Sponsors Link

7 Obat Jerawat Bernanah dan Meradang Paling Ampuh

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal perlu diketahui dengan jelas karena terdapat bermacam-macam jenis jerawat, seperti jerawat hitam, jerawat merah, jerawat batu, jerawat bruntusan, dan jerawat bernanah. Salah satu jenis jerawat yang susah disembuhkan dan cepat menyebar di permukaan kulit ialah jerawat bernanah.

Sponsors Link

Jerawat bernanah seringkali muncul di bagian wajah maupun punggung. Biasanya, remaja yang sedang mengalami masa pubertas rentan akan jerawat ini karena kondisi kulit yang berminyak. Hal ini seringkali menurunkan rasa percaya diri dan memberikan dampak psikologis akibat jerawat.

Segala sesuatu tentang jerawat perlu diatasi, seperti misalnya jerawat bernanah dapat menyebar dan menjadi penyakit kulit serius bila tidak segera diatasi. Bila dibiarkan, bahaya jerawat bernanah dapat mengakibatkan jerawat bertambah parah dan bahkan menimbulkan bekas luka bopeng di kulit. Ada berbagai cara mengobati jerawat bernanah secara tradisional dan medis. Penasaran? Simaklah artikel berikut ini!

Obat Jerawat Bernanah

Jerawat bernanah biasanya ditandai dengan adanya ruam di sekeliling jerawat yang di dalamnya terdapat cairan bening. Cairan bening tersebut akan menjadi nanah jika tidak segera ditangani. Penderita jerawat bernanah seringkali merasa kesakitan jika jerawat diraba atau dipencet. Bila nanah keluar, seringkali bercampur dengan darah sehingga agak kehitaman. Apa penyebab jerawat bernanah?

Jerawat bernanah dapat muncul karena kulit yang berminyak dan sensitif. Selain itu, infeksi juga dapat terjadi jika jerawat yang muncul sering dipegang-pegang. Bila anda terbiasa melakukan hal tersebut, maka anda harus menghindarinya. Jerawat bernanah dipicu oleh kotoran, debu, polusi udara yang bersifat tidak steril dan dapat membawa bakteri penginfeksi jerawat. Saat disentuh, pada tangan seringkali terdapat kotoran sehingga berbahaya bagi jerawat. Hal ini akan lebih parah bila jerawat digaruk dan keluar cairan bening. Cairan bening yang menyebar membawa biji jerawat dan berpotensi menjadi jerawat baru.

Cara mengatasi jerawat bernanah dapat ditempuh dengan berbagai cara sebagai obatnya:

1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat bernanah. Manfaat bawang putih untuk jerawat ialah memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti bakteri. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih ialah sebagai berikut:

  • Sebanyak tiga siung bawang putih disiapkan, kemudian ditumbuk halus
  • Oleskan hasil tumbukan pada kulit wajah, terutama area yang terdapat jerawat bernanah.
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Untuk mendukung penyembuhan, bawang putih dapat digunakan pada masakan agar dikonsumsi dan memberikan manfaat dari dalam tubuh.

Sponsors Link

2. Jeruk Nipis

Bahan alami selanjutnya yang menjadi favorit dalam mengatasi jerawat ialah jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat ialah sebagai salah satu buah yang asam dan memiliki kandungan senyawa anti bakteri sehingga diperlukan dalam pengobatan jerawat bernanah. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis ialah sebagai berikut:

  • Siapkan jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Peras jeruk nipis dan tampung hasilnya di dalam botol.
  • Diamkan selama sehari sehingga terjadi fermentasi
  • Oleskan pada kulit wajah anda yang sudah bersih, terutama pada area jerawat yang bernanah.
  • Lakukan secara rutin setiap hari hingga jerawat bