Sponsors Link

6 Manfaat Astringent untuk Jerawat Super Ampuh

Sponsors Link

Manfaat Astringent untuk jerawat ternyata sangat beragam. Astringent bukan hanya dapat digunakan untuk proses membersihkan wajah tetapi juga dapat berfungsi untuk mengurangi wajah yang memiliki jerawat yang banyak dan meradang. Berikut ini Kita akan membahas mengenai seluk beluk astringent dan manfaatnya bagi kulit yang memiliki masalah jerawat.

Sponsors Link

Artikel terkait:

Sebelum pembahasan mengenai manfaat astringent, kita akan terlebih dahulu membahas apakah astringent itu sebenarnya. Astringent adalah sebuah zat yang dapat mengikat jaringan hidup dan mengecilkannya. Astringent umumnya bersifat asam dan dapat berasal dari zat alami pada tumbuhan ataupun zat kimia sintesis. Meskipun begitu, ini dari Astringent tetap sama yaitu mengikat jaringan hidup dan mengecilkannya. Sifat inilah yang menyebabkan Astringent banyak digunakan dalam dunia medis, namun umumnya Astringent digunakan untuk pengobatan kulit (Baca juga: Manfaat Astaxanthin untuk Jerawat).

Jerawat sendiri adalah salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi. Jerawat banyak terjadi pada usia remaja dan wanita dewasa. Seringkali jerawat terjadi di bagian wajah, namun beberapa orang juga mengalami masalah jerawat meskipun sudah di luar usia remaja, laki – laki, dan jerawat di anggota tubuh lainnya seperti punggung.

Artikel terkait:

Pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya adalah dengan menggunakan Astringent ini. Astringent dianggap salah satu yang cukup ampuh dalam mengurangi masalah jerawat, khususnya jerawat di wajah. Berikut ini adalah uraian lengkap manfaat Astringent untuk jerawat.

1. Astringent untuk Mengurangi Produksi Minyak

Astringent memiliki fungsi mengikat jaringan hidup dan mengecilkannya, oleh karena itu Astringent dapat membantu mengikat jaringan di bwah kulit yang memproduksi minyak. Hal ini tentu akan membantu membatasi produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Minyak yang berlebihan diklaim merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat yang menganggu.

Artikel terkait:

Bagi Anda yang memiliki jerawat, Astringent akan membantu mengurangi jumlah jerawat karena produksi minyak akan dibatasi. Jumlah jerawat juga tidak bertambah dengan aplikasi Astringent secara rutin. Anda tidak perlu khawatir jika takut menggunakan Astringet dari bahan kimia karena Astringen bisa digunakan dari jeruk lemon atau jeruk nipis (tanaman citrus) karena jenis tanaman ini memiliki sifat yang sama dengan Astringent ini yaitu mengikat jaringan penghasil minyak di bawah kulit.

2. Astringent sebagai Anti-Bakteri

Seperti yang telah diketahui, kebanyakan jerawat muncul akibat aktifitas bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini menginfeksi kulit yang tidak sehat (terlalu banyak minyak, pori – pori tersumbat, banyaknya kulit mati, dll) dan menyebabkan munculnya jerawat. Astringet sangat membantu dalam mengurangi aktifitas bakteri penyebab jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Hak ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, karena jerawat akan berkurang dan lebih cepat sembuh. Astringent juga akan mencegah jerawat muncul kembali atau bertambah.

Baca juga:

Sponsors Link

3. Astringent untuk Memperkecil Pori – Pori

Jerawat juga dapat muncul karena pori – pori yang besar seperti kulit jeruk. Pori – pori yang besar akan mempermudah masuknya bakteri dan keluarnya minyak secara berlebih. Hal ini memungkinkan munculnya jerawat secara terus menerus. Astringent yang memiliki sifat mampu menyusutkan jaringan juga dapat membantu memperkecil pori – pori. Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah munculnya jerawat karena bakteri akan terhindar masuk ke dalam kulit dan produksi minyak akan lebih terkontrol.

Artikel terkait:

Hal yang perlu diingat adalah, penggunaan Astringent untuk fungsi ini perlu dibatasi. Hal ini dikarenakan pori – pori yang terlalu kecil dapat menyebabkan tersumbatnya produksi minyak normal dan menyebabkan jerawat muncul.

4. Astringent untuk Mengurangi Peradangan

Jerawat yang sudah muncul dan meradang sangat mengganggu, oleh karena itu peran Astringent sangat dibutuhkan. Astringent membantu meredakan peradangan dan kemerahan di jerawat. Hal ini akan membantu jerawat pulih dengan cepat dan lebih efektif meredakan nyeri di tempat yang berjerawat. Kandungan astringent yang dipercaya dalam mengurangi peradangan antara lain, adalah:

  • Witch Hazel
  • Chamomile
  • Minyak atsiri alami dari tumbuhan dan yang lainnya

Artikel terkait:

ads

5. Astringent untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Jerawat juga bisa diakibatkan banyaknya sel kulit mati yang menempel dan menyumbat pori – pori. Penggunaan Astringent dapat membantu mengurangi jerawat karena dapat membersihkan kulit mati. Astringent mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan sisa make up yang dipercaya menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Kandungan dalam Astringent berupa minyak atsiri tumbuhan merupakan salah satu yag membantu pengelupasan sel kulit mati di kulit.

Baca juga:

6. Astringent untuk Melindungi Lapisan Kulit

Beberapa astringent diperkaya dengan minyak atsiri yang dapat memberikan kelembaban ekstra bagi kulit yang berjerawat. Biasanya kulit yang berjerawat sangat mudah memerah, kering, dan mengelupas akibat kekurangan kelembaban karena pori – pori yang tersumbat. Kandungan dalam astringent berupa minyak atsiri dapat melindungi kulit dari kekeringan. Selain itu, astringent juga terkadang diperkaya anti sinar UV yang membantu kulit yang berjerawat tidak bertambah parah (breakout) jika berkatifitas di luar ruangan.

Baca juga:

Meskipun penggunaan astringent diajurkan untuk beberapa kondisi wajah yang berjerawat namun penggunaannya terkadang juga dibatasi. Hal ini dikarenakan penggunaan astringent dalam jumlah berlebihan akan mengikat jaringan kulit yang terlalu banyak dan khawatirnya jaringan kulit yang sehat akan ikut terikat dan menyebabkan kulit menjadi iritasi. Selain itu, pengunaan bahan dasar astringent sangat penting untuk diperhatikan. Hindari menggunakan astringent berbahan dasar alkohol karena akan membuat kulit memerah, iritasi, atau mengelupas. Penggunaan astringent juga lebih disarankan bagi pemiliki kulit berminyak. Pemilik kulit yang cenderung kering sangat tidak disarankan menggunakan astringent karena dapat membuat kulit memerah dan iritasi. Semoga artikel ini dapat membantu dalam penggunaan astringent yang tepat bagi kulit yang berjerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan