Sponsors Link

8 Manfaat Garam Untuk Jerawat Yang Paling ampuh

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan karena dapat menyebabkan diri seseorang mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu kepercayaan diri yang semakin menurun. Nah, memang ada banyak penyebab jerawat sehingga sangat sulit untuk mencegah jerawat. Jika jerawat sudah terlanjur menghiasi kulit Anda, maka menggunakan garam merupakan salah satu cara yang wajib untuk Anda coba. Mengapa harus menggunakan garam? Apa sebenarnya manfaat garam untuk jerawat? Berikut ini merupakan berbagai macam penggunaan garam untuk mengobati jerawat.

Sponsors Link

1. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Salah satu manfaat utama dalam penggunaan garam untuk mengobati jerawat adalah karena sifatnya yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Seperti yang telah diketahui, salah satu penyebab paling utama mengapa jerawat bisa timbul adalah karena adanya peradangan dari bakteri penyebab jerawat.

Mengapa Garam Dapat Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat?

Garam telah dikenal memiliki kandungan yang dapat menetralkan racun dan mencegah efek berbahaya dari makanan yang kemungkinan sudah terkontaminasi saat kita konsumsi. Selain hal-hal tersebut, garam ketika diaplikasikan juga akan membuat berbagai macam bakteri menjadi tidak dapat tumbuh dan mati secara seketika karena bakteri tidak akan mendapat kelembaban yang mereka inginkan di lingkungan yang asam. Nah, dengan menggunakan garam di kulit, maka jangan heran jika garam dapat membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika dan dapat digunakan sebagai cara mencegah jerawat secara alami.

Baca Juga: Manfaat Gula Untuk Menghilangkan Jerawat

2. Menyeimbangkan pH Kulit

Ketika diaplikasikan pada kulit, garam ternyata juga dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit wajah Anda. Apakah Anda sudah mengetahui dampak-dampak yang akan terjadi jika keseimbangan pH atau derajat keasaman di kulit Anda terganggu? Jika belum, berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Garam Dapat Menyeimbangkan pH Kulit?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pH kulit yang tidak seimbang akan menyebabkan jerawat. Nah, pH yang tidak seimbang ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti misalnya penggunaan sabun badan untuk kulit wajah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah, sinar UV berlebihan, atau penyakit dalam seperti penyakit ginjal atau penyakit gula darah.

Jika pH kulit tidak seimbang, maka bakteri penyebab jerawat menjadi sangat mudah untuk mengiritasi kulit Anda, sehingga akan menyebabkan jerawat. Penggunaan garam akan meningkatkan produksi lapisan terluar pada kulit yang terdiri dari asam amino dan asam-asam lainnya yang bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus menyeimbangkan kadar pH di kulit Anda. Maka tak heran bukan jika garam dapat digunakan sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi?

Baca Juga: Masker Alami Untuk Wajah Berjerawat

3. Mendetoksifikasi Kulit

Tahukah Anda bahwa ternyata penggunaan garam akan memberikan manfaat untuk mendetoksifikasi kulit kita? Ya, dengan adanya proses detoks ini, maka tentu saja jerawat tidak akan muncul kembali di kulit wajah Anda.

Mengapa Garam Dapat Mendetoksifikasi Kulit?

Salah satu penyebab jerawat bisa timbul di kulit adalah karena adanya faktor internal, seperti adanya darah kotor atau zat-zat beracun yang terdapat di dalam tubuh kita. Nah, seperti yang telah dijelaskan diatas, garam merupakan salah satu bahan yang dapat menetralisir racun dan efek berbahaya dari makanan yang kemungkinan sudah terkontaminasi sekaligus membuangnya keluar dari tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi garam, maka segala darah kotor maupun berbagai zat beracun yang terdapat di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan cepat, sehingga munculnya jerawat baru akibat faktor internal bisa semakin ditekan. Atas alasan inilah, garam juga merupakan salah satu tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah B dan Cara Menghilangkan jerawat Golongan Darah O

ads

4. Mengurangi Produksi Sebum

Mengaplikasikan garam ke kulit ternyata juga akan mengurangi atau mengontrol produksi sebum di kulit dan dapat digunakan sebagai perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami. Oleh karena itu, penggunaan garam ini akan sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang berjerawat dan berminyak, namun tidak ingin kulit Anda dihiasi oleh berbagai jerawat. Berikut ulasan lengkapnya.

Mengapa Garam Dapat Mengurangi Produksi Sebum?

Anda pasti sudah mengetahui jika produksi minyak alami atau sebum di kulit merupakan salah satu faktor utama penyebab jerawat di kulit. Adanya minyak berlebih tentu saja akan membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat dan jika minyak tersebut berinteraksi dengan debu menyebabkan jerawat dan kotoran yang menempel di kulit, maka akan menjadi penyebab jerawat meradang.

Nah, garam mengandung suatu nutrisi yang dinamakan zinc atau seng. Senyawa ini memiliki manfaat untuk mengontrol produksi sebum di kulit Anda secara alami dan tanpa efek samping sehingga akan menekan produksi sebum di kulit bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat. Hasilnya, kulit Anda tentu saja akan semakin terbebas dari jerawat di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil Secara Alami

5. Mencegah Iritasi Kulit

Selain karena produksi minyak atau sebum yang berlebih pada kulit, faktor yang dapat menyebabkan jerawat di kulit adalah karena adanya iritasi yang ditimbulkan oleh bakteri, debu, atau kotoran yang menempel di kulit. Nah, mengapa garam dapat mencegah iritasi kulit? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Garam Dapat Mencegah Iritasi Kulit?

Faktor penyebab jerawat karena iritasi kulit ini biasanya akan terjadi pada Anda yang memiliki tipe kulit yang kering. Tipe kulit yang kering memang rentan terkena iritasi karena kurangnya produksi sebum di kulit. Padahal, produksi sebum yang cukup dapat menjadi pelembab kulit yang ampuh untuk mencegah peradangan bakteri, debu, atau kotoran yang menempel di kulit.

Nah, bagi Anda yang memiliki kulit kering, maka Anda dapat mengaplikasikan garam di kulit Anda karena garam ini mengandung kromium. Senyawa kromium ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk mencegah iritasi pada permukaan kulit akibat debu, kotoran, maupun bakteri serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat karena alergi. Hasilnya, kulit Anda akan terbebas dari timbulnya jerawat berwarna merah akibat iritasi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

6. Mempercepat Penyamaran Bekas Jerawat

Selain dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam jerawat yang masih aktif dengan kandungan anti-bakterinya, garam juga mampu digunakan untuk mempercepat proses penyamaran bekas jerawat. Nah, mengapa demikian? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Garam Dapat Mempercepat Penyamaran Bekas Jerawat?

Garam dapat berperan sebagai scrub alami untuk wajah berjerawat, sama seperti gula ketika diaplikasikan ke kulit. Hal tersebut dikarenakan garam memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan nutrisi-nutrisi lainnya yang akan memicu pertumbuhan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel kulit yang sudah rusak. Hasilnya, bekas jerawat yang terdapat di kulit Anda tentu saja akan semakin cepat tersamarkan.
Secara khusus, kandungan mineral seperti sulfur atau belerang dan potassium memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kehalusan kulit Anda, sehingga bekas jerawat yang berlubang pun bisa perlahan-lahan disembuhkan dengan pengaplikasian garam ini. Tak heran bukan jika garam dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang dengan cepat?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan

7. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Satu lagi manfaat garam untuk mengatasi masalah jerawat di kulit Anda adalah sebuah fakta bahwa garam dapat mengecilkan pori-pori kulit, serta dapat mengangkat kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori di kulit Anda. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Mengapa Garam Dapat Mengecilkan Pori-Pori Kulit?

Garam memiliki sifat eksfoliate, dimana garam ini memiliki berbagai macam mineral seperti sulfur, potasium, magnesium, iodine, kromium, dan berbagai macam vitamin yang memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati yang menutup dan menyumbat pori-pori kulit. Hasilnya, kulit Anda akan semakin terhindar dari berbagai penyebab jerawat batu , penyebab jerawat pasir, dan jerawat meradang di kemudian hari.

Selain itu, garam juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat mengecilkan pori-pori. Ketika pori-pori di kulit mengecil, maka tentu saja kemungkinan bakteri maupun kotoran untuk dapat menyumbat pori-pori menjadi mengecil, sehingga kulit Anda akan terbebas dari timbulnya jerawat baru di kemudian hari. Garam memang sangat bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat dengan bahan alami.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Batu

8. Menurunkan Kadar Stress

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah stress yang berlebihan? Ya, stress merupakan faktor pemicu jerawat karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat. Garam merupakan salah satu bahan alami yang telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tingkat stress.

Mengapa Garam Dapat Menurunkan Kadar Stress?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, garam telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tingkat stress. Banyak studi di Amerika sudah membuktikan bahwa wanita yang hanya mengkonsumsi sedikit garam dalam menu diet mereka mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi dibanding dengan wanita yang menambahkan garam secukupnya dalam menu diet mereka. Hal ini dikarenakan garam mengandung senyawa yang bernama sodium. Senyawa tersebut mampu membuat garam dapat berperan sebagai antidepressan alami yang ampuh dalam menurunkan kadar stress secara seketika.

Jika kadar stress menurun, maka tentu saja kemungkinan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh seperti hormon androgen dapat diminimalkan. Seperti yang diketahui, ketidakseimbangan hormon akan membuat kulit memproduksi lebih banyak sebum, yang tentu saja akan beresiko menyumbat pori kulit dan menyebabkan timbulnya ciri-ciri jerawat karena hormon dan ciri-ciri jerawat haid di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi dan Penyebab Jerawat di Payudara

Cara Menggunakan Garam Untuk Mengatasi Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai macam manfaat garam untuk jerawat, tentu saja Anda memiliki minat yang tinggi untuk menjadikan garam sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat di kulit bukan? Nah untuk itu, dalam ulasan di bawah ini Anda akan menemukan berbagai cara menghilangkan jerawat dengan garam dan variasi yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan garam sebagai metode herbal pengobatan jerawat di kulit Anda.

1. Garam Dengan Air

Ini merupakan cara paling simpel untuk mengaplikasikan garam pada permukaan kulit Anda. Berikut langkah proses pembuatannya.

  • Campurkan takaran yang sama antara garam dengan air hangat. Misal Anda mengambil 1 sendok teh garam, maka campurkan dengan 1 sendok teh air hangat.
  • Aduk hingga merata, kemudian oleskan ke kulit Anda yang memiliki jerawat.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Cuci kulit dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan segera. Jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Jangan lupa gunakan pelembab kulit setelahnya.
Sponsors Link

2. Garam Dengan Madu

Madu merupakan salah satu bahan herbal yang sangat cocok untuk dicampurkan dengan garam karena manfaat masker madu untuk jerawat sangat banyak, diantaranya adalah sifatnya yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Berikut langkah proses pembuatannya.

  • Campurkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh madu, dan 3 sendok teh air hangat, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit Anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Cuci kulit Anda dengan air hangat dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini sekali setiap hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu

3. Garam Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengangkat berbagai kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori, sehingga akan sangat cocok untuk dicampurkan dengan garam. Berikut proses pengaplikasiannya.

  • Campurkan 1 sendok teh garam dengan beberapa tetes minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama 5 menit saja dan cuci kulit Anda dengan air hangat serta keringkan dengan segera.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

4. Garam Dengan Lemon

Manfaat lemon untuk jerawat dan manfaat lemon untuk bekas jerawat ada banyak. Lemon merupakan bleaching agent yang akan sangat bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat, serta kandungan Vitamin C-nya akan memicu produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Berikut proses pembuatannya.

  • Campurkan 2 sendok teh garam dengan air perasan 1 buah lemon, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan campuran ini ke area kulit Anda yang terdapat jerawat atau bekas jerawat.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci kulit dengan air hangat dan keringkan dengan segera.
  • Gunakan campuran ini cukup 2 kali saja dalam seminggu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Lemon dan Madu

5. Mengkonsumsi Garam

Untuk mengatasi jerawat dari dalam, maka Anda juga dapat mengkonsumsi garam secara langsung. Garam ini akan sangat cocok untuk digunakan sebagai bumbu pelengkap yang dicampurkan di berbagai masakan yang sedang Anda siapkan. Dengan mengkonsumsi garam, maka kadar stress Anda akan menurun, serta darah kotor penyebab jerawat dapat dibersihkan. Satu lagi, mengkonsumsi garam juga akan memperlancar peredaran darah, sehingga akan menunjang kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Tips dan Peringatan Perihal Penggunaan Garam Untuk Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai macam cara memanfaatkan garam untuk menghilangkan jerawat, maka Anda tentu saja juga perlu untuk mengetahui berbagai tips dan juga peringatan ketika Anda memilih untuk menggunakan garam sebagai bahan herbal untuk mengatasi jerawat. Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Walaupun garam ini mampu berperan sebagai scrub, namun jangan menggosokkan garam terlalu keras di kulit Anda, karena hal tersebut justru akan membuat kulit Anda terluka dan rawan terkena jerawat, sehingga akan penyebab jerawat di pipi. Gosoklah garam secara lembut di kulit agar dapat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat.
  • Untuk menghilangkan jerawat, lebih baik jika Anda menggunakan garam laut. Hindari penggunaan garam meja karena garam meja justru memiliki kecenderungan untuk membuat jerawat Anda menjadi lebih parah daripada sebelumnya.
  • Jangan biarkan masker garam menempel terlalu lama di permukaan kulit karena hal tersebut berpotensi besar akan menimbulkan iritasi dan reaksi alergi pada kulit Anda berupa warna kemerahan pada kulit. Jika sudah terlanjur terjadi, maka lakukan cara mengatasi jerawat bernanah dan gatal.
  • Jangan biarkan masker garam ini mengenai daerah mata Anda, karena ketika mengenai mata akan menimbukan efek yang perih.
  • Jangan lupa untuk menggunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak setelah Anda mengaplikasikan masker garam karena garam ini akan mengeringkan kulit Anda secara seketika.
  • Untuk hasil pengobatan yang maksimal, maka kombinasikan dengan pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat, seperti rajin olahraga, mengkonsumsi makanan penghilang jerawat, istirahat yang cukup, serta rajin membersihkan kulit Anda secara rutin.

Baca Juga:

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat garam untuk jerawat, beserta cara memanfaatkan garam dan tips-tips pendukung perihal penggunaan garam. Jangan lupa untuk selalu aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal