkan bekas jerawat secara alami

Setelah jerawat, permasalahan lain yang sangat mengganggu adalah bekas jerawat membandel yang susah hilang. Air garam memiliki manfaat ganda untuk menyembuhkan jerawat yang masih aktif sekaligus menyamarkan bekas jerawat membandel dengan cepat.

Salah satu manfaat garam adalah sebagai scrub alami untuk wajah berminyak dan berjerawat karena memiliki sifat eksfoliasi, yaitu mengangkat sel kulit mati. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam garam juga secara efektif akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Sulfur dan belerang di dalam air garam secara perlahan akan memperbaiki tekstur kulit yang bopeng dan seperti parut.

Cara Membuat Air Garam untuk Kulit Berjerawat

Membuat air garam untuk dijadikan pencuci muka atau penyegar wajah sangatlah mudah. Bahan yang Anda butuhkan adalah garam beriodium dan air bersih secukupnya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 sendok makan garam dapur dan 700 ml air.
  • Larutkan garam di dalam air hingga tercampur rata.
  • Cuci wajah Anda dengan air garam, lalu biarkan hingga air meresap dan kulit Anda kering dengan sendirinya.
  • Bilas wajah dengan air biasa yang bersih.
  • Gunakan pelembab wajah setelahnya. Pilih pelembab wajah untuk kulit berminyak agar jerawat tidak semakin parah.

Itulah berbagai manfaat air garam untuk jerawat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Menggunakan bahan alami seperti garam untuk perawatan kulit tidak mendatangkan efek samping yang tidak diinginkan seperti jika Anda menggunakan perawatan kecantikan berbahan kimia. Selamat mencoba ya!

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.