Sponsors Link

Inilah 8 Minuman Herbal untuk Menghilangkan Jerawat Wajib Konsumsi

Sponsors Link

Jerawat adalah adalah salah satu masalah yang paling sering dialami baik bagi pria ataupun wanita. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan masalah satu ini. Karena bila tidak ditangani maka jerawat bisa mengakibatkan dampak psikologis akibat jerawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi minuman herbal.

Sponsors Link

Berikut adalah beberapa minuman herbal untuk menghilangkan jerawat, diantaranya adalah:

  • Kunyit asam

Kunyit asam adalah jenis jamu yang terbuat dari parutan kunyit dan asam jawa. Rasa yang dihasilkan dari minuman tradisional ini yaitu rasa manis, asam, dan segar. Kandungan cucurmint dalam kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi peradangan akibat jerawat. antiseptik dan antibaktei yang dikandung oleh kunyit berfungsi untuk melawan bakteri penyabab jerawat. Tak hanya meredakan masalah jerawat, rutin mengonsumsi kunyit yang mengandung vitamin C dan betakaroten juga menghilangkan noda bekas jerawat.

  • Air kelapa

Selain terkenal sebagai minuman segar yang memiliki segudang manfaat untuk menetralkan racun dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, air kelapa ternyata juga berperan sebagai cara menstabilkan hormon penyebab jerawat. Mengonsumsi air kelapa selain dengan meminumnya juga bisa menggunakannya dengan cara dibasuhkan ke wajah secara rutin sebagai bentuk terapi untuk menghilangkan jerawat dari luar.

  • Beras kencur

Beras kencur adalah minuman tradisional yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya selain untuk menjaga kesehatan tubuh serta membuat tubuh terlihat bugar, beras kencur yang memiliki rasa manis dan segar sangat baik untuk kesehatan wajah. Jerawat bisa hilang, wajah tampak lebih kencang dan kulit lebh cerah setelah mengonsumsi minuman ini.  Selain sebagai minuman, beras kencur juga dapat digunakan sebagai masker.

  • Jus buah oranye dan sayuran hijau

Buah-buahan berwarna oranye seperti mangga, papaya, dan labu kaya akan kandungan vitamin A. Bahan makanan yang kaya akan vitamin A jika digabungkan dengan sayuran hijau memiliki nutrisi penting bagi kulit untuk menangkal bakteri penyebab jerawat.

  • Air seduhan tapai

Tapai mengandung alkohol rendah dari proses fermentasi yang dilakukannya. Mengonsumsi air seduhan tapai atau yang sudah diolah menjadi jus sangat bermanfaat untuk membantu menetralisir lemak dan sebagai cara mengatasi jerawat berutusan secara alami . Selain itu, air atau jus seduhan tapai juga memiliki kandungan vitamn B1 yang befungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

  • Yogurt

Perlu diingat bahwa saluran pencernaan berhubungan dengan kondisi kulit. Pencernaan yang tidak baik akan menyebabkan terakumulasinya racun di dalam tubuh dan akhirnya mempengaruhi kondisi kulit seperti jerawat. Mengonsumsi yogurt akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kulit pun menjadi bersih dan terbebas dari jerawat. Namun, tetap jangan berlebihan ketika mengonsumsi sebab makanan yang difermentasi akan menyebabkan penumpukan bakteri di dalam usus dan ujungnya menimbulkan jerawat.

  • Teh hijau

Teh hijau yang mengandung ekstrak etanolik mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, teh hijau dengan kandungan catechin dan antiksidan juga berperan besar menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan mengatasi inflamasi yang disebabkan akibat jerawat agar oksidasi sebum dapat dikontrol dan sebagai cara agar jerawat tidak menular. Teh hijau tersebut mengandung 137 kali lebih tinggi dari teh biasa.

  • Air jeruk nipis atau lemon

Air perasan lemon atau jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat memiliki segudang manfaat. Selain untuk melancarkan makanan, melunturkan lemah, membersihkan racun, air dengan perasan air jeruk nipis.

Semoga artikel ini bermanfaat. 

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.