Sponsors Link

3 Mitos Jerawat di Atas Bibir yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Tidak ada satu orang pun yang melewati masa hidupnya tanpa mengalami masalah jerawat, karena masalah jerawat adalah masalah kulit yang paling umum terjadi dan banyak dialami, terutama pada masa remaja. Bahkan bukan hanya kaum wanita saja, namun jerawat juga sering menyerang kaum laki-laki. Hal ini yang menyebabkan banyak orang sering mencari tahu mengenai segala sesuatu tentang jerawat, termasuk juga mitos-mitos tentang timbulnya jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Sponsors Link

Jerawat memang dapat muncul dimana pun tanpa dapat diprediksi sebelumnya, salah satunya adalah jerawat muncul di atas bibir. Oleh sebab itu pasti ada pula beberapa mitos jerawat di atas bibir, dimana mitos merupakan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Walaupun begitu, banyak diantara orang-orang yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat menjadi mudah mempercayai mitos-mitos tersebut. Lalu apa saja mitos jerawat di atas bibir, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

  1. Jerawat di Atas Bibir Tanda Sembelit

Sama seperti penyebab jerawat terus bermunculan pada umumnya, jerawat di atas bibir juga dapat disebabkan karena beberapa faktor internal dan eksternal. Sebagai contoh seperti adanya pola makan yang tidak benar hingga perubahan hormon yang tidak stabil. Namun pernahkah anda mendengar atau membaca informasi mengenai jerawat di area bibir termasuk jerawat di atas bibir merupakan suatu pertanda sembelit? Memang banyak informasi mengenai penyebab munculnya jerawat di atas bibir yang dikaitkan dengan kondisi tubuh yang sedang mengalami sembelit. Walaupun begitu, sebenarnya asumsi tersebut belum dapat dibuktikan, artinya kondisi sembelit yang dialami seseorang belum dapat dibuktikan kaitannya dengan munculnya jerawat di bagian bibir, terutama jerawat di atas bibir.  Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa jerawat di atas bibir merupakan tanda sembelit, atau pun sembelit merupakan penyebab munculnya jerawat di bagian bibir merupakan bagian dari mitos atau informasi yang belum dapat diketahui dengan pasti kebenarannya.

  1. Menggunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Jerawat di Atas Bibir

Jerawat yang muncul di atas bibir identik atau berkaitan dengan penggunaan pasta gigi memang masih dianggap wajar. Namun anda pasti juga pernah mendengar mengenai cara mengobati jerawat terutama di area bibir, termasuk di atas bibir, dengan menggunakan pasta gigi, karena pasta gigi dianggap dapat mengeringkan jerawat lebih cepat. Sayangnya asumsi tersebut hanyalah salah satu mitos jerawat di atas bibir, karena sebenarnya pasta gigi tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat. Bahkan tidak sedikit jerawat yang muncul di atas bibir disebabkan karena kondisi bibir atau kulit yang tidak cocok dengan kandungan yang dikandung pasta gigi yang digunakan, sehingga memicu timbulnya jerawat. Kondisi tidak cocok tersebut juga dapat menjadi penyebab jerawat alergi muncul di atas bibir. Oleh sebab itu gunakan atau pilih pasta gigi yang sesuai atau cocok bagi anda, dan walaupun terbukti cocok tetap usahakan untuk tidak menggunakannya untuk mengobati jerawat agar tidak menyebabkan atau berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kenapa jerawat susah hilang.

  1. Memencet Jerawat dapat Membantu Penyembuhan

Mitos yang terakhir mengenai jerawat di atas bibir adalah mengenai asumsi bahwa memencet jerawat dapat membantu penyembuhan jerawat, karena anggapan bahwa jika jerawat pecah maka jerawat akan cepat mengering dan menghilang. Namun asumsi tersebut sangatlah salah, dimana biasanya jerawat sakit saat disentuh apalagi di pencet dan dapat menyebabkan penyebaran jerawat semakin cepat. Mengapa demikian karena kandungan nanah atau darah dan bakteri didalam jerawat yang pecah dapat menyebar jika tidak diatasi dengan benar, terlebih jika di pencet atau dipecahkan secara paksa. Oleh sebab itu benar adanya ketika ada larangan untuk tidak menyentuh jerawat terlalu sering atau bahkan memencet jerawat secara sengaja, karena hal ini bukan akan menyembuhkan jerawat justru dapat memicu jerawat lebih banyak dan bahkan lebih parah.

Selain mitos atau informasi yang belum dapat diketahui kebenarannya dengan pasti diatas, ada pula fakta yang sudah pasti mengenai jerawat di atas bibir. Salah satunya adalah kondisi perubahan hormon yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab jerawat muncul di atas bibir. Kondisi perubahan hormon merupakan penyebab jerawat yang paling umum terjadi, maka tidak heran jika jerawat hormon juga dapat muncul di atas bibir. jerawat karena hormon tidak seimbang ini biasanya disebabkan oleh hormon androgen, yang mana dapat terjadi saat menstruasi atau haid dan pubertas. Oleh sebab itu, jerawat diatas bibir juga dimungkinkan ada karena kondisi perubahan hormon yang tidak stabil, sehingga anda harus pandai-pandai mengatur kesehatan serta kondisi  produksi hormon pada tubuh agar tidak memicu timbulnya jerawat.

Demikian penjelasan mengenai mitos jerawat di atas bibir, perlu diingat bahwa dalam mengatasi jerawat dalam kondisi apapun anda harus tetap yakin dengan diri anda sendiri. Karena kesehatan diri dan tipe kulit atau kondisi tubuh anda hanya anda yang tahu. Semoga bermanfaat.

ads
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.