Sponsors Link

11 Manfaat Alpukat untuk Jerawat dan Bekas Jerawat

Sponsors Link

Hmm siapa sih yang nggak suka sama buah yang satu ini? Selain mengandung banyak lemak sehat yang berguna sekali untuk tubuh, alpukat juga sudah lama terkenal memiliki segudang khasiat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wanita. Banyak produk kecantikan mulai dari hand body lotion, krim wajah, dan sabun pencuci muka yang diberi ekstrak buah alpukat. Alpukat memiliki banyak khasiat baik untuk kulit berjerawat. Apa sajakah itu? Yuk simak Manfaat Alpukat untuk Jerawat berikut ini!

Sponsors Link

Baca juga

1. Alpukat bisa jadi pelembab wajah alami

Di dalam sebuah alpukat terkandung banyak vitamin baik yang tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan. Salah satunya yaitu vitamin B7 atau biotin. Satu buah alpukat mengandung 2-6 mikrogram vitamin B7. Vitamin B7 sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, karena tubuh yang kekurangan asupan vitamin B7 pada permukaan kulitnya akan muncul ruam merah, bertekstur kering dan bersisik.

Baca juga

Oleh karena itu, alpukat dapat digunakan sebagai pelembab alami wajah. Haluskan buat alpukat secukupnya, kemudian campur dengan yogurt dan madu. Yogurt dapat meningkatkan regenerasi kulit sehingga membuat kulit lebih cerah. Oleskan masker ke wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan masker selama kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah. Kondisi wajah yang lembab akan membantu bekas jerawat cepat kering dan segera hilang.

2. Alpukat kaya akan anti oksidan

Anti oksidan adalah salah satu zat terpenting yang dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Zat anti oksidan yang alami juga dapat ditemukan di dalam satu buah alpukat! Vitamin E dan karotenoid, zat yang terkandung dalam alpukat ini dapat menangkal radikal bebas agar tidak masuk ke dalam kulit. Karotenoid juga dapat menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan kadar air dalam kulit.

Anti oksidan sangat dibutuhkan oleh kulit berjerawat. Anti oksidan dapat menangkan bakteri-bakteri yang dibawa oleh radikal bebas dan menjadikan kulit bebas dari jerawat.

Baca juga:

3. Mengembalikan kekencangan kulit setelah terkena jerawat

Kulit yang terkena jerawat jelas bukan termasuk kulit yang sehat. Kulit berjerawat mengalami kerusakan pada lapisan permukaannya setelah terkena jerawat. Bagaimana mengembalikan kekenyalan dan kekencangan kulit pasca serangan jerawat pada kulit? Alpukat solusinya! Haluskan buah alpukat secukupnya lalu campur dengan madu. Gunakan pada wajah sebagai masker, diamkan selama 15 menit. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu dan kulit Anda akan kenyal seperti kulit bayi!

Sponsors Link

Baca juga

4. Alpukat adalah pembersih wajah alami

Kulit berjerawat dan rentan terkena jerawat memang harus dirawat dengan ekstra hati-hati. Jerawat dengan mudah bersarang di kulit karena kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit hingga menyumbat pori-pori wajah. Anda yang punya kulit berjerawat harus rajin membersihkan wajah baik setelah keluar rumah maupun setelah memakai kosmetika. Jika penggunaan kosmetik perawatan kulit membuat Anda khawatir jerawat akan semakin bertumbuh, maka Anda bisa beralih ke perawatan yang alami dengan menggunakan buah alpukat.

Bersama dengan kuning telur dan susu, alpukat bisa menjadi pasukan pembersih wajah paling ampuh bagi Anda! Campur ketiga bahan diatas dan gunakan sebagai masker. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan bersih. Lakukan perawatan teratur, dan kulit bersih bebas jerawat akan menjadi milik Anda!

Baca juga

5. Alpukat bisa jadi solusi wajah berminyak

Jerawat memang rentan muncul pada kulit cenderung berminyak. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat folikel rambut pada kulit wajah yang akhirnya memunculkan jerawat. Siapa tahu kalau buah alpukat ternyata juga bisa merawat kulit berminyak dan berjerawat! Caranya mudah. Campurkan daging buah alpukat yang telah dihaluskan dengan putih telur dan air perasan lemon. Campur ketiga bahan tersebut, gunakan sebagai masker secara teratur. Hasilnya, kulit lembab tanpa minyak berlebih dan jerawat akan jadi milik Anda!

Baca juga

6. Hilangkan bekas jerawat dengan alpukat

Setelah jerawat, bekas jerawat yang menghitam juga menjadi permasalahan wajah yang meresahkan. Jika Anda ingin mencoba cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat tanpa takut dengan efek samping yang ditimbulkan, ambil saja daging buah alpukat yang sudah matang, lalu hancurkan. Campur buah alpukat ini dengan beberapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan ke wajah sebagai masker, diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai bekas jerawat menghilang dari wajah Anda.

Baca juga

Kandungan Alami Buah Alpukat

1. Lemak tak jenuh

Alpukat sangat terkenal memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang tinggi. Asam yang terkandung dalam lemak tak jenuh ini ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi kulit. Lemak yang dikandung oleh buat alpukat adalah asam lemak poli tak jenuh tunggal yang sehat sehingga bisa melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan radikal bebas. Kandungan asam lemak ini juga menjaga kelembaban kulit Anda dan menjadikan kulit tampak lembut dan sehat. Asam lemak sehat ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan gejala peradangan.

Baca juga:

2. Kandungan anti oksidan yang tinggi

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam buah alpukat mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas dihasilkan dari paparan polusi langsung pada kulit maupun sisa-sisa makanan dan telah dicerna oleh tubuh. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kulit. Alpukat mengandung banyak zat anti oksidan yang mampu melindungi kulit seperti karotenoid, vitamin E, dan vitamin C. Karotenoid mampu mempromosikan kadar air dalam tubuh serta menjaga elastisitas kulit dan menghindarkan kulit dari kerusakan. Vitamin E akan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet secara langsung. sedangkan vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kulit sangat membutuhkan kolagen untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit.

Baca juga:

Sponsors Link

3. Kandungan vitamin B7 yang tinggi

Dalam satu buah alpukat terdapat kandungan 2 sampai 6 mikrogram vitamin B7. Jumlah ini setara dengan 6 sampai 16 persen asupan harian vitamin B7 yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B7 adalah bagian dari vitamin B kompleks yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Kekurangan asupan vitamin B7 akan menyebabkan kekeringan pada kulit dan munculnya ruam merah.

Baca juga:

4. Kandungan sterolis yang tinggi

Buah alpukat mengandung zat bernama sterolis yang akan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini. Kandungan sterolis yang tinggi membuat alpukat mampu mencegah dan memperlambat munculnya kerutan dan flek hitam pada wajah. (Baca Juga: Obat Jerawat Korea , Bahaya Penggunaan Antibiotik Jerawat)

5. Mineral dan Kalium dalam alpukat cukup tinggi

Mineral dan kalium yang terkandung di dalam buah alpukat jiga cukup tinggi. Kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Mineral dan kalium mampu membuat kulit wajah tampak kencang, kenyal dan awet muda.

Baca Juga:

Alpukat selain baik untuk kesehatan tubuh juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Jadi, jangan ragu lagi yang untuk menjadikan alpukat salah satu komponen dalam perawatan kecantikan kulit Anda!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 01:19 Oleh :
Kategori : Herbal