Sponsors Link

15 Masker untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sponsors Link

Agar tidak berhubungan segala sesuatu tentang jerawat, kulit wajah tentu harus dirawat dengan maksimal dan sebaik mungkin. Kulit wajah yang sangat rentan berjerawat adalah kulit wajah dengan tipe berminyak. Wajah yang berminyak lebih mudah berjerawat karena produksi minyak berlebih berpotensi untuk menyumbat pori pori kulit wajah. Jika minyak wajah bercampur dengan kotoran, maka tumbuhlah jerawat di wajah.

Sponsors Link

Cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo tidak perlu susah dan mahal. Cukup dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di dapur, kulit sehat dan cantik tanpa jerawat pasti jadi miliki Anda. Buat masker untuk kulit berminyak dan berjerawat dari bahan alami, gunakan secara rutin untuk merawat kulit wajah. Ini dia masker untuk kulit berminyak dan berjerawat beserta cara membuatnya.

1. Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis dan manfaat lemon untuk jerawat pasti sudah tidak asing lagi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada kedua buah tersebut membuatnya menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi minyak wajah yang berlebih. Tidak heran, cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dengan cepat sangat populer di kalangan para wanita.

2. Lidah Buaya

Tidak hanya merawat kecantikan rambut, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya menjadi pilihan karena manfaat yang dimiliki lidah buaya sangat besar. Lidah buaya memiliki sifat anti peradangan yang mencegah jerawat meradang dan membesar. Selain itu lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang alami, sehingga mampu mencegah kemerahan pada kulit akibat jerawat

3. Daun Seledri

Manfaat daun seledri untuk jerawat mungkin belum banyak diketahui oleh orang. Daun seledri mengandung vitamin E dan vitamin C yang menutrisi kulit secara alami, sekaligus mencegah bahaya radikal bebas. Daun seledri membuat wajah lebih cerah alami dan menghilangkan bekas jerawat menghitam berkat kandungan omega 6 yang dimiliki.

4. Susu

Susu adalah bahan alami yang mampu memutihkan kulit wajah dengan cepat. Sangat cocok untuk Anda yang punya masalah dengan bekas jerawat membandel. Tetapi untuk kulit berminyak sebaiknya pilih susu rendah lemak atau susu skim agar wajah tidak menjadi semakin berminyak. Dapatkan pula manfaat susu beruang untuk jerawat yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam dengan cepat.

5. Putih Telur

Putih telur adalah bahan alami yang terkenal ampuh mengurangi minyak wajah secara efektif. Kandungan di dalam putih telur yang bisa menutrisi kulit secara maksimal adalah enzim lysozyme, riboflavin, magnesium, protein, dan kalium. Cara membuat masker putih telur untuk menghilangkan jerawat juga mudah dan sederhana. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah mengencangkan dan membuat kulit lebih bersinar.

6. Apel

Apel termasuk ke dalam buah penghilang jerawat karena memiliki kandungan antiseptik dan astringent yang membuat kulit terasa nyaman dan ringan. Senyawa anti lemak di dalam buah apel juga bisa membantu mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Sel kulit mati juga mudah terangkat dengan menggunakan masker buah apel. Masker buah apel tidak akan membawa dampak negatif apapun pada kulit wajah Anda.

7. Tomat

Cara menghilangkan jerawat dengan masker tomat tentu sudah tidak asing lagi. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi, sehingga sangat ampuh untuk membunuh bakteri dalam jerawat. Selain itu tomat juga dapat memudarkan bekas jerawat dan membuatnya cerah bersinar alami.

8. Kulit Semangka

Kulit semangka kaya akan kandungan vitamin E dan vitamin C yang baik untuk kulit wajah. Vitamin E berfungsi menutrisi dan melembabkan kulit, serta mengecilkan pori pori yang besar karena jerawat. Sementara itu, vitamin C dapat berfungsi sebagai anti oksidan sekaligus zat pencerah alami yang memudarkan bekas jerawat dengan cepat.

Sponsors Link

9. Pisang

Masker pisang adalah cara menghilangkan jerawat batu secara tradisional yang banyak digunakan. Pisang bisa dijadikan sebagai nutrisi perawatan rambut dan kulit yang membuatnya lebih sehat dan terlihat segar. Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, B, dan E yang bermanfaat mengurangi tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan di wajah.

10. Yogurt

Produk olahan susu yang satu ini sangat baik untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Yogurt dapat mencerahkan kulit secara alami dan memudarkan bekas jerawat dengan cepat. Bakteri baik yang ada dalam yogurt mampu melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

11. Madu

Manfaat madu untuk jerawat memang tidak usah diragukan lagi. Madu mampu menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya dengan sangat efektif. Bahan alami yang satu ini juga punya manfaat melembabkan, anti bakteri, mengurangi iritasi, sekaligus sebagai anti septik. Madu juga dapat mengecilkan pori pori yang membesar karena jerawat.

12. Bengkoang

Sebagai bahan alami yang hampir selalu ada di setiap produk perawatan kulit, khasiat bengkoang untuk jerawat memang sudah terbukti. Di antara manfaat bengkoang untuk kulit adalah mengurangi minyak pada wajah secara alami, mengecilkan pori pori dan menjadikan kulit wajah lebih cerah.

Sponsors Link

13. Kentang

Selain bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah, manfaat kentang untuk jerawat adalah mencegahnya untuk tumbuh lagi. Kentang kaya akan kandungan vitamin B1, vitamin C, dan kalsium. Flek hitam dan noda bekas jerawat juga dapat dengan mudah diatasi dengan masker kentang yang alami.

14. Cuka Apel

Manfaat cuka apel untuk jerawat sebenarnya sama dengan buah apel. Namun penggunaan cuka apel tentu lebih praktis karena tidak perlu diolah. Cuka apel mengandung AHA yang bisa menjaga kelembaban kulit, serta anti bakteri yang melawan bakteri penyebab jerawat.

15. Alpukat

Manfaat masker alpukat untuk jerawat didapatkan dari kandungan anti oksidan dan beta karoten yang ada di dalamnya. Buah alpukat juga mampu mengatasi radikal bebas dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Vitamin C dan E serta asam lemak tak jenuh sangat menyehatkan untuk kulit.

Sponsors Link

Cara Membuat Masker untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bahan bahan alami di atas sangat baik untuk merawat kecantikan kulit agar terhindari dari jerawat. Lidah buaya, madu, susu, dan cuka apel bisa langsung digunakan tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Untuk bahan yang lain, ini dia cara membuat masker untuk kulit berminyak dan berjerawat secara alami.

  1. Siapkan bahan alami yang diperlukan, cuci bersih, kupas kulitnya bila perlu.
  2. Haluskan bahan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  3. Untuk setiap bahan, bisa ditambahkan madu atau minyak zaitun.
  4. Oleskan di wajah secara merata, lalu biarkan meresap selama 15 sampai 20 menit.
  5. Bilas wajah dengan air hingga bersih tanpa sisa masker.
  6. Ulangi proses ini sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Itulah masker untuk kulit berjerawat yang terbuat dari bahan alami. Menggunakan bahan alami tentu lebih aman karena bebas dari bahan kimia dan bahan pengawet yang berbahaya. Jadi, selamat merawat kesehatan kulit ya!

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan