Sponsors Link

7 Manfaat Bawang Merah untuk Jerawat dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, dunia kecantikan pun juga ikut berkembang. Kini ada berbagai teknologi mutakhir yang ditawarkan klinik dan dokter kecantikan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat. Namun tahukah Anda bahwa rahasia obat jerawat paling ampuh ada di dalam dapur Anda sendiri? Ya, bawang merah yang selama ini kita kenal sebagai bumbu penyedap segala masakan ternyata memiliki kandungan tersembunyi yang bisa menyembuhkan jerawat Anda! Apa saja zat yang dikandung dalam sebutir bawang merah dan bagaimana manfaat bawang merah untuk jerawat ini ? Simak artikelnya!

Sponsors Link

Baca juga

1. Bawang merah mengandung banyak antioksidan

Dalam setiap butir bawang merah terdapat banyak zat antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Antioksidan mampu menjaga kesehatan kulit dan membersihkan kotoran serta bakteri yang ada di dalam kulit. Kulit yang bersih akan terhindar dari jerawat. Anda bisa menggunakan bawang merah ini untuk mencegah timbulnya jerawat.

Caranya adalah dengan membasuh lalu memijat-mijat wajah Anda dengan air perasan bawang merah yang masih segar. Tidak hanya bisa mencegah datangnya jerawat, merawat kulit dengan bawang merah juga mampu melawan penuaan dini pada kulit. Paparan sinar Ultra Violet membuat kulit mudah kering dan keriput. Bawang merah bisa menjaga kekencangan kulit dan membuat Anda tampil lebih muda.

Baca juga

2. Menghentikan peradangan pada jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan kita. Jerawat yang baru saja muncul berwarna kemerahan, nyeri, dan terasa gatal. Jika dibiarkan jerawat bisa menjadi semakin parah dan meradang. Peradangan pada jerawat ditandai dengan jerawat yang semakin memerah dan bernanah. Jerawat jenis ini terasa sakit dan nyeri di kulit.

Salah satu bahan alami yang dapat menghentikan peradangan para jerawat adalah bawang merah. Caranya, haluskan bawang merah secukupnya lalu campur dengan minyak zaitun. Oleskan pada bagian jerawat yang meradang, biarkan hingga 10 menit. Bawang merah akan menghentikan proses peradangan dan mempercepat pengeringan jerawat.

Baca juga

3. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Bawang merah mengandung banyak vitamin C yang sangat membantu menjaga kelembaban kulit, kulit tetap sehat dan bersinar alami. Oleh karena itu bawang merah dapat membantu menghilangkan bekas jerawat Anda secara alami. Anda dapat membuat masker dari bawang merah dan mencampurnya dengan bahan-bahan yang lain. Caranya, campurkan satu setengah sendok makan air perasan bawang merah yang masih segar, setengah sendok teh susu full cream, dan sejumput bubuk pala. Campurkan ketiga bahan tersebut, hingga membentuk pasta yang kental. oleskan ke seluruh wajah Anda. Jangan lupa mencuci wajah hingga bersih sebelum memakai masker ini, ya. Diamkan masker selama 15 hingga 20 menit. Bersihkan masker dengan mencuci wajah menggunakan air dingin.

ads

Baca juga:

Efek Samping Bawang Merah untuk Mengobati Jerawat

Bawang merah memang terbukti sangat ampuh untuk mengobati jerawat dan membantu menghilangkan bekasnya. Jerawat yang meradang bisa lebih cepat kering setelah dirawat dengan bawang merah. Demikian juga dengan bekas jerawat yang bisa lebih cepat hilang bila dirawat dengan bawang merah. Namun, apakah penggunaan bawang merah untuk jerawat ini tidak ada efek sampingnya? Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan bawang merah sebagai obat untuk menghilangkan jerawat.

Baca juga:

1. Kulit terasa panas dan perih

Jika Anda belum pernah menggunakan bawang merah sebagai obat penyembuh jerawat, jangan mengoleskan bawang ke wajah Anda dalam keadaan utuh. Bawang merah yang masih utuh akan terasa panas ketika bersentuhan dengan kulit wajah. Rasa panas ini juga menimbulkan rasa perih saat bawang dioleskan pada jerawat. Jika rasa perih dan panas tidak kunjung reda, segera cuci wajah Anda dengan air hangat kuku, lalu basuh lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Untuk menghindari inflamasi, jangan langsung mengaplikasikan bawang merh sebagai masker pada pemakaian pertama, terlebih jika kulit Anda termasuk kulit yang sensitif.

Baca juga: Cara mengatasi jerawat akibat alergi makanan

2. Bawang merah membuat mata terasa pedas

Jika kita mengiris bawang merah sebagai bumbu, lama kelamaan mata kita akan terasa pedas dan mengeluarkan air mata. Hal ini juga terjadi ketika Anda menggunakan bawang merah sebagai perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat. Hati-hati ketika Anda mengoleskan bawang merah ke wajah Anda. Pastikan Anda mengoleskan masker tersebut tipis-tipis saja. Kalau Anda merasakan pedas yang amat sangat di mata saat pemakaian masker, segera cuci wajah dengan air hangat, kemudian air dingin untuk menutup pori.

Baca juga: Jerawat di mata

3. Bawang merah meninggalkan aroma yang sangat kuat

Sama halnya seperti bumbu dapur lainnya, bawang merah memiliki aroma yang sangat kuat dan dapat bertahan selama beberapa saat. Pernahkah Anda mencium tangan Anda setelah memasak dengan bawang merah? Aromanya masih tertinggal meski sudah berlalu selama beberapa jam, bukan? Inilah yang akan terjadi pada wajah Anda jika Anda memilih menggunakan bawang merah sebagai obat untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat. Aroma bawang merah akan menempel di wajah Anda selama beberapa saat. Tahan saja dengan baunya, ya.

Baca juga: Bahaya jerawat pasir

Sponsors Link

4. Bawang merah bisa menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit

Jika kulit wajah Anda termasuk tipe kulit sensitif, maka Anda patut berhati-hati sebelum mengoleskan bawang merah ke wajah Anda. Bawang merah dapat menyebabkan iritasi dan ruam merah pada kulit. Sifat bawang merah yang pedas juga bisa menyebabkan inflamasi hingga kulit Anda menjadi kemerahan seperti terbakar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk Anda melakukan uji alergi sebelum menggunakan perawatan bawang merah. Caranya, oleskan bawang merah pada sebagian kecil kulit tangan Anda. Tunggu reaksinya setidaknya hingga 24 jam setelah Anda mengoleskan bawang merah. Jika Anda tidak merasa gatal, panas, dan tidak muncul ruam, maka Anda bisa melakukan perawatan jerawat dengan bawang merah.

Baca juga:

Bawang merah, bumbu dapur yang kita jumpai setiap hari ternyata memiliki manfaat yang besar untuk menghilangkan jerawat. Jika Anda tertarik untuk merawat jerawat dengan bawang merah, jangan lupa untuk melakukan uji alergi dulu pada kulit Anda, ya. Jangan sampai perawatan jerawat yang ingin Anda lakukan justru menimbulkan iritasi di kulit Anda ya! Selamat mencoba!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal