Sponsors Link

6 Manfaat Cuka Untuk Mengatasi Jerawat

Sponsors Link

Dewasa ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal telah jamak dilakukan. Ada banyak penyebab timbulnya jerawat di wajah dan sumber herbal dikenal dapat membasmi berbagai masalah jerawat yang seakan terus menerus muncul di kulit kita tanpa diundang, namun pada akhirnya selalu meninggalkan bebas yang tentu sangat menjengkelkan. Nah, diantara berbagai pilihan sumber herbal yang anda gunakan untuk pengobatan jerawat, mungkin anda merasakan kekurangcocokan. Cuka merupakan salah satu solusi yang sangat ampuh untuk menangani jerawat dan sangat layak untuk anda coba. Masih meragukan manfaat cuka? Anda pastinya harus membaca beberapa manfaat cuka untuk jerawat di kulit anda :

Sponsors Link
  1. Cuka Dapat Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Cuka ternyata dapat menjadi media yang sangat ampuh dalam mencegah munculnya jerawat membandel di kulit. Selama ini, cuka telah dikenal memiliki sifat antiseptik maupun sifat anti-bakteri, yang membuat cuka ini dapat melawan dan membunuh bakteri yang biasa menjadi penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

  1. Cuka Dapat Menangkal Radikal Bebas

Selain dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, cuka juga sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Cuka memiliki kemampuan detoksifikasi, yang berarti bahwa dengan mengaplikasikan cuka pada kulit anda, maka berbagai zat beracun maupun zat-zat berbahaya lainnya yang selama ini mengendap di dalam kulit anda dapat terangkat dan keluar dari kulit anda.

Selain itu, kemampuan cuka dalam detoksifikasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi kulit anda karena cuka dapat menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan kulit anda. Seperti yang telah diketahui secara luas, radikal bebas dapat menstimulus pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit anda. Maka, menggunakan cuka tak diragukan lagi merupakan cara menghindari jerawat  sekaligus cara mencegah flek hitam wajah secara alami yang ampuh.

  1. Cuka Dapat Menyeimbangkan Kadar pH Pada Kulit Anda

Cuka ternyata juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit anda. Dalam kondisi normal, sebenarnya secara natural kulit anda akan memproduksi semacam lapisan tipis di permukaan kulit yang tidak lain adalah minyak yang dihasilkan kulit anda. Lapisan tipis ini bertujuan untuk melindungi permukaan kulit anda dari serangan bakteri-bakteri yang tentu saja dapat menyebabkan timbulnya jerawat dikemudian hari. Namun, sayangnya lapisan minyak pelindung di permukaan wajah tersebut seringkali lenyap begitu saja ketika anda terlalu sering mencuci muka atau juga terlalu sering menggunakan produk-produk kosmetik.

Nah, selain untuk melindungi permukaan wajah anda, lapisan minyak ini ternyata juga memiliki fungsi untuk mempertahankan kadar pH kulit anda, yang rata-rata berada di kisaran 5,5. Terlalu banyak menggunakan kosmetik tentu akan membuat pH kulit anda meningkat menjadi lebih ke arah basa dan membuat kulit anda rawan terinfeksi bakteri penyebab jerawat. Nah, cuka ini mengandung asam alpha-hidroxy dan memiliki pH 3, sehingga aplikasi cuka ke kulit anda setelah penggunaan kosmetik dapat menyeimbangkan kadar pH kulit anda ke kisaran normal dan melindungi kulit anda dari jerawat pastinya.

ads
  1. Cuka Dapat Mencegah Iritasi Kulit Anda

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, cuka juga memiliki manfaat yang lain, yaitu cuka dapat mencegah iritasi di kulit anda. Selama ini cuka juga dikenal karena sifat anti-inflamasi-nya jika diaplikasikan ke kulit kita. Nah, sifat anti-inflamasi ini tentu saja akan mencegah iritasi pada kulit kita seperti kulit kemerahan ketika kita terkena jerawat.

