Sponsors Link

5 Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Meradang dan Bekasnya

Sponsors Link

Bawang putih selama ini hanya dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih sedap. Tapi tahukah Anda kalau bawang putih ternyata sangat bermanfaat untuk kecantikan? Bawang putih dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu secara tradisional. Buat Anda yang belum tahu, jerawat batu adalah salah satu jerawat yang sudah meradang dan berbahaya. Jerawat ini biasanya berisi darah dan nanah serta terasa nyeri di wajah. Selain jerawat batu, terdapat macam jenis jerawat dan cara mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti bawang putih. Menghilangkan jerawat dengan bahan alami menjadi pilihan wanita dan pria karena dinilai lebih aman dan minim efek samping, meski manfaatnya baru bisa dirasakan dalam waktu yang cukup lama.

Sponsors Link

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk jerawat karena bahan alami yang ada di dalamnya. Kandungan yang dimiliki bawang putih yaitu alicin bisa menjadi obat yang ampuh untuk jerawat. Alicin bekerja sebagai anti bakteri dan antiviral yang bisa mengurangi peradangan pada jerawat dan area di sekitar jerawat. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat:

1. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Tumbuhnya jerawat di wajah salah satunya karena bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini akan terus berkembang dan membuat kondisi jerawat semakin parah jika tidak segera diatasi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat bawang putih untuk jerawat meradang adalah kandungan zat alicin yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika bakteri dalam jerawat sudah hilang, maka proses peradangan akan segera berhenti.

2. Menghentikan peradangan pada jerawat

Selain antibiotik, kandungan lain yang dimiliki bawang putih adalah zat antiviral. Zat ini mampu menghentikan peradangan pada jerawat. Peradangan ditandai dengan jerawat yang semakin memerah, kadang berisi nanah, dan terasa nyeri meski tidak disentuh. Gunakan bawang putih untuk meredakan peradangan pada jerawat dan menghentikan jerawat terus bertumbuh.

3. Menenangkan kulit di sekitar jerawat

Ketika jerawat tumbuh, kulit di area lain juga akan terkena efek sampingnya. Umumnya kulit wanita atau pria yang berjerawat menjadi sangat kering. Sedangkan kulit di sekitar area jerawat akan ikut meradang dan memerah. Mengoleskan bawang putih di jerawat dan kulit di sekitarnya akan membantu meredakan kemerahan pada kulit di sekitar area jerawat. Kulit di sekitar jerawat juga bisa terasa nyeri akibat jerawat yang semakin meradang.

4. Mempercepat penyembuhan jerawat

Jerawat harus diatasi dengan cara yang tepat agar segera hilang. Salah satu ciri ciri jerawat akan sembuh adalah jika peradangan sudah berhenti. Berhentinya peradangan pada jerawat ditandai dengan jerawat yang mulai mengecil dan mengering. Bawang putih akan membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat karena mampu membunuh semua bakteri penyebab jerawat dengan kandungan zat alami yang dimilikinya.

5. Mencegah jerawat muncul lagi

Satu lagi kandungan alami di dalam bawang putih adalah minyak astiri. Kadar minyak astiri pada bawang putih tergolong tinggi. Minyak alami ini sangat bermanfaat untuk jerawat. Salah satunya adalah mencegah jerawat untuk kembali lagi. Bawang putih mampu menghilangkan jerawat hingga akarnya dan membunuh semua bakteri yang ada hingga jerawat tidak akan muncul lagi.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat meradang. Melakukan perawatan dengan alami harus dilakukan dengan hati-hati karena tanpa pengawasan dokter. Bahan alami bukan berarti tanpa efek samping. Sebelum memilih bawang putih untuk mengobati jerawat, ketahui dulu bahaya bawang putih untuk jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 21:53 Oleh :
Kategori : Herbal