Sponsors Link

4 Manfaat Temulawak Untuk Jerawat di Rumah Paling Mudah

Sponsors Link

Temulawak adalah salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di Indonesia. Umumnya pemanfaatan temulawak adalah sebagai jamu minum yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan rimpang temulawak antara lain adalah penyakit ginjal, hati, mual, bahkan penyakit kanker. Temulawak banyak ditemukan di dataran rendah dan sangat terkenal di Pulau Jawa dan dipercaya menjadi salah satu tanaman herbal yang  memiliki sifat farmakologi.

Sponsors Link

Baca juga:

Selain dipercaya sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh, ternyata temulawak juga bisa dimanfaatkan sebagai produk perawatan dan kecantikan kulit. Beberapa produsen bahkan membuat krim berbahan dasar temulawak yang diklaim bisa memutihkan kulit dan menjadikan kulit lebih indah. Ternyata temulawak pun bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan untuk wajah yang berjerawat. Berikut ini adalah manfaat temulawak untuk jerawat :

Artiekl terkait:

1. Masker Temulawak yang Anti-bakteri

Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang memiliki banyak sekali kegunaan. Minyak atsiri dalam temulawak lineloo dan geraniol yang merupakan turunan dari senyawa fenolik yang bersifat antibakteri. Oleh karena itu, temulawak dapat membantu membunuh dan mengurangi aktifitas bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan serta infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab jerawat. Untuk mendapatkan manfaat antibakteri dari temulawak, Anda dapat membuat sendiri masker dari ekstrak temulawak. Berikut adalah cara pembuatan masker temulawak untuk jerawat (Baca juga: Manfaat Masker Beras Untuk Bekas Jerawat).

  • Bersihkan rimpang temulawak kurang lebih 2 cm lalu cuci bersih
  • Parut rimpang temulawak tambahkan sedikit air (1 sdm)
  • Campur hingga merata dan gunakan sebagai masker di wajah.

Adapun masker temulawak dapat digunakan di waktu malam hari sebelum tidur. Gunakan masker temulawak di wajah yang sudah dibersihkan. Penggunaan masker temulawak maksimal adalah 30 menit atau hingga masker mengering, hindari penggunaan masker sambil dibawa tidur atau sampai pagi karena bisa menutup pori – pori kulit dan menghalangi sirkulasi udara.

Artikel terkait:

Sponsors Link

2. Jamu Temulawak sebagai Anti-toksin

Jamu temulawak sebenarnya sudah memiliki kepopuleran tersendiri bagi para pecinta jamu tradisional. Jamu temulawak terkenal dengan banyak manfaat karena kaya kandungan anti-toksin dan anti-oksidan tinggi yang berguna untuk menyembuhkan banyak jenis penyakit. Jamu temulawak juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat dari dalam. Zat anti-toksin yang tergantu dalam temulawak dapat membantu membuang racun akibat jerawat. Racun dalam tubuh yang mengakibatkan jerawat dapat berupa radikal bebas dan lemak yang bisa memacu produksi minyak di kelenjar kulit, khususnya kulit wajah. (Baca juga: Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Cepat)

Berikut ini adalah jamu temulawak yang bisa digunakan untuk penyembuhan dari dalam:

  • Siapkan 1,5 cm temulawak, 3 buah asam jawa, dan 1 sdm gula aren (gula jawa)
  • Kupas temulawak hingga benar – benar bersih dari kulitnya
  • Rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air atau 800 ml hingga tinggal setengahnya
  • Saring air hasil rebusan
  • Jamu temulawak siap dikonsumsi

Anjuran untuk meminum jamu ini adalah 2 kali sehari, namun hanya perlu dilakukan seminggu dua kali. Konsumsi jamu temulawak secara berlebihan tidak dianjurkan karena zat aktif dalam temulawak memiliki batas aman untuk dikonsumsi dan berefek racun bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau besar sekaligus.

ads

3. Bedak Temulawak sebagai Anti-Inflamasi

Selain masker, temulawak juga bisa dimanfaatkan sebagai bedak dingin untuk mengurangi efek peradangan atau kemerahan pada kulit yang berjerawat. Bedak dingin ini bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan sehingga dapat dipakai baik untuk yang memiliki kulit berminyak maupun kulit kering. Cara pembuatan bedak temulawak adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih rimpang temulawak dan kupas hingga kulitnya hilang
  • Rimpang temulawak seukuran ibu jari kemudian dihaluskan dapat ditumbuk atau diblender
  • Campurkan dengan tepung beras kira – kira 2 sdm
  • Tambahkan minyak zaitun atau madu 1 sdm, keringkan di sinar matahari
  • Bedak temulawak siap digunakan

Bedak temulawak ini dapat diawetkan dengan cara disimpan dalam bentuk adonan pipih kecil sebelum dikeringkan di bawah sinar matahari. Sebelum digunakan, Anda dapat melarutkannya dengan air secukupnya. Bedak dingin baik digunakan di pagi hari atau di malam hari. Gunakan selama kurang lebih 3 atau 4 jam agar kandungan alami dari bahan – bahan ini meresap dan bisa memperbaiki sel – sel kulit.

4. Krim Temulawak untuk Mengurangi Kandungan Minyak dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Salah satu produk kecantik berbahan dasar temulawak yang sudah mulai banyak digunakan adalah Krim temulawak. Krim temulawak mengandung ekstrak alami temulawak dan bahan lainnya yang dapat membantu mengurangi kandungan minyak berlebih pada kulit. Kandungan senyawa fenolik membantu menekan produksi minyak dari kelenjar di bawah kulit sehingga produksi minyak akan lebih terkontrol atau tidak terlalu berlebihan. Manfaat lainyya dari Krim Temulawak ini juga memiliki fungsi sebagai pencerah alami kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat yang membandel. Krim temulawak memiliki sifat astringen atau menekan ukuran pori – pori dari dalam kulit sehingga produksi minyak otomatis akan lebih sedikit karena ukuran pori – pori yang mengecil.

Baca juga:

Beberapa krim temulawak saat ini sudah dijual bebas di pasaran, namun hati – hati dalam memilih karena banyak krim temulawak palsu yang mungkin malah membahayakan kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah tips memilih krim temulawak agar khasiatnya dapat benar – benar Anda rasakan:

  • Pilihah krim yang telah terdaftar di BPOM, pastikan nomor BPOM nya benar dan tidak asal tulis.
  • Belilah Krim temulawak di apotik atau toko obat yang terpercaya, bila dilakukan pembelian online pastikan reputasi penjual baik.
  • Pastikan kemasannya tersegel dengan baik dan tidak ada kebocoran
  • Hindari membeli krim dengan bau dan warna yang menyengat atau dengan harga yang sangat murah.

Krim temulawak sangat baik digunakan setiap hari di pagi dan malam hari. Penggunaan krim sebaiknya tidak terlalu tebal untuk melihat reaksinya pada kulit, jika terjadi iritasi atau alergi maka penggunaan harus dihentikan dan berkonsultasi pada dokter.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 03:26 Oleh :
Kategori : Pengobatan