Sifat anti-inflamasi pada cuka juga berarti bahwa cuka dapat mencegah kulit anda dari bahaya infeksi jerawat. Peradangan dan infeksi pada jerawat akan membuat kulit anda akan dihiasi oleh bekas jerawat setelah jerawat anda tersebut perlahan menghilang dari wajah anda. Berbeda dengan jerawat, bekas yang ditimbulkan jerawat akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkannya. Maka, segera aplikasikan cuka ketika anda terkena jerawat!

Baca Juga: 6 Langkah Cara Mengatasi Jerawat Meradang

  1. Cuka Dapat Memicu Pengelupasan Sel-Sel Kulit Mati

Salah satu manfaat cuka yang lain untuk kulit berjerawat anda adalah kemampuan cuka dalam memicu pengelupasan sel-sel kulit mati. Jadi, cuka ini memiliki sifat exfoliate karena kandungan asam malat dan asam laktat-nya. Asam-asam ini akan memicu kulit untuk mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan segera menggantinya dengan sel-sel kulit baru. Hasilnya? Jangan kaget jika kulit anda akan terlihat lebih segar dan cerah secara alami. Pertumbuhan sel-sel kulit baru juga berarti bahwa noda-noda hitam bekas jerawat anda akan semakin tersamarkan, dan andapun akan semakin percaya diri.

  1. Cuka Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat

Nah, bagi anda yang telah terlanjur mendapati jerawat menghiasi kulit cantik anda, jangan khawatir karena cuka juga akan sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Cuka ini memiliki zat astringent. Jika anda belum mengetahui apa itu astringent, maka astringent itu adalah sebuah zat yang membuat jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut.

Nah, karena sifat astringent inilah, cuka dapat menjadi solusi sebagai cara menghilangkan jerawat yang tidak bisa pecah secara cepat karena cuka dapat mempercepat proses pengeringan jerawat di kulit anda. Selain itu, cuka juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh anda untuk melawan bakteri penyebab jerawat serta mempercepat proses penyembuhan jerawat juga. Maka, mulai sekarang jangan ragu untuk menggunakan cuka sebagai alternatif pengobatan herbal anda terhadap jerawat.

Cara Penggunaan Cuka dalam Mengatasi Jerawat

Lalu, setelah anda mengetahui ternyata cuka memiliki beragam manfaat bagi kulit anda dalam mengatasi berbagai macam masalah jerawat, anda mungkin kemudian bertanya-tanya bagaimanakah cara  menggunakan cuka secara pastinya. Nah, anda bisa mengaplikasikan cuka ini dengan 2 cara, yaitu secara eksternal dan internal. Berikut langkah detailnya.

Penggunaan Secara Eksternal

Penggunaan cuka secara eksternal berarti bahwa anda tinggal mengoleskannya saja ke area kulit anda yang memiliki masalah perihal jerawat. Berikut ini ada 3 cara yang dapat anda gunakan untuk mengaplikasikan cuka ke area kulit anda yang bermasalah dengan jerawat.

  1. Campuran Cuka dengan Air

Cara pertama yang patut anda coba adalah mencampurkan cuka dengan air. Kenapa cuka harus dicampur dengan air? Karena ketika anda mengaplikasikan cuka langsung ke kulit anda, maka dikhawatirkan anda akan mengalami rasa perih karena cuka ini sangat asam. Jadi, inilah langkah yang harus anda lakukan untuk mengaplikasikan campuran cuka dan air ini.

  • Dalam sebuah mangkok, campurkan air dengan cuka, dengan takaran 3 tetes air untuk 1 tetes cuka, sehingga nantinya tidak membuat kulit anda menjadi perih.
  • Gunakan cotton bud untuk mengoleskan campuran air dan cuka tadi ke area kulit anda yang terkena masalah jerawat. Anda harus mengoleskannya secara tipis-tipis saja dan jangan dioleskan dengan menekan cotton bud ke kulit anda.
  • Campuran ini lebih baik digunakan sebelum anda tidur malam dan biarkan saja semalaman. Paginya segera cuci wajah anda dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin.
  • Gunakan campuran ini setiap hari.
  1. Campuran Cuka dengan Baking Soda

Campuran ini merupakan alternatif yang sangat layak untuk anda coba. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan campuran cuka dan baking soda ini untuk masalah jerawat anda.

