Sponsors Link

18 Manfaat Daun Afrika untuk Jerawat Paling Ampuh

Sponsors Link

Tips-tips menghilangkan jerawat secara alami memang sangat populer saat ini. Perawatan secara alami dengan bahan-bahan dari alam dinilai lebih aman dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi kulit. Ada satu lagi bahan alami yang mampu melawan dan menyembuhkan jerawat di kulit. Daun Afrika, bahan yang kini cukup populer untuk membasmi jerawat pada wajah.

Sponsors Link

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan daun afrika. Daun afrika yang memiliki nama ilmiah Vernonia amygdalina ini, ternyata bukan berasal dari benua Afrika. Meski tumbuh dengan baik di negara Afrika seperti Nigeria, daun Afrika sebenarnya berasal dari Tiongkok. Di negeri asalnya daun Afrika bernama Nan Fei Shu dan Nan Hu Yie. Namun, daun ini kurang populer di Tiongkok karena hanya digunakan di kalangan keluarga kerajaan sebagai obat.

Karakteristik Daun Afrika

Seperti daun pada umumnya, daun Afrika berwarna hijau dan memiliki rasa yang pahit. Daun Afrika tidak memiliki ciri-ciri khusus yang bisa membedakannya dengan daun yang lain. Batangnya pun juga berwana cokelat kayu dan hijau tua. Daunnya menyirip vertikal. Oleh karena itu, jangan memetik daun sembarangan ya. Bisa jadi itu bukan daun Afrika.

Daun Afrika juga dapat tumbuh dengan baik di negara-negara yang beriklim tropis, salah satunya adalah Indonesia. Pembudidayaan daun Afrika dilakukan mulai tahun 2009 di Bogor. Daun Afrika tumbuh dengan baik di daerah-daerah dengan curah hujan yang tinggi. Daun Afrika mengandung banyak zat baik yang sangat diperlukan oleh kulit kita. Berikut adalah kandungan di dalam daun Afrika:

  • Flavonoid: Flavonoid adalah golongan senyawa Phytochemical. Zat ini banyak ditemukan pada tumbuhan bunga. Flavonoid mampu beraksi sebagai antioksidan terbaik bagi tubuh. Zat ini mengoksidasi sel-sel baik di dalam tubuh dan melawan radikal bebas baik dari dalam maupun luar tubuh.
  • TaninTanin adalah senyawa polifenol yang berwarna pekat dan terasa pahit. Cairan ini berasal dari tumbuhan dan ranting-ranting kayu. Tanin memiliki manfaat yang sangat besar untuk kecantikan kulit. Zat ini mampu berperan sebagai anti bakteri yang membersihkan kulit dari dalam. Tanin juga bisa mengecilkan pori-pori kulit sehingga meminimalisir masuknya bakteri penyebab jerawat ke dalam pori kulit. Zat ini juga bisa mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap cantik awet muda.
  • Saponin: Saponin adalah zat jenis glikosida yang banyak dikandung oleh tumbuhan. Saponin berbentuk seperti buih yang mudah larut di dalam air. Sama seperti tanin, saponin memilih warna yang pekat dan rasa yang amat pahit.
  • Terpenoid: Terpenoid adalah salah satu zat komponen yang terkandung dalam minyak astiri. Terpenoid sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mampu menyebuhkan luka akibat infeksi pada kulit.Oleh karena itu zat ini sangat dibutuhkan oleh pemilik kulit berjerawat.

Baca juga

Manfaat Daun Afrika Untuk Jerawat

Jerawat adalah permasalahan kulit yang cukup meresahkan. Apalagi kalau jerawat sudah meradang, bengkak dan bernanah. Tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi jerawat yang meradang berbahaya bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu jerawat harus segera diobati sebelum semakin parah. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyembuhkan jerawat, baik secara alami maupun dengan perawatan dokter. Perawatan secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan seperti daun kelor, daun kemangi, bawang merah, bahkan juga dengan tape dan madu.

Baca juga:

Sebelum membahas lebih jauh soal manfaat daun Afrika untuk jerawat, mari kita simak dulu hal-hal apa saja sih yang bisa menyebabkan jerawat. Jerawat dapat muncul di mana saja di bagian tubuh kita seperti jidat, punggung, ketiak, pipi, alis, leher, dan kepala. Secara umum, jerawat dapat disebabkan oleh hal-hal ini:

Baca juga:

Sponsors Link

1. Kadar minyak berlebih pada kulit

Kulit berminyak cenderung lebih mudah terkena jerawat daripada kulit yang tidak berminyak. Produksi minyak yang berlebihan menghasilkan sebum yang bisa menyumbat folikel rambut pada kulit wajah. Penyumbatan folikel rambut ini akan menghasilkan residu yang menjadi jerawat.

Baca juga

2. Paparan sinar UV dan polusi

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, maka kulit Anda termasuk rentan terkena jerawat. Polusi dan paparan sinar UV secara langsung membawa efek yang tidak baik bagi kulit Anda. Bakteri yang menempel di kulit akan berkembang menjadi jerawat. Oleh karena itu jangan lupa melindungi kulit Anda dengan tabir surya sebelum Anda keluar rumah.

3. Kebersihan kulit tidak terjaga

Jerawat sebenarnya adalah kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit dan memyumbat pori-pori kulit. Cara mencegah jerawat timbulnya jerawat adalah dengan rajin-rajin membersihkan jerawat segera setelah Anda pulang beraktivitas. Gunakan pembersih wajah yang cocok untuk kulit Anda, kemudian jangan lupa untuk menerapkan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat Anda agar seluruh kotoran hilang dengan sempurna.

ads

4. Penggunaan kosmetik

Kosmetik mengandung bahan zat kimia di dalamnya. Penggunaan kosmetik berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Bersihkan kosmetik yang menempel di wajah segera setelah Anda selesai beraktivitas. Dan selalu ingat untuk pergi tidur dengan kondisi wajah bersih tanpa make up.

5. Kondisi stress

Pekerjaan yang menumpuk hingga menimbulkan stress bisa menjadi kebiasaan penyebab jerawat pada kulit Anda. Merilekskan pikiran dari penat pekerjaan dan aktivitas adalah cara yang ampuh untuk mengembalikan kesegaran tubuh sekaligus menjadi upaya mencegah jerawat.

6. Begadang

Sering terjaga hingga larut malam adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Ya, kebiasaan begadang bisa menyebabkan jerawat pada kulit Anda. Malam hari adalah saat yang baik bagi sel kulit untuk beregenerasi. Yuk atur kebiasaan tidur kita agar jerawat enggan menyerang.

Penggunaan Daun Afrika untuk Mengobati Jerawat

Daun Afrika sudah terkenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Lalu apa saja manfaat daun Afrika bagi kulit yang berjerawat? Yuk simak bersama-sama!

1. Daun Afrika mampu membunuh parasit penyebab jerawat

Zat-zat baik yang terkandung di dalam daun Afrika seperti flavonoid, tanin, saponin, dan terpenoid mampu membunuh bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Bakteri-bakteri ini dibersihkan hingga ke akarnya sehingga jerawat tidak akan menghinggapi kulit wajah Anda lagi. Caranya, tumbuk daun Afrika secukupnya hingga halus, lalu oleskan pada titik jerawat saja. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air. Ulangi terus proses ini hingga jerawat mengempis dan sembuh. Dapatkan daun Afrika hanya di toko-toko obat herbal, ya.

2. Sebagai krim khusus untuk kulit berjerawat

Penelitian mengenai khasiat daun Afrika ternyata sudah banyak dilakukan oleh para ahli kecantikan. Ekstrak daun Afrika sendiri sudah banyak dibuat dalam bentuk krim wajah yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat. Krim ini bisa mencegah, menyembuhkan, dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kini krim khusus dengan ekstrak daun Afrika sudah diproduksi khusus untuk kulit berjerawat.

Itulah berbagai manfaat dari daun Afrika bagi kulit Anda yang berjerawat. Bagaimanapun, pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Melakukan perawatan dengan daun Afrika adalah salah satu cara mencegah jerawat secara alami.

Baca juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, June 2017 / 03:41 Oleh :
Kategori : Herbal