Sponsors Link

5 Manfaat Kunyit untuk Jerawat Secara Alami

Sponsors Link

Khasiat kunyit sejak dulu memang tidak pernah diragukan. Orang tua pada jaman dahulu selalu menggunakan kunyit untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti masuk angin, sakit perut, nyeri haid, cedera, kelelahan dan berbagai jenis masalah lain. Kunyit juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit seperti bekas gigitan nyamuk, bekas terkena luka, bintik kemerahan dan berbagai jenis jerawat.

Sponsors Link

Kunyit adalah salah satu rahasia untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus tanpa jerawat. Penyebab Jerawat bisa muncul dengan berbagai sebab dan alasan yang berbeda, namun jerawat selalu menimbulkan masalah yang sama yaitu bekas jerawat dan wajah yang tidak lagi cantik. Sehingga semua orang yang memiliki jerawat akan merasa tidak percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa khasiat utama dari manfaat kunyit ampuh untuk mengatasi jerawat :

1. Mencegah Peradangan

Masalah yang paling mudah terjadi pada jerawat adalah peradangan karena penumpukan bakteri pada jerawat. Peradangan ini yang membuat jerawat memerah dan terkadang menimbulkan luka yang menyakitkan. Sebuah agen anti inflamasi atau pencegah peradangan yang dimiliki kunyit akan bekerja untuk mengatasi masalah ini. Kunyit mengandung senyawa khusus yang bisa bekerja untuk mengaktifkan gen dalam tubuh yang khusus bekerja untuk mencegah peradangan. Kunyit juga akan mengirimkan senyawa khusus untuk darah yang bisa membuat jerawat tidak infeksi dan mematikan semua bakteri yang ada di bagian jerawat.

Untuk menghindari peradangan jerawat, jauhi hal-hal berikut ini :

2. Sumber Antioksidan

Sebuah kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut dengan kurkuminoid. Ini adalah senyawa yang bisa bekerja untuk mengatasi peradangan dan juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk jerawat. Masker yang dibuat dari kunyit segar dipercaya mengandung senyawa ini dalam jumlah yang masih tinggi dibandingkan kunyit bubuk. Karena itulah masker dari kunyit akan membuat jerawat mengecil atau membantu mengeluarkan kotoran dari jerawat. Sumber antioksidan ini juga berfungsi sebagai :

3. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya flek hitam yang bisa dimulai dari jerawat atau bintik jerawat yang tidak bisa pecah. Kunyit mengandung sebuah zat antioksidan yang sangat kuat dan bisa bekerja untuk mengatasi masalah ini. Memakai masker dari kunyit secara aktif terbukti bisa mencegah berbagai masalah penuaan dini. Selain itu, kunyit akan membuat kulit wajah menjadi lebih lembut.

Sponsors Link

Beberapa hal lainnya yang mampu mencegah penuaan dini yaitu :

4. Membuat Kulit Elastis

Kunyit juga bisa membantu kulit wajah tetap elastis dan segar. Perempuan yang sering mengalami masalah kulit karena jerawat cenderung kulit menjadi tidak elastis. Bagian bekas jerawat akan meninggalkan luka mendalam yang sulit untuk diobati. Dengan memakai masker dari kunyit maka kulit bisa menjadi tetap elastis karena kunyit mengandung senyawa yang bisa membuat permukaan kulit menjadi lebih lembut.

Untuk menambahkan manfaat kunyit untuk jerawat maka bisa mencampurkan bahan lain seperti cara tomat (baca juga : cara menghilangkan jerawat dengan tomat), yogurt dan susu. Campuran ini akan bekerja untuk membuat kulit menjadi lebih lembut.

5. Mengurangi Minyak

Semua orang yang memiliki kulit berminyak mungkin akan jenuh dengan jerawat. Produksi minyak berlebihan dari pori-pori kulit memicu jerawat karena kulit lebih banyak mendapatkan kotoran atau bakteri. Kunyit akan bekerja untuk membersihkan minyak dan semua kotoran yang tertinggal dalam pori-pori. Bahkan kunyit juga bisa membuat pori-pori menjadi lebih kecil karena efek anti peradangan yang sangat tinggi. jadi kunyit sangat efektif untuk mengurangi jerawat bagi kulit berminyak.

