Sponsors Link

10 Manfaat Tomat Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu musuh besar bagi semua orang, terutama bagi kaum hawa. Kepercayaan diri mereka bisa hilang apabila terdapat bintik jerawat di muka kita. Berbagai macam cara dilakukan mereka untuk menghilangkan jerawat walaupun harus mengeluarkan banyak uang. Sebenarnya ada cara alternatif yang mudah dan alami, serta tidak memerlukan banyak uang. Yaitu dengan memanfaatkan tomat.

Sponsors Link

Kandungan dalam Tomat

Selama ini kita hanya memanfaatkan tomat sebagai bahan untuk lalapan dan jus. Namun sebenarnya tomat memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita. kandungan yang ada di dalam tomat antara lain :

  • Antioksidan
  • Solanin, saponin
  • Asam folat, asam malat, asam sitrat
  • Bioflavonoid (termasuk likopen, alfa dan beta karoten)
  • Protein dan lemak
  • Vitamin C dan Vitamin A
  • Mineral dan histamin.

Inilah beberapa kandungan yang terdapat di dalam tomat. Kandungan yang baik untuk menghilangkan jerawat adalah vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit anda, bisa juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melawan radikal bebas yang bersumber dari lingkungan sekeliling kita.
Mungkin anda masih bingung bagaimana caranya menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat. Tidak usah khawatir, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara penggunan tomat dan apa saja bahannya.

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat bisa melalui 2 cara yaitu :

  • Dari Dalam

Cara dari dalam, yaitu anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung. Misalkan sebagai bahan lalapan, sebagai bahan dari sambal, pelengkap bumbu makanan. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi tomat dengan cara di jus. Untuk jus anda bisa menggunakan tomat saja atau di campur dengan bahan lain. Biasanya untuk jus anda bisa mencampurkan dengan wortel.

Tujuan kita menggunakan wortel adalah menambah kandungan vitamin A yang ada, karena semakin banyak vitamin A maka jerawat akan semakin mudah hilang. Selain itu kita juga bisa mencampur tomat dengan madu, kandungan dalam madu menambah ampuh khasiat tomat untuk menghilangkan jerawt.

ads
  • Dari Luar

Sedangkan dari luar, kita bisa memanfaatkan tomat sebagai masker. Yang pertama kita bisa gunakan tomat saja tanpa campuran, caranya potong tomat tipis-tipis kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah yang terkena jerawat, tunggu bebrapa menit lalu bilas dengan air bersih. Yang kedua adalah dengan membuat masker dari tomat dengan beberapa campuran bahan alami yang berkhasiat.

Untuk mendapatkan manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat, dapat dibuat menjadi masker tomat seperti di bawah ini :

1. Campuran Tomat, Lemon dan Oatmeal

Ketiga bahan ini bila dicampur akan memberikan manfaat bagi kulit kita, selain dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah, juga bisa digunakan untuk mengempiskan jerawat. Caranya adalah haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian masukkan dalam wadah. Campur dengan air perasan lemon dan oatmeal. Sebelum dioleskan ke wajah, bersihkan terlebih dulu wajah anda dengan air bersih. Tunggu 10 menit, setelah itu basuh dengan air hangat.

2. Campuran Tomat, Gula Jawa dan Jeruk Nipis

Dengan mencampur tiga bahan ini, manfaat yang akan anda rasakan adalah pori-pori anda akan terbebas dari kotoran, jerawat pun juga akan hilang. Caranya adalah blender tomat sampai halus kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit gula jawa. Aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Kemudian oleskan dan pijit perlahan dengan gerakan melingkar pada bagian wajah yang terkena jerawat. Tunggu 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Masker Tomat dan Susu Cair

Susu cair adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai campuran untuk membuat masker tomat. Susu memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Caranya adalah blender tomat sampai halus, tambahkan sedikit air. Setelah itu campurkan susu cair dan aduk sampai mencampur sempurna. Kemudian masukkan ke dalam lemari es sampai dingin. Setelah dingin ambil kuas masker, kemudian celupkan kuas tersebut dan oleskan ke bagian wajah yang terkena jerawat. Jangan sampai terkena mata. Tunggu hingga 10 menit setelah itu basuh hingga bersih.

4. Masker Tomat dan Maizena

Ternyata maizena tidak hanya digunakan untuk membuat kue, tapi juga bisa digunakan sebagai bahan pelengkap masker tomat. Selain mampu menghaluskan wajah campuran ini dipercaya mampu menghilangkan jerawat. Caranya dengan menghaluskan tomat dengan cara di blender kemudian campurkan satu sendok maizena, aduk sampai terbentuk campuran yang sempurna. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena jerawat. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air hangat dan disusul dengan air dingin.

5. Masker Tomat Dengan Mentimun

Kita tahu sendiri mentimun adalah bahan yang memiliki kandungan baik bagi kesehatan, anda bisa menggunakan campuran mentimun untuk masker anda. Campuran ini akan membuat wajah lebih bersinar dan segar. Selain itu juga bisa melenyapkan jerawat. Caranya adalah haluskan tomat dengan cara diblender kemudian campur dengan parutan mentimun. Setelah tercampur oleskan ke bagian kulit yang terkena jerawat. Tunggu 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Campuran Tomat dengan Yogurt

Selain untuk diminum, yogurt juga bisa digunakan sebagai campuran masker tomat, campuran ini baik untuk kulit kering dan juga penghilang jerawat. Caranya dengan blender tomat sampai halus lalu tambahkan satu sendok yogurt, kemudian blender lagi campuran ini smapi tercampur sempurna. Sebelum mengoleskan masker ini bersihkan wajah dengan air hangat kemudian olesi wajah dengan campuran ini. Tunggu beberapa menit sampai keriing dan bilas dengan air hangat kemudian air dingin. Setelah itu keringkan dengan handuk, jangan di gosok cukup di tekan-tekan.

Sponsors Link

7. Campuran Tomat dengan Kentang

Campuran ini sanggup menghilangkan jerawat dan mampu memutihkan kulit. Caranya dengan rebus kentang kemudian haluskan, di sisi lain blenderlah tomat sampai halus. Kemudian campur keduanya sampai rata. Setelah jadi oleskan ke bagian wajah yang jerawatan. Setelah itu bilas dengan air hangat dan ikuti dengan air dingin.

8. Masker Tomat dengan Madu

Campuran ini bisa digunakan sebagai penghilang jerawat, selain itu bisa menghilangkan komedo. Caranya dengan memblender tomat sampai halus, setelah itu tambahkan satu sendok madu. Aduk hingga rata, settelah itu oleskan ke bagian wajah yang terdapat jerawatnya. Tunggu hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Campuran tomat dengan Gel Lidah buaya

Pada dasarnya gel lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, namun dengan campuran tomat akan membuat kinerjanya semakin maksimal untuk menghilangkan jerawat. Caranya haluskan tomat dengan blendr kemudian ambil gel lidah buaya dan campur keduanya. Setelah itu oleskan campurran ini pada jerawat. Tunggu bebrapa menit dan bilas dengan air bersih.

10. Campuran Tomat dengan Pepaya

Pepaya ternyata bisa juga digunakan sebagai campuran masker tomat. Campuran ini akan mampu menghilangkan jerawat. Caranya hanya dengan mencampu tomat dan pepaya lalu haluskan dengan blender. Setelah tercampur oleskan perlahan pada bagian wajah yang ada jerawatnya. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Inilah beberapa solusi dengan manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa kreasikan tomat dengan bahan lain asalkan tidak berbahaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal