Sponsors Link

Manfaat Belimbing Sayur Untuk Jerawat

Sponsors Link

Menghadapi permasalahan kulit wajah seperti jerawat memang gampang-gampang susah. Banyak diantara mereka yang tidak sabar, malah cenderung menggunakan cara instan seperti memencet jerawat atau menggunakan produk berbahan kimia yang tentu berbahaya. Setidaknya, hal ini pasti menimbulkan risiko yang cukup signifikan, mulai dari bekas jerawat hingga infeksi lainnya yang disebabkan oleh bakteri di tangan.  Nah, bagi anda yang juga tengah menghadapi persoalan serupa, sepertinya cara mencegah jerawat alami bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu tersebut.

Sponsors Link

Belimbing sayur atau lebih dikenal juga dengan nama belimbing wuluh merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat untuk jerawat membandel. Banyak juga bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat seperti manfaat temulawak untuk jerawat, manfaat madu untuk jerawat, serta Manfaat daun kemangi untuk jerawat. Belimbing sayur juga termasuk bahan alami pencegah jerawat. Catatan yang perlu diperhatikan adalah memanfaatkan belimbing sayur ini dengan rutin dan maksimal. Hasilnya, dalam hitungan minggu kulit wajah yang penuh jerawat akan segera mengempis dan hilang bekasnya. Seperti apa manfaat yang terdapat dalam belimbing sayur ini sebagai cara mengatasi jerawat? Simak uraiannya berikut ini.

1.Memusnahkan Bakteri

Kandungan vitamin C yang tinggi serta asam sitrat dan asam aminonya membantu proses pemusnahan bakteri penyebab jerawat. Dengan memusnahkan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah , maka jerawat tersebut tidak akan menyebar ke area wajah lainnya.

2. Analgetik

Pernah merasakan jerawat yang sakit jika ditekan, atau terkadang terasa nyeri? Hal ini wajar dialami karena jerawat merupakan bentuk peradangan kulit. Rasa sakit pada jerawat tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan masker belimbing sayur yang dicampurkan dengan garam. Akan tetapi, anda yang memiliki kulit sensitif atau sedang terluka untuk tidak sering menggunakan campuran masker ini.

3. Sebagai Antioksidan

Selain flavonoid, belimbing sayur juga mengandung ion kalium, mineral, fenolat, cyamidin, dan berbagai antioksidan lainnya. Hal ini tentunya merupakan kabar yang baik untuk kulit wajah anda, karena kandungan antioksidan tersebut dapat mempercepat regenerasi sel kulit dan membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang terpapar kosmetik serta radikal bebas. Antioksidan alami yang terdapat dalam belimbing sayur ini bisa menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah akibat jerawat.

Sponsors Link

4. Menjaga kestabilan hormon

Cara efektif untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan belimbing sayur. Ya, manfaat belimbing sayur lainnya adalah mampu menjaga kestabilan hormon, sehingga jerawat pun bisa dicegah. Kandungan berbagai vitamin seperti A, C, dan E yang ada di dalamnya, akan menyeimbangkan hormon dan mengurangi tumbuhnya jerawat terutama disaat masa menstruasi.

5. Anti Radang

Jerawat seringkali menimbulkan efek peradangan seperti bengkak, kebiruan, kemerahan, dan sejenisnya. Belimbing sayur terbukti mampu mengurangi peradangan tersebut karena kandungan flavonoid, dan vitamin C yang dimilikinya. Dengan rutin mengonsumsi atau menggunakannya sebagai masker, butiran jerawat yang mengalami radang akan pulih secara cepat. Jadi, belimbing sayur bisa menjadi cara mengempeskan jerawat secara alami.

Memanfaatkan belimbing sayur untuk jerawat dan kecantikan kulit wajah, bisa dilakukan dengan tiga cara. Selain menggunakannya sebagai masker, anda bisa juga menggunakan perasan belimbing untuk mencuci muka, serta langsung mengonsumsi belimbing sayur untuk mencari manfaatnya dari dalam. Berikut adalah ketiga cara untuk memanfaatkan belimbing sayur tersebut: 

Sponsors Link

  • Jika hendak digunakan sebagai masker, anda bisa menghaluskan belimbing sayur menggunakan parut atau blender, kemudian mengoleskannya pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.
  • Untuk digunakan sebagai pencuci muka, ambil perasan belimbing sayur sebanyak 4 sdm, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Mengonsumsi langsung belimbing sayur yang bisa dibuat sebagai jus atau dicampurkan dalam sayuran.

Demikian artikel tentang Manfaat Belimbing Sayur Untuk Jerawat yang bisa menjadi bahan referensi untuk anda di rumah. Semoga bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 20th, October 2017 / 04:11 Oleh :
Kategori : Pengobatan