Sponsors Link

5 Jenis Manfaat Masker Minyak Zaitun untuk Jerawat

Sponsors Link

Kulit yang cantik adalah harapan semua wanita. Semua wanita bisa memilikinya dengan menjalani perawatan kulit yang tepat. Kulit cantik memiliki tingkat elastisitas yang tinggi karena kandungan kolagen yang terdapat dibawah lapisan kulit. Kolagen membuat kulit terlihat tampak kenyal dan lembut, sama seperti halnya kulit bayi yang mengandung banyak kolagen. Namun seiring dengan meningkatnya usia kolagen pada kulit perlahan berkurang. Kulit yang cantik juga ditandai dengan tidak adanya masalah kulit yang dijumpai. Masalah kulit sangat beragam diantaranya pori-pori besar,warna kulit tidak merata, komedo dan jerawat.

Sponsors Link

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada pori-pori diwajah akibat debu dan minyak yang menyumbat pori-pori diwajah. Selain itu penyebaran jerawat diwajah juga dapat menjadi parah akibat adanya bakteri penyebab jerawat yang tumbuh didalamnya. Fakta mengatakan bahwa jerawat memang tidak bisa diobati hanya dari luar saja melainkan juga dari dalam.

Penyebab jerawat

Perubahan hormon pada masa remaja  juga ikut berdampak dari timbulnya jerawat pada wajah. Berikut ini penyebab umum timbulnya jerawat pada wajah :

  • Faktor genetik

Genetik berarti berasal dari ayah dan ibu atau anggota keluarga yang masih bertalian darah. Faktor genetik bisa menjadi salah satu penyebab jerawat dengan persentase 70 %. Jika salah seorang keluarga memiliki masalah dengan kulit yaitu jerawat maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan memiliki masalah yang sama. Solusi untuk in sebaiknya tetap menjaga kebersihan wajah dan menghindari penyebab jerawat lainnya agar kulit wajah tetap halus dan bersih. (Baca juga : Obat jerawat parah)

  • Makanan dengan kandungan gula tinggi

Makanan juga termasuk salah satu penyebab jerawat jika kandungan didalam makanan memiliki kadar gula yang tinggi. Contohnya coklat, gula, permen dan kue bolu yang kaya akan gula didalamnya. Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula sama sekali tidak dilarang asalkan dalam batasan yang cukup. Justru saat mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih memberikan dampak terhadap masalah kuli seperti jerawat. (Baca juga : Makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus)

  • Perubahan hormon

Menginjak masa remaja perubahan hormon didalam tubuh mengalami kelonjakan untuk mengaktifkan sifat-sifat sekunder pada laki-laki dan perempuan. Akibatnya beberapa hormon bekerja lebih aktif dari biasanya. Contohnya kelenjar minyak yang meproduksi minyak secara berlebihan diwajah. Dampaknya jerawat dan komedo bisa muncul jika Anda jarang membersihkan wajah. Jadi setiap kita dianjurkan untuk membersihkan wajah dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. (Baca juga : Ciri-ciri jerawat karena hormon)

  •  Stres

Penyebab timbulnya jerawat pada wajah adalah stres. Stres berkaitan dengan emosi jiwa seseorang yang hanya aoat dirasakan oleh yang mengalaminya. Dalam artian stres juga memberikan dampak yan tidak baik untuk kulit. Masalah kulit seperti jerawat dapat muncul dan dalam jumlah yang lebih banyak. Disisi lain cara mengatasi stres dapat dilakukan dengan melakukan apa yang benar-benar ingin Anda kerjakan yang membuat jiwa Anda kembali bergairah. (Baca juga : Dampak psikologis akibat jerawat)

  • Begadang

Pola hidup yang kurang sehat ini juga salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jerawat dikulit dapat timbul akibat tubuh yang kurang mendapatkan istirahat. Akibatnya proses regenerasi kulit tidak bekerja secara optimal. Padahal menurut kajian ilmu kesehatan kulit menyatakan bahwa waktu terbaik bagi kulit melakukan regenerasi adalah jam sepuluh malam. Usahakan untuk tidak begadang jika memang tidakada hal penting yang akan Anda lakukan. (Baca juga: Begadang penyebab jerawat)

Itulah beberapa penyebab dari masalah jerawat diwajah, ada baiknya untuk mencegah jerawat menghampiri kulit Anda lakukan dengan menghindari beberapa penyebabnya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang memiliki warna hijau saat muda dan warna coklat saat sudah tua. Untuk mendapatkan minyak dari buah zaitun maka buah yang dimanfaatkan adalah buah zaitun yang sudah tua. Caranya buah yang sudah tua tersebut diperas secara tradisional atau secara modern yang telah menggunakan bantuan alat mesin dalam prosesnya. Minyak zaitun sudah lama memiliki manfaat dibidang kesehatan dan kecantikan untuk kulit. Dalam bidan kesehatan minyak zaitun bisa dijadikan sebagai pengganti minyak goreng untuk menggoreng masakan. Sedangkan untuk kecantikan kulit minyak zaitun dapat dioleskan secara merata pada kulit.

Kandungan minyak zaitun

Minyak zaitun yang kaya manfaat untuk kulit mengandung berbagai macam senyawa yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit antara lain :

  • Lemak tak jenuh
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin a,b,c,e
  • Polifenol
  • Flanovoid
  • Anti bakteri
  • Anti peradangan
  • Lignoserat
  • Asam arachidat

Beberapa kandungan dalam minyak zaitun terbukti bermanfaat untuk mengurangi jerawat pada wajah.

Artikel terkait :

Jenis Masker Minyak Zaitun untuk Jerawat

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat. Adapun cara terbaik untuk menggunakan minyak zaitun dalam mengatasi jerawat di wajah adalah :

1.Minyak zaitun

Jerawat dapat diatasi dengan menggunakan minyak zaitun pada wajah. Sebelum mengoleskan minyak zaitun pada wajah, baiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah yang cocok. Kemudian uapi wajah dengan menggunakan air hangat secara merata. Penguapan ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada wajah agar minyak zaitun dapat meresap cepat pada kulit. Setelah itu baru oleskan minyak zaitun secara merata pada wajah termasuk bagian wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama beberapa menit baru ambil handuk dan basahkan sedikit saja untuk menglap wajah sesudah diberi minyak zaitun. Langkah terakhir bilas wajah dengan air dingin untuk menutupi pori-pori pada wajah Anda.

Artikel terkait :

2. Cuka apel dan minyak zaitun

Gabungan masker yang mampu mengatasi jerawat dan membuat kulit tampak cerah adalah cuka apel dan minyak zaitun. Cara untuk menggunakan bahan-bahan ini adalah sebagai berikut :

  • Minyak zaitun 1 sendok makan
  • Cuka apel 1 sendok kecil
  • Air 1 sendok kecil

Ketiga bahan ini selanjutnya dicampur kedalam suatu wadah untuk diaduk secara merata. Seperti biasa sebelum mengoleskan masker cuka apel dan minyak zaitun ini wajah Anda harus dalam keadaan yang sudah bersih. Lanjutkan dengan mengoleskannya keseluruh wajah dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu baru bilas wajah Anda hingga bersih. Penggunaan masker ini bisa dilakukan pada malam hari agar lebih rileks dan tidak tergesa-gesa. Dengan pemakaian yang teratur semoga jerawat pada wajah Anda segera dapat sembuh.

Artikel terkait :

3. Campuran minyak zaitun dan gula pasir

Gula pasir mempunyai tesktur yang kasar sehingga campuran gula pasir dan minyak zaitun berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Scrub yang terbuat dari bahan alami minyak zaitun dan gula pasir ini juga dapat membantu mengatasi jerawat, penuaan dini dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Untuk membuat masker dari kedua bahan ini maka takaran yang perlu Anda sediakan adalah :

  • 1 sendok makan untuk minyak zaitun
  • 1/2 sendok makan gula pasir

Campurkan kedua bahan tersebut pada piring dan aduk hingga merata. Setelahnya bersihkan wajah Anda terlebih dahulu baru oleskan kedua gabungan bahan tadi. Tunggu selama 30 menit baru kemudian dibilas hingga bersih. Masker ini dapat digunakan pada malam hari dan dibuat sendiri dirumah, selain simpel masker ini juga aman dan tidak memiliki efek samping sama sekali.

Artikel terkait :

4. Madu dan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung anti bakteri yang ampuh untuk mengatasi jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan madu kaya akan vitamin yang menutrisi kulit dari dalam.Campuran kedua bahan ini baik untuk mengurangi jerawat pada wajah. Berikut ini cara untuk membuat masker dari madu dan minyak zaitun antara lain :

  • Sediakan 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1/2 sendok madu

Selanjutnya cara untuk membuat masker dari madu dan minyak zaitun adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada wajah selama 30 menit. Setelah sudah 30 menit baru dilanjutkan dengan membilas wajah secara keseluruhan hingga bersih.

Artikel terkait :

5. Lemon dan minyak zaitun

Sama dengan minyak zaitun, lemon juga kaya akan vitamin c, anti bakteri dan anti iritasi yang baik untuk kulit berjerawat. Dalam artian jerawat yang tidak terbuka. Karena kandungan asam pada lemon untuk jerawat yang terbuka dapat mengakibatkan rasa perih meskipun hanya bersifat sementara. Lemon dan minyak zaitun merupakan gabungan masker yang tepat untuk mengatasi jerawat dan juga membantu menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Berikut ini cara untuk menggunakan masker dari lemon dan minyak zaitun :

  • Minyak zaitun tuangkan kedalam piring sebanyak 2 sendok makan.
  • Kemudian belah dua buah lemon dan teteskan sebanyak dua tetes kedalam minyak zaitun.
  • Aduk hingga merata kedua bahan tadi lalu oleskan pada wajah secara keseluruhan diwajah.
  • Baiknya sebelum mengoleskan campuran lemon dan minyak zaitun ini, Anda bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Selanjutnya oleskan masker tersebut dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah 30 menit baru bersihkan wajah.

Waktu yang tepat untuk menggunakan masker dari lemon dan minyak zaitun adalah saat malam hari menjelang akan tidur. Anda dapat membuatnya sendiri dirumah.

Artikel terkait :

Itulah beberapa jeni masker yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari minyak zaitun untuk mengatasi jerawat pada wajah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 13th, April 2017 / 04:10 Oleh :
Kategori : Pengobatan