Sponsors Link

5 Masker Penghilang Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Bekas jerawat merupakan satu masalah yang sering membuat kesal hingga menjadi momok yang menakutkan setelah jerawat berhasil disembuhkan. Terlebih lagi bekas jerawat juga memiliki dampak psikologi yang sama dengan dampak psikologis akibat jerawat, seperti mengurangi rasa percaya diri karena kulit terkesan kotor dengan bercak hitam. Walaupun tidak semua jerawat yang tumbuh akan menghasilkan bekas jerawat, namun hal ini tetap perlu diwaspadai. Bekas jerawat sendiri biasanya timbul disebabkan karena proses penyembuhan jerawat yang tidak sempurna, jerawat yang dipencet secara sengaja, hingga pengobatan yang salah. Bekas jerawat memang dikenal juga sebagai masalah kulit yang susah dan membutuhkan waktu yang lama untuk disembuhkan. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan direkomendasikan masker penghilang bekas jerawat dengan bahan alami yang wajib anda coba karena terbukti efektif mengatasi masalah bekas jerawat. Berikut beberapa diantaranya:

Sponsors Link
  1. Kunyit dan Buah Pisang

Masker penghilang bekas jerawat yang pertama adalah dari perpaduan kunyit dan buah pisang. Kunyit sendiri mengandung kurkuminoid yang sangat bagus untuk mengatasi masalah jerawat meradang dan bekas jerawat. sedangkan buah pisang mengandung banyak vitamin E, antioksidan, dan potasium yang bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan wajah. Cara membuat masker ini juga cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan 1 sdm bubuk kunyit, 1 buah pisang dengan ukuran sedang, dan 1 sdm soda kue.
  • Haluskan buah pisang dan masukkan kedua bahan lainnya.
  • Aduk dan campur hingga merata.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dan oleskan masker campuran tersebut pada wajah anda hingga merata, terutama pada bagian bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Pemakaian masker kunyit dan buah pisang memang dapat membuat kulit terasa kering sesaat, oleh sebab itu anda dapat menggunakan pelembab wajah setelah penggunaan masker ini.

  1. Alpukat

Masker penghilang bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan buah alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E yang baik bagi kulit dan dapat meredakan peradangan akibat jerawat. Masker alpukat juga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan dapat membantu merawat kulit berminyak. Cara membuat masker alpukat untuk wajah berjerawat dan berbekas jerawat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan setengah bagian buah alpukat dan 1 sdm madu
  • Haluskan buah alpukat dan campurkan dengan madu.
  • Setelah tercampur rata oleskan pada wajah anda terutama pada bagian berbekas jerawat secara merata, jangan lupa pula untuk mencuci wajah anda terlebih dahulu.
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat setelahnya.
  1. Madu dan Putih Telur

Manfaat madu untuk jerawat dan bekas jerawat memang tidak perlu diragukan lagi, seperti kandungan zat antibakteri alami didalamnya yang dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itu, madu sering dijadikan bahan campuran untuk membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, salah satunya adalah dengan campuran putih telur.

  • Siapkan 2 hingga 3 sdm madu dan putih telur.
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga tercampur merata.
  • Oleskan masker tersebut pada seluruh wajah anda sebelum tidur.
  • Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat pada keesokan harinya hingga benar-benar bersih.

Perlu diperhatikan disini bahwa anda harus benar-benar memisahkan putih telur dan kuning telur dengan benar, jangan sampai masih ada kuning telur yang tercampur karena kuning telur mengandung lemak yang tidak baik bagi kulit.

  1. Mentimun

Mentimun untuk merawat kulit wajah memang sudah tidak asing lagi, terlebih masker mentimun juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Mentimun sendiri mengandung zat anti aging, anti jerawat, hingga anti keriput. Oleh sebab itu, banyak produk perawatan kulit wajah yang menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. Membuat masker mentimun sendiri juga cukup mudah, caranya adalah:

  • Siapkan mentimun segar dan kupas kulitnya.
  • Potong mentimun menjadi beberapa bagian berukuran sedang, kemudian blender hingga halus.
  • Bilas wajah sebelum mengoleskan masker mentimun ini pada wajah anda secara merata.
  • Setelah dioleskan tunggu selama 15 menit dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

Anda dapat menggunakan masker ini setiap hari agar bekas jerawat di wajah anda cepat hilang dan kulit wajah anda terjaga kebersihan serta kecantikannya karena ternutrisi dengan baik.

  1. Tomat

Masker penghilang bekas jerawat dengan bahan alami yang terakhir adalah dengan menggunakan tomat. Buah tomat sendiri mengandung kandungan yang kaya akan vitamin A dan C yang sangat bagus digunakan dalam menjaga kesehatan kulit hingga membasmi bekas jerawat dan jerawat yang membandel. Menggunakan masker tomat juga dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Cara membuat masker tomat untuk menghilangkan bekas jerawat sendiri cukup mudah, anda hanya perlu melakukan langkah berikut:

  • Siapkan 1 atau 2 buah tomat sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Haluskan tomat yang telah dicuci bersih dengan blender.
  • Oleskan pada wajah anda yang telah dibilas bersih secara merata terutama pada bagian yang berbekas jerawat.
  • Diamkan selama 30 hingga 1 jam, dan bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Setelah menggunakan masker tomat, anda juga disarankan untuk menggunakan pelembab wajah.

Itulah 5 masker penghilang bekas jerawat dengan bahan alami paling efektif dan mudah untuk dicoba, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu anda menghilangkan bekas jerawat di wajah anda.

ads
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.