  • Campurkan 2 sendok makan cuka dengan 2 sendok makan baking soda. Kemudian aduk-aduk hingga teksturnya menjadi layaknya pasta.
  • Gunakan jari telunjuk anda untuk mengoleskan campuran ini ke area kulit anda yang terkena jerawat. Jangan lupa oleskan dengan gerakan melingkar.
  • Tunggu ramuan ini meresap di kulit anda selama kurang lebih 20 menit.
  • Kemudian, segera cuci kulit anda. Cara mencuci wajah berjerawat yang benar untuk kulit berjerawat adalah dengan air dingin, dan jika ada langsung gunakan pelembab kulit kepercayaan anda.
  • Anda lebih baik menggunakan ramuan ini sekali dalam seminggu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Soda Kue

  1. Campuran Cuka dengan Madu

Campuran cuka dan madu merupakan kombinasi yang luar biasa karena cuka memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah jerawat anda, sementara cara menghilangkan jerawat dengan madu juga telah dikenal luas. Madu dikenal dapat digunakan sebagai pelembab kulit anda. Berikut langkah-langkah detail menggunakan campuran cuka dan madu ini

Sponsors Link

  • Dalam sebuah mangkok kecil, campurkan 2/3 mangkok tersebut dengan air, kemudian tuangkan 1 sendok teh cuka dan 1 sendok teh madu murni.
  • Oleskan ke area kulit anda yang memiliki masalah dengan jerawat, dan biarkan campuran ini mengering di kulit anda selama 20 menit.
  • Setelah itu, cuci wajah anda dengan air yang tidak panas dan juga tidak dingin.
  • Gunakan campuran ini secara rutin sekali setiap hari.

Baca juga: Manfaat Masker Madu untuk Jerawat dan Cara Membuatnya dan Cara Membuat Masker Madu 

Penggunaan Secara Internal

Selain secara eksternal, cuka bisa anda gunakan secara internal, yang berarti bahwa anda dapat mengkonsumsinya. Namun, mengkonsumsi cuka secara langsung tidak disarankan karena rasanya yang terlalu asam. Agar kekuatan asamnya tidak begitu terasa di mulut anda, maka anda dianjurkan untuk mencampurkan 2 sendok teh cuka kedalam segelas air mineral. Kemudian campur dan konsumsi dengan segera. Untuk hasil maksimal, maka konsumsi campuran ini setiap hari.

Beberapa Saran Mengenai Penggunaan Cuka

Setelah anda mengetahui manfaat cuka untuk jerawat sekaligus bagaimana cara mengaplikasikan cuka tersebut untuk mengatasi berbagai masalah jerawat pada kulit anda, sekarang anda disarankan untuk memperhatikan saran-saran berikut ini sebelum anda menggunakan cuka untuk mengatasi jerawat anda.

  • Seperti yang telah dijelaskan diatas, cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Anda disarankan untuk tidak meneteskan cuka secara langsung ke kulit anda yang terkena jerawat karena akan menimbulkan efek perih yang luar biasa.
  • Anda perlu mencoba cuka ini beberapa tetes terlebih dahulu, walaupun telah dicampurkan dengan air, karena tidak semua kulit manusia akan cocok dengan tingkat keasaman yang terdapat pada cuka. Bagi anda pemiliki kulit sensitif sebaiknya menghindari pemakaian cuka ini.
  • Cuka telah diketahui dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Maka, sangat dianjurkan setelah menggunakan ramuan cuka untuk jerawat anda, jangan lupa oleskan tabir surya sebelum anda berpergian

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal yang perlu anda ketahui mengenai manfaat cuka bagi jerawat anda. Cuka memang bermanfaat bagi jerawat anda, namun anda juga dianjurkan untuk menggunakannya secara bijaksana. Jika memang kulit anda sensitif, maka jangan paksakan untuk menggunakan cuka sebagai media pengobatan jerawat anda. Dapatkan kulit yang sehat alami dengan cuka dan aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat.

Baca Juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan