Sponsors Link

Manfaat Tape Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Sponsors Link

Tape adalah salah satu makanan khas dari Indonesia. Rasanya manis dengan sensasi sedikit asam. Selama ini mengkonsumsi tape mungkin hanya sekedar hobi terhadap aneka kuliner Indonesia. Namun, mulai sekarang Anda bisa mengkonsumsi tape untuk menghilangkan jerawat. Bagaimana caranya?

Sponsors Link

Mengatasi Jerawat Menggunakan Tape

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun banyak orang yang memanfaatkan sekaligus membuktikan manfaat tape sebagai obat alami penghilang jerawat. Alasannya, tape memiliki kandungan alkohol. Proses pembuatan tape memanfaatkan adanya masa fermentasi yang memungkinkan adanya kandungan alkohol di dalamnya. Dengan kata lain, mengkonsumsi tape dapat menghilangkan jerawat. Bagaimana bisa? Kandungan alkohol di dalam tape itulah yang akan menetralkan lemak di kulit kita. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab jerawat adalah jumlah minyak berlebih pada pori-pori kulit. Jadi, cukup dengan mengkonsumsi tape, jerawat bisa diatasi.

Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang tidak memiliki jerawat, mengkonsumsi tape bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencegah munculnya jerawat di kulit. Namun, jenis jerawat yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi tape adalah jenis jerawat yang sifatnya ringan. Jerawat yang sifatnya sudah meradang biasanya tidak bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi tape. Kondisi jerawat yang sudah meradang biasanya harus disembuhkan dengan perawatan rutin dan juga menggunakan antibiotik.

Itulah manfaat tape untuk mengatasi jerawat. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan lambung sebaiknya tidak mengkonsumsi tape terlalu banyak. Rasa asam pada tape bisa meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan dinding lambung mengalami luka.

Manfaat Tape bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis tape yang sering kita jumpai di sekitar kita adalah tape singkong. Tape ini dibuat melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan ragi. Biasanya proses fermentasi singkong menggunakan ragi tersebut berlangsung selama 2 hari.

Dalam proses pembuatannya, tape akan melibatkan mikroorganisme (ketika melakukan proses fermentasi). Karena itulah, cita rasa dari tape singkong sangatlah khas. Ketika melalui tahapan fermentasi, tape akan melalui proses perombakan komponen kimia dengan bantuan dari ragi. Tahapan perombakan tersebut berasal dari senyawa kimia kompleks yang berubah menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana. Karena itulah, singkong yang telah menjadi tape akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan singkong yang belum dijadikan tape.

Selain menawarkan diri sebagai jenis makanan yang mudah dicerna, tape singkong juga memiliki berbagai manfaat lain bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

Sponsors Link

1. Mencegah Osteoporosis

Selama ini kita memperoleh sumber nutrisi untuk mencegah osteoporosis dengan mengkonsumsi susu. Namun, mengkonsumsi tape ternyata juga memberikan manfaat yang sama, yaitu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Tape singkong kaya akan kandungan vitamin K yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang sehingga terhindar dari pengeroposan.

2. Sebagai Sumber Karbohidrat

Sebelum diolah menjadi tape, singkong merupakan salah satu jenis umbi yang kaya akan kandungan karbohidrat. Namun perlu Anda tahu, singkong yang telah diolah menjadi tape ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi. Jadi, dengan mengkonsumsi tape tubuh akan terasa lebih bugar dan memiliki tenaga ekstra untuk melakukan banyak aktivitas.

3. Mencegah Kerusakan Saraf

Seperti yang telah dijelaskan seblumnya, tape memiliki kandungan vitamin K yang cukup banyak. Vitamin K ternyata tidak hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang saja. Vitamin K juga berguna untuk mencegah kerusakan saraf.

4. Mencegah Anemia

Tape singkong memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin B kompleks, riboflavin, thiamin, dan juga piridoksin. kandungan ribiflavin di dalam tape singkong itulah yang dapat mencegah anemia karena berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tape merupakan makanan tradisional yang kaya akan kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, dan juga air. Proses fermentasi dalam pembuatan tape akan meningkatkan jumlah vitamin B1 (tiamin) di dalam tape singkong hingga tiga kali lipat. Vitamin B1 tersebut berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. selain itu, vitamin B1 juga berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan juga sel-sel otot.

Proses pembuatan tape yang memanfaatkan ragi juga membuat tape memiliki kandungan bakteri baik yang aman untuk dikonsumsi. Bakteri baik pada tape itulah yang berguna sebagai prebiotik alami. Dalam satu mililiter cairan tape terdapat bakteri asam laktat sekitar satu juta. Proses fermentasi yang meningkatkan jumlah bakteri baik itulah yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan juga sistem pencernaan dan mampu mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam usus.

Sponsors Link

6. Mengeluarkan Aflaktosin dari Dalam Tubuh

Aflaktosin adalah adalah sejenis racun yang dihasilkan oleh kapang, terutama oleh bakteri Aspergillus flavus. Jenis bakteri racun tersebut bisa kita temukan dalam makanan sehari-hari seperti pada kecap. Namun, mengkonsumsi tape ternyata mampu mengeluarkan jenis racun tersebut dari dalam tubuh.

Kelemahan Mengkonsumsi Tape

Untuk memperoleh manfaat tape, baik untuk menghilangkan jerawat maupun untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tentu jumlahnya harus dibatasi. Beberapa kasus menunjukkan bahwa mengkonsumsi tape dalam jumlah yang berlebih justru akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti infeksi pada darah dan juga gangguan sistem pencernaan.

Orang-orang yang memiliki sistem imunitas yang rendah (seperti pada anak-anak balita, lansia, dan penderita HIV) bisa terserang penyakit ketika mengkonsumsi tape. Penyakit tersebut kemungkinan berasal dari beberapa jenis bakteri yang terlibat dalam proses pembuatan tape. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit, tentu mengkonsumsi tape harus dilakukan dengan jumlah yang tidak berlebih. Selain itu, penyimpanan tape juga harus dilakukan di tempat yang higienis.

Itulah beberapa manfaat tape bagi kesehatan tubuh. selain mampu menghilangkan jerawat, tape juga memberikan manfaat lain untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, untuk memperoleh manfaat dari tape, usahakan agar konsumsi tape tetap dalam jumlah yang terkontrol. Anda juga perlu tahu, ada dua macam tape, yaitu tape dengan warna kuning dan tape berwarna putih.

Namun, tape yang memiliki warna kuning biasanya memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan dengan tape yang berwarna putih. Perlu Anda tahu juga bahwa proses fermentasi tape yang paling baik berkisar selama 2 sampai 3 hari. Jika proses fermentasi dilakukan terlalu lama, rasa tape bisa berubah menjadi asam dan kadar alkoholnya menjadi terlalu tinggi. Karena itulah, konsumsilah tape setelah difermentasi selama 2 sampai 3 hari.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 16:11 Oleh :
Kategori : Pengobatan