Bagi yang memiliki wajah berminyak, berikut ini perawatan yang bisa dilakukan :

Sponsors Link

Metode Pengobatan Jerawat dengan Kunyit

Jerawat memang sangat mengganggu karena itu bisa meninggalkan bekas dan membuat rasa kurang percaya diri. Banyak obat yang ditawarkan untuk mengobati jerawat tapi tidak semua obat bisa bekerja sesuai dengan harapan. Kunyit menjadi salah satu obat tradisional yang telah lama terbukti sebagai obat jerawat. Tidak hanya untuk mengobati jerawat, bahkan kunyit juga bisa menghaluskan kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

Berikut ini beberapa metode mengobati jerawat dengan kunyit :


1. Masker Kunyit Asli

Untuk mengobati jerawat maka Anda bisa mencoba dengan membuat masker kunyit. Caranya adalah dengan :

  • menghaluskan kunyit segar yang sudah dicuci bersih
  • Anda bisa menggunakan pemarut atau ditumbuk
  • Kemudian tambahkan air segar sedikit demi sedikit hingga menjadi masker
  • Bentuk masker yang lengket sangat baik untuk jerawat
  • Anda bisa menerapkan masker ke bagian jerawat saja atau merata ke semua bagian wajah
  • Biarkan selama beberapa saat kemudian bersihkan dengan air hangat
  • Setelah itu oleskan madu sebagai pelembab dan ulangi bersihkan dengan air hangat (baca juga : cara menghilangkan jerawat dengan madu)
  • Untuk hasil maksimal bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.


2. Masker Kunyit dan Cendana

Anda juga bisa membuat bahan masker dengan campuran kunyit segar yang sudah dihaluskan, bubuk kayu cendana dan air mawar. Wajah akan menjadi lebih halus dan permukaan jerawat menjadi lebih bersih.  Caramya :

  • Campur 3 bahan ini menjadi pasta hingga bisa dipakai untuk wajah
  • Anda bisa memakainya untuk bagian jerawat saja atau ke semua bagian wajah
  • Biarkan selama beberapa saat kemudian bersihkan dengan air hangat
  • Untuk mendapatkan khasiat yang ampuh, bisa mencoba untuk memakainya selama 2 kali dalam seminggu


3. Masker Kunyit dan Tepung Beras

Jika ingin mendapatkan campuran masker yang lebih padat dan lembut, maka Anda juga bisa menggunakan campuran kunyit segar atau bubuk kunyit yang dicampur dengan tepung beras. Jika ada gunakan tepung beras organik sehingga lebih sehat. Caranya :

  • Campur kedua bahan ini kemudian tambahkan madu
  • Buat hingga campuran benar-benar lembut dan halus seperti masker
  • Setelah itu gunakan untuk bagian wajah selama 25 menit
  • Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan uapi wajah dengan air hangat
  • Ramuan ini akan membantu permukaan jerawat membuka dan semua kotoran keluar


4. Masker Kunyit dan Minyak Zaitun

Bahan lain yang bisa Anda pakai adalah campuran antara kunyit segar yang dihaluskan dengan minyak zaitun (baca juga : cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun). Kunyit dan minyak zaitun adalah bahan ampuh untuk menyembuhkan peradangan seperti pada luka jerawat. Cara pembuatannya :

  • Campur kedua bahan ini hingga menjadi bentuk pasta sehingga bisa dipakai langsung untuk wajah
  • Tinggalkan di bagian jerawat selama beberapa saat
  • kemudian bersihkan dengan air hangat

Cara ini juga bisa dipakai sebagai perawatan alami untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.


5. Ramuan Kunyit Asam

Jika pernah mendengar minum jamu kunyit asam maka cara ini ternyata juga bisa mengobati jerawat dari bagian dalam. Jamu kunyit asam akan membantu membuat darah menjadi lebih bersih dan membantu tubuh mengeluarkan berbagai bau yang kurang nyaman. Selain itu, kunyit asam sangat bagus untuk mengatasi jerawat terutama ciri ciri jerawat karena hormon yang selalu muncul menjelang atau saat menstruasi.


Efek Samping Pemakaian Masker Kunyit

Pada awalnya memang memakai masker dari kunyit akan sangat baik untuk kulit. Namun beberapa orang juga bisa mengalami masalah karena efek dari kunyit yang bereaksi langsung pada kulit. Berikut ini beberapa efek samping dari memakai kunyit sebagai masker alami :

  • Memakai masker kunyit alami sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 30 menit karena bisa membuat bintik merah pada kulit. Jadi pakai masker selama paling lama 25 menit saja untuk menghindari efek samping ini.
  • Pemakaian masker kunyit setiap hari sangat dilarang karena bisa menyebabkan efek terbakar untuk kulit.
  • Setelah memakai masker kunyit sebaiknya bersihkan dengan pembersih wajah dan terapkan pelembab. Jika Anda tidak melakukannya maka wajah Anda akan menjadi lebih kuning karena bahan alami dari masker kunyit.
  • Campuran kunyit dengan air sangat dilarang untuk kulit kering, sebaiknya gantikan bahan air dengan yogurt atau susu untuk memberikan kelembapan alami.
  • Jangan pernah mencampurkan pemakaian masker kunyit alami dengan bahan kimia, karena campuran bahan kimia untuk kunyit bisa membuat reaksi yang berlebihan atau bahkan merusak wajah.

Untuk mendapatkan manfaat masker kunyit untuk secara maksimal, maka usahakan untuk memakai kunyit yang masih benar-benar segar dan tidak mengandung jamur. Selain itu, jangan lupa untuk mengupas bersih kulit kunyit dan mencuci hingga benar-benar bersih. Jadi, jangan takut memulai memakai kunyit sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal