Sponsors Link

Manfaat Propolis untuk Jerawat dan Bekasnya

Sponsors Link

Propolis merupakan sejenis madu alami yang dihasilkan oleh lebah yang di ambil dari pucuk – pucuk bunga yang segar dan sedang bermekaran. Propolis memiliki banyak fungsi untuk kesehatan terutama kesehatan kulit yaitu mengatasi jerawat.  Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang umumnya terjadi di usia remaja. Umumnya wajah yang memproduksi lebih banyak minyak cenderung mudah jerawatan. Ini karena banyak faktor yang mempengaruhi berikut ini beberapa penyebab timbulnya jerawat pada wajah :

Sponsors Link

Kandungan dalam Propolis

Propolis mengandung variasi dari kumpulan air liur lebah seperti pinocembrin, perulic acids, chrysin, galangin dan prenyl esters of caffeic. Untuk beberapa propolis juga mengandung bahan yang berbeda masing – masing namun kegunaannya tetap sama. Berikut ini kandungan yang terdapat pada propolis beserta kegunaannya :

1. Lilin pada lebah

Propolis diambil dari madu yang dihasilkan lebah karena itu propolis mengandung lilin lebah yang berfungsi untuk menyembuhkan luka bakar dan juga jerawat yang terdapat pada kulit. Penyembuhan jerawat dengan senyawa ini berlansung secara bertahap karena berasal dari bahan yang alami.

2. Minyak esensial

Manfaat dari minyak esensial ini adalah untuk membunuh bakteri yang berkembang biak yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah. Terkadang debu yang menempel di wajah menjadi tempat bersarang yang baik untuk bakteri sehingga menimbulkan jerawat.

3. Resin

Resin yang terdapat pada propolis berguna untuk zat anti peradangan. Jadi saat jerawat sedang meradang makan dapat di atasi dengan pemberian propolis secara teratur dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

4. Flanovoid

Melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus dari luar tubuh. Jadi manfaat dari flanovoid ini berfungsi untuk melindungi dari dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kebal dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Jadi kandungan dari propolis ini berasal dari lebah yang diambil dari sarangnya. Propolis sudah banyak di jual di tempat – tempat apotik dan tempat penjualan yang bisa di beli secara online.

Cara Pemakaian Propolis

Dalam proses untuk menyembuhkan jerawat terdapat proses dan cara pemakaian propolis yang harus di lakukan langkah per langkah diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Ukur terlebih dahulu berat badan anda jika anda memiliki berat badan dengan rentang antara 40 – 50 kg maka teteskan lima kali kedalam air hangat yang telah anda sediakan terlebih dahulu di dalam gelas. Aduk hingga merata dan untuk hari berikutnya ditambahkan satu tetes lagi berarti sebanyak enam kali tetes. Ini bertujuan sebagai bagian dari pembuangan racun dari dalam tubuh.

2. Untuk pembuangan racun dari dalam tubuh ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu seminggu secara rutin. Jadi selama kurang lebih seminggu anda cukup melakukan proses yang fokus pada pembuangan racun dari dalam tubuh. Karena rata – rata cara yang di lakukan untuk pertama kali adalah membersihkan seluruh bagian tubuh secara keseluruhannya.

Sponsors Link

3. Selama proses pembuangan racun ini jerawat anda akan mengalami jumlah yang lebih banyak, tidak perlu khawatir karena proses ini merupakan cara yang alami. Saat masa pembuangan racun ini maka anda dianjurkan juga untuk minum air putih yang cukup. Ini bertujuan agar fungsi dari obat propolis tetap berjalan lancar dalam proses pembuangan.

3. Kemudian jerawat anda perlahan – lahan akan mengering baru di oleskan propolis ke bagian wajah yang berjerawat. Caranya campurkan dua tetes propolis ke jerawat untuk proses penyembuhan.

4. Waktu yang tepat untuk mengoleskan propolis ke wajah yang berjerawat adalah pada malam hari sebelum tidur hingga pagi harinya lagi. Untuk langkah yang lebih optimal di anjurkan untuk membersihkan wajah dengan air hangat yang bertujuan untuk membuka pori – pori pada wajah agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal.

5. Pada saat pemakaian anda akan mengalami rasa sedikit panas karena proses pembersihan dan untuk pemakaian hingga sembuh total membutuhkan minimalnya 2 botol propolis.

Baca juga obat untuk jerawat lainnya :

Untuk pengaplikasian propolis ini baiknya diminum saat sebelum makan dan juga tetap terapkan pola hidup yang sehat dengan tidur yang teratur dan jangan begadang.

Untuk Kesehatan Kulit Lainnya

Selain untuk bermanfaat bagi kesehatan jerawat manfaat propolis lainnya di bidang kesehatan juga banyak digunakan untuk mengobati beberap penyakit secara alami karena kandungan dari propolis ini. Ditambah sudah banyak yang membuktikan jika propolis bisa berfungsi untuk menyembuhkan penyakit seperti :

ads
1. Pengobatan luka

Beberapa jenis luka seperti luka bakar dapat dioleskan propolis sebagai salep untuk mempercepat proses pengeringan dari luka. Ini karena terdapat beberapa kandungan dalam propolis yang dapat menyembuhkan luka yang di alami.

2. Kebersihan mulut

Manfaat dari propolis di bidang kesehatan yang lain adalah sebagai pembersih alami pada mulut. Caranya anda tinggal meneteskan dua tetes propolis kedalam wadah kemudian dicampurkan kedalam air. Aduk hingga merata dan gunakan sebagai obat kumur untuk menjaga kebersihan pada mulut.

3. Kemandulan

Kemandulan bisa saja terjadi pada pasangan suami istri yang ingin segera memiliki keturunan. Kemandulan yang terjadi pada wanita akibat proses kram pada saat datang bulan dapat diatasi dengan pemberian propolis ini. Telah banyak informasi yang menyebutkan bahwa sebagian wanita yang mandul dengan rajim meminum propolis ini bisa menyebabkan mereka hamil dan segera memiliki keturunan.

4. Pencegahan Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia kesehatan. Perkembangbiakan sel – sel kanker di dalam tubuh secara tidak terkendali dapat menyebabkan tubuh mengalami kondisi yang sangat fatal. Karena itu propolis juga banyak di manfaatkan sebagai pencegahan dari kanker itu sendiri.Kanker pada dasarnya terjadi berdasarkan pola hidup yang tidak sehat yang dijalankan selama bertahun – tahun. Dan dari tahun itu kanker berkembangbiak setiap tahunnya dengan semakin ganas dan menyebarkan ke wilayah – wilayah tubuh yang sebelumnya masih sehat. Propolis berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan kanker yang datang dari luar.Ada juga akibat dari kanker itu sendiri adalah faktor keturunan dari orangtua atau kakek nenek sebelumnya. Jika memiliki riwayat kanker maka besar kemungkinan dapat di tularkan pada anak cucunya nanti.

5. Sistem pencernaan

Jika anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan seperti sembelit maka tidak ada salahnya ada mencoba manfaat dari propolis untuk melancarkan pembuangan zat – zat yang tidak digunakan oleh tubuh. Karena zat – zat tersebut jika tidak dikeluarkan akan mengakibatkan terganggunya kesehatan anda sendiri. Sistem pencernaan yang sehat biasanya ditandai dengan lancarnya anda dalam sehari – hari untuk ke kamar kecil. Pencernaan yang sehat juga menjadi indikasi bahwa kebutuhan tubuh anda akan serat terpenuhi dengan baik. Serat bisa didapatkan dengan rajin mengkonsumsi sayuran-sayuran dan buah – buahan karena kedua makanan ini mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Baca juga artikel jerawat lainnya :

Itulah manfaat-manfaat yang di dapat dengan rajin mengkonsumsi propolis secara teratur. Perlu anda perhatikan juga beberapa efek samping dari propolis yaitu alergi. Memang tidak semuanya orang akan mengalami efek samping tersebut hanya sebagian kecil saja. Jika memang tidak cocok makan tidak perlu di lanjutkan karena nantinya akan menimbulkan efek samping yang lebih parah lagi.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan