Sponsors Link

Manfaat Daun Kemangi untuk Jerawat Paling Ampuh

Sponsors Link

Daun kemangi memiliki nama latin dengan sebutan  ocimum basilicum. Daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit terutama untuk mengatasi jerawat. Selain itu biasanya daun kemangi ini juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan untuk makan nasi. Daun ini memiliki wangi yang lembut menyerupai aroma limau. Bagi Anda yang suka sekali dengan lalapan pasti tidak asing dengan daun ini. Namun bagi Anda yang belum tahu ciri-ciri dari daun kemangi. Berikut ini ciri-ciri dari daun kemangi yang wajib Anda ketahui antara lain :

Sponsors Link
  • Daun kemangi memiliki bunga dengan susunan yang rapi.
  • Daun kemangi memiliki ukuran yang panjang sekitar 5 sentimeter.
  • Tinggi dari batang daun kemangi bisa mencapai ukuran 100 sentimeter.

Daun kemangi ini juga mudah sekali untuk dibudidayakan karena dapat tumbuh didataran rendan dan juga tinggi. Selain itu daun ini paling mudah dijumpai pada benua Asia dan Amerika.

Artikel terkait :

Kandungan Daun kemangi

Daun kemangi yang memiliki berbagai manfaat ini terbukti kaya akan kandungan senyawa dan vitamin didalamnya. Adapun berikut ini ulasan mengenai kandungan yang terdapat didalam daun kemangi antara lain :

  • Energi dengan takaran sekitar 46 kkal, energi berfungsi untuk menjalankan aktifitas harian.
  • Protein berguna untuk meregenerasi sel sel dalam tubuh yang diganti dengan baru.
  • Lemak didalam daun kemangi berjumlah 0.5 gram.
  • Karbohidrat yang berfungsi sebagai energi dengan membantu pembakaran lemak dalam tubuh.
  • Kalsium didalam daun kemangi memang tidak banyak tapi dapat menambah nutrisi kebutuhan sekitar 8.9 miligram. Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.
  • Zat besi untuk menambah sel darah merah dalam tubuh.
  • Vitamin a yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin b untuk mencegah penyakit beri-beri.
  • Vitamin c untuk mencegah dan mengatasi sariawan.
  • Air

Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam manfaat daun kemangi untuk jerawat dan masalah kulit lainnya.

Artikel terkait :

Daun Kemangi untuk Jerawat

Jerawat merupakan salah satu dari sekian banyak masalah kulit yang terjadi hampir pada setiap orang baik itu laki-laki dan wanita. Jerawat memang bukan merupakan salah satu masalah kulit yang serius. Namun jika diabaikan dapat membuat wajah penuh dengan jerawat nantinya. Disisi lain kehadiran jerawat pada wajah juga dapat membuat kulit wajah terasa nyeri. Rasa nyeri akibat jerawat timbul karena peradangan pada lapisan kulit akibat pori-pori pada wajah yang tertutup minyak dan debu. Sehingga munculah benjolan kecil yang kita sebut sebagai jerawat.

Penyebab Jerawat

Pada dasarnya jerawat yang muncul pada wajah dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor luar dan dalam. Berikut ini ulasan mengenai faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah antara lain :

1. Faktor genetik

Faktor genetik merupakan salah satu penyebab pertama munculnya jerawat pada wajah. Faktor genetik merupakan riwayat kesehatan pada kulit yang dipengaruhi oleh kedua orang tua. Jadi jika orang tua Anda memiliki masalah dengan jerawat dulu maka tingkat munculnya jerawat pada wajah Anda lebih tinggi dibandingka dengan orang yang tidak memiliki faktor genetik jerawat dari orang tuanya.

Artikel terkait :

2. Makanan yang dikonsumsi

Kita memerlukan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari yang bertujuan untuk menambah energi dalam menjalankan aktifitas. Makanan yang dikonsumsi erat kaitannya dengan pancaran kulit. Itu sebabnya dianjurkan utuk banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang bertujuan untuk menutrisi kulit dari dalam. Jadi menutrisi kulit tidak hanya dilakukan diluar saja melainkan juga dari dalam. Buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin yang lengkap sekali untuk kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. Ada baiknya konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin a, c dan e.

Artikel terkait :

Sponsors Link

3. Stres

Faktor penyebab jerawat pada kulit wajah selanjuntya adalah stres. Stres merupakan kondisi psikis yang dirasakan oleh tubuh akibat tekanan dari luar. Biasanya setiap orang memiliki tingkat stres yang berbeda-beda. Itu sebabnya Anda harus mengenali diri Anda sendiri. Untuk tahap awal cara terbaik untuk mengelola stres adalah dengan duduk tenang beberapa saat. Setelah itu ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan melalui mulut. Ulangi sampai kondisi perasaan Anda stabil. Karena stres yang berkepanjangan tidak baik bagi kulit akibat tidak bekerja optimalnya regenerasi sel kulit mati dalam tubuh.

Artikel terkait :

d. Begadang

Faktor penyebab jerawat berikutnya adalah kebiasaan begadang. Begadang dalam waktu yang sering dan rutin ternyata sama sekali tidak baik untuk kesehatan kulit. Begadang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini disebabkan karena waktu terbaik bagi kulit untuk bekerja memperbaiki diri secara optimal dari dalam adalah pukul sepuluh malam. Pada pukul ini diharapkan Anda sudah tertidur lelap untuk istirahat agar besok dapat bekerja optimal. Namun jika Anda begadang maka kinerja kulit menjadi terganggu dan membuat proses pergantian sel kulit mati tidak sempurna.

Artikel terkait :

e. Kosmetik

Terakhir faktor yang berhubungan dengan timbulnya jerawat pada wajah adalah kosmetik. Khusus untuk wanita kosmetik merupakan salah satu andalan saat akan keluar rumah. Karena dengan menggunakan kosmetik kekurangan pada kulit dapat tertutupi dengan sempurna. Hanya saja sebagai konsumen yang cerdas Anda tidak boleh asal dalam membeli. Pilihlah kosmetik yang memang cocok dengan tipe kulit Anda. Ini bertujuan untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Artikel terkait :

ads

Itulah beberapa faktor penyebab jerawat pada wajah. Dengan uraian singkat ini Anda bisa mencoba mencegah agar jerawat tidak hadir lagi diwajah.

Cara Membuat Masker Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi jerawat pada wajah. Bahan alami memang terbukti lebih aman untuk mengatasi jerawat karena tidak menimbulkan efek samping dan ketergantugan. Jika Anda ingin mencoba membuat masker untuk manfaat daun kemangi untuk jerawat, maka berikut ini bahan yang perlu disiapkan :

  • Daun kemangi sebanyak 150 gram
  • Air panas 250 ml

Cara membuatnya :

  • Daun kemangi dicuci dulu hingga bersih.
  • Siapkan wadah dan masukkan daun kemangi kedalamnya lalu tambahkan air panas.
  • Aduk hingga merata dengan menggunakan sendok lalu diamkan hingga air telah mendingin.
  • Peras daun kemangi bisa menggunakan tangan dan saring airnya.
  • Selanjutnya air dari daun kemangi yang telah disaring oleskan pada bagian wajah yang ditumbuhi oleh jerawat.

Lakukan secara rutin, agar tidak terlalu sulit Anda oleskan saja pada malam hari hingga pagi hari. Jadi saat pagi hari baru bersihkan wajah Anda.

Artikel terkait :

Manfaat Daun Kemangi untuk Kulit Lainnya

Kabar gembira selain dapat membantu mengatasi jerawat daun kemangi juga berperan untuk menjaga kesehatan kulit lainnya. Berikut ini manfaat daun kemangin untuk kulit antara lain :

1.Komedo

Manfaat pertama dari daum kemangi bagi kulit wajah adalah membantu menghilangkan komedo. Komedo terbagi menjadi dua yaitu komedo putih dan komedo hitam. Adapun cara untuk membuat masker dari daun kemangi untuk mengatasi komedo adalah :

  • Blender daun kemangi yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Campurkan madu kedalamnya dan aduk hingga rata.
  • Oleskan masker ini pada wajah secara merata.

Campuran kedua bahan ini aman untuk mengatasi komedo dan mencegahnya datang kembali.

Artikel terkait :

Sponsors Link

2. Kulit menjadi kencang

Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit selalu kencang. Kulit yang kencang dapat membuat Anda tampil selalu awet muda. Untuk mendapatkan kulit yang kencang ternyata tidak perlu untuk mengeluarkan biaya yang mahal. Dari bahan alami seperti daun kemangi dan putih telur dapat membantu kulit menjadi kencang. Berikut ini cara membuat masker putih telur dan daun kemangi :

  • Daun kemangi dibersihkan hingga bersih dan masukkan kedalam blender.
  • Haluskan daun kemangi menggunakan blender, setelahnya tuangkan kedalam wadah.
  • Pecahkan telur dan ambil yang bagian putihnya saja dan campurkan keduanya.
  • Aduk hingga merata, serta oleskan pada bagian wajah.

Masker ini tunggu hingga kering lalu dicuci dan untuk penggunaanya dapat dipakai dua kali dalam seminggu.

(Baca juga : Scrub alami untuk wajah berjerawat)

3. Kulit putih cerah merona

Kulit putih cerah merona juga merupaka kulit idaman setiap wanita. Bagaimana tidak hingga kini banyak wanita yang berlomba-lomba untuk dapat tampil cantik. Namun kecantikan memang berbanding lurus dengan cara merawat kulit itu sendiri. Sekarang ini sudah banyak produk pemutih untuk memutihkan kulit yang dijual dipasaran.

Namun jauh sebelum adanya produk-produk tersebut, zaman dahulu nenek moyang kita memiliki masker alami yang juga berguna untuk mendapatkan kulit yang putih cerah merona. Masker tersebut adalah masker yang terbuat dari campuran daun kemangi dan madu. Adapun berikut ini cara-cara untuk membuat maskernya antara lain:

  • Daun kemangi dibersihkan terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender.
  • Masukkan kedalam wadah setelah halus dan campurkan dengan madu.
  • Kedua bahan ini diaduk hingga merata baru dioleskan pada wajah.
  • Tunggu hingga 30 menit baru kemudian dibersihkan.

Masker alami ini terbukti dapat membuat kulit Anda tampak cerah merona dan cantik selalu.

(Baca juga : Cara membuat kulit wajah mulus tanpa bekas jerawat)

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.