Sponsors Link

19 Manfaat Madu untuk Jerawat dan Bekasnya

Sponsors Link

Jerawat umum dijumpai bagi setiap orang, terutama remaja. Penyebab dari jerawat berhubungan dengan produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah sehingga wajah menjadi sangat berminyak. Dalam kondisi ini justru diharapkan Anda mengonsumsi makanan yang tidak meningkatkan produksi kelenjar minyak. Contoh makanan yang dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak adalah kacang, coklat dan santan. Selain itu gunakan juga pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kulit yang mudah berjerawat merupakan salah satu jenis kulit berminyak. Kulit ini memang rentan terhadap jerawat oleh sebab itu diperlukan penanganan yang tepat.

Sponsors Link

Jerawat memang bukan suatu penyakit kulit yang berbahaya, namun jerawat dapat meninggalkan bekas pada kulit. Contohnya noda hitam bekas jerawat yang sulit sekali untuk hilang. Disamping itu bekas jerawat berupa bopeng yang menyebabkan kulit menjadi berlubang juga tidak bisa hilang sama sekali. Hal ini tentunya dapat membuat kecantikan wajah Anda menjadi berkurang.

Artikel terkait :

Cara Mencegah Jerawat

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari berupa cara mencegah jerawat antara lain :

  • Tidur yang cukup

Cara pertama untuk mencegah jerawat adalah dengan menerapkan pola tidur yang cukup. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama delapan jam setiap harinya. Dengan tidur yang cukup Anda juga membantu kulit melakukan regenerasinya secara optimal. Karena proses pergantian sel kulit mati dilakukan tepat pada pukul sepuluh malam.

Artikel terkait : Cara mengempeskan jerawat dengan cepat – Cara mencegah jerawat tumbuh lagi

  • Minum air putih

Minum air putih dianjurkan sebanyak delapan gelas sehari. Dengan minum air putih yang cukup membantu untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh. Toksin yang dikeluarkan bersamaan dengan urine, sehingga racun yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dapat diatasi dengan baik.

(Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan air hangat)

  • Bersihkan wajah teratur

Wajah perlu dibersihkan dari minyak dan debu yang menempel pada kulit wajah. Selain itu membersihkan wajah perlu dilakukan sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Pilihlan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda untuk mencegah timbulnya jerawat akibat pemilihan produk pembersih wajah yang tidak tepat.

Artikel terkait : Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat – Pembersih wajah alami

  • Konsumsi buah

Buah dan sayuran kaya akan vitamin yang berfungsi untuk menutrisi kulit dari dalam. Jadi perawatan untuk kulit tidak hanya dilakukan diluar namun juga dari dalam. Buah yang menutrisi kulit dari dalam adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin c dan e didalamnya. Contohnya adalah buah alpukat dan buah pepaya.

Artikel terkait : Buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh – Masker alami untuk wajah berjerawat

  • Olahraga

Terakhir cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga adalah rangkaian aktifitas fisik yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan membakar lemak yang berlebih. Itu sebabnya Anda dianjurkan untuk berolahraga dengan durasi yang singkat namun sering. Contoh olahraga yang dapat Anda lakukan seperti lari, senam dan berenang.

Sponsors Link

Artikel terkait :

Itulah beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Madu untuk Jerawat

Madu merupakan salah satu cairan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sejak zaman dahulu semua orang sudah menggunakan madu karena khasiatnya yang telah terbukti. Madu berasal dari sari bunga yang dihisap oleh lebah. Kemudian sari bunga tersebut di kumpulkan dan dibuat menjadi madu. Madu memiliki kadar air yang rendah sehingga tidak mudah untuk dikerubungi oleh semut.

Kandungan madu

Madu memiliki kandungan senyawa  dan vitamin yang lengkap seperti :

  • Air 17.2 %
  • Glukosa 31.3 %
  • Sukrosa 1.3 %
  • Vitamin c
  • Katalase
  • Maltosa 7.1%

Kandungan dalam madu ini berasal dari madu asli yang belum dicampurkan dengan tambahan lainnya. Sesuia dengan kandungan yang terdapa dalam madu ini berikut ini manfaat madu untuk jerawat yaitu :

1.Mengatasi jerawat

Madu memiliki senyawa anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Mengatasi jerawat dengan menggunakan madu merupakan salah satu pilihan untuk menggunakan bahan alami. Bahan alami memang tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Disamping itu menggunakan bahan alami juga tidak memerlukan biaya yang besar. Jika Anda ingin menggunakan madu sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat pilihlah madu yang asli.

(Baca juga : Cara mencegah jerawat pada kulit berminyak

ads

2. Menghilangkan noda bekas jerawat

Setelah jerawat sembuh, biasanya masalah tidak hilang begitu saja. Noda bekas jerawat cenderung masih ada berupa warna merah atau hitam. Noda bekas jerawat ini tentu tetap saja menganggu penampilan Anda untuk tampil cantik. Jika ingin menghilangkan noda bekas jerawat coba oleskan madu pada bekasnya. Dengan rutin menggunakan madu dijami noda bekas jerawat akan perlahan memudar.

(Baca juga : Perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami)

3. Mencegah jerawat datang kembali

Masker madu ternyata juga bermanfaat untuk mencegah jerawat datang kembali. Jerawat memang masalah kulit yang cukup membuat risih. Selain itu kehadiran jerawat diwajah dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. jadi sebelum jerawat hadir ada baiknya melakukan serangkaian cara pencegaha. Cara mencegah jerawat ternyata sangatlah mudah. Cukup oleskan madu sebagai masker pada wajah dan diamkan hingga masker madu mengering baru kemudian bilas wajah Anda hingga bersih.

(Baca juga : Bahaya baking soda untuk jerawat)

4. Menyamarkan bopeng bekas jerawat

Manfaat madu untuk jerawat yang tidak kalah penting berikutnya adalah menyamarkan bopeng. Bopeng adalah tekstur kulit yang mengalami kerusakan akibat jerawat. Biasanya bopeng terjadi karena kebiasaan memencet jerawat. Jadi ada baiknya Anda tidak memencet jerawat sama sekali karena hal ini nantinya hanya akan merusak tesktur dari kulit. Jika sudah terlanjur memiliki bopeng pada wajah, coba gunakan madu untuk membantu menyamarkannya.

(Baca juga : Manfaat odol untuk jerawat)

Itulah beberapa manfaat madu untuk jerawat pada wajah.

Cara Menggunakan Masker Madu

Masker madu sangat mudah sekali untuk digunakan pada wajah sebagai cara mengatasi jerawat, berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan masker madu antara lain:

  • Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun pembersih wajah.
  • Keringkan wajah Anda kemudian oleskan madu secara merata pada wajah.
  • Diamkan masker madu hingga kondisi masker kering pada wajah Anda.
  • Bilas masker madu dari wajah hingga bersih.

Cara menggunakan masker madu ini dapat dilakukan dirumah pada malam hari.

Artikel terkait :

Manfaat Madu untuk Kulit Lainnya

Selain berperan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Cara untuk mendapatkan manfaat madu untuk kulit ini cukup dengan mengoleskan masker madu secara merata pada wajah. Berikut ini manfaat madu untuk kulit lainnya antara lain :

1.Kelembapan kulit

Madu memiliki peran selain untuk mengatasi jerawat juga berfungsi menjaga kelembapan pada kulit. Hal ini karena kandungan yang terdapat didalam madu berupa air. Sebagai salah satu pelembap alami madu diperlukan oleh kulit untuk mencegah penuaan dini. Jadi salah satu contoh kulit yang sehat adalah kulit yang terjaga kelembapannya. Karena kulit yang lembap akan terlihat indah dan kenyal saat dipandang. Jika kamu ingin menjaga kelembapan kulit maka masker madu merupakan pilihan yang tepat untuk dipilih. kelembapan pada kulit secara medis memang dapat menghilang karena beberapa sebab seperti mencuci wajah dan kekurangan cairan. Saat itu kondisi kulit bisa saja menjadi kering dan bersisik. Untuk itu agar kulit Anda memiliki cadangan untuk menjaga kelembapannya coba gunakan masker madu dua kali dalam seminggu.

(Baca juga : Pelembap wajah untuk kulit berminyak)

2. Awet muda

Manfaat masker madu yang kedua adalah awet muda. Madu memiliki kandungan antioksidan didalamnya. Antioksidan berperan untuk menangkal serangan radikal bebas yang membuat keriput pada wajah. Sehingga wajah menjadi bebas dari keriput dan tampak awet muda selalu. Wanita mana yang tidak ingin tampil awet muda, dengan awet muda maka wanita akan merasa lebih cantik dan pandai dalam mengurus diri sendiri termasuk dalam urusan menjaga kesehatan kulit. Awet muda untuk zaman sekarang sepertinya masih menduduki peringkat keatas yang diinginkan oleh setiap wanita.

Sponsors Link

Tidak hanya setiap wanita beberapa kaum adam juga peduli akan penampilan mereka sehingga tidak sedikit kaum adam yang juga peduli terhadap penampilannya. Menjaga penampilan memang wajar saja dilakukan apalagi Anda merupakan orang yang banyak beraktifitas diluar ruangan sehingga dituntu untuk selalu tampil cantik dan tampan.

(Baca juga : Pelembap dan pembersih untuk kulit wajah berminyak)

3. Kulit cerah bercahaya

Kulit cerah bercahaya juga merupakan salah satu idaman wanita. Kulit cerah dan bercahaya menjadikan wanita tampil memukau banyak pasang mata. Namun untuk memiliki kulit yang cerah dan bercahaya memerlukan usaha yang sungguh-sungguh. Tidak perlu repot mengeluarkan uang banyak karena mendapatkan kulit cerah bercahaya dapat dilakukan dengan menggunakan masker madu. Masker madu ini membantu mencerahkan kulit dari dalam. Namun madu yang Anda gunakan haruslah madu asli yang kaya akan manfaat. Gunakan masker madu ini setiap hari pada malam hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah beberapa manfaat dari madu untuk mengatasi jerawat dan mengatasi masalah kulit lainnya dengan memberikan banyak manfaat.

ads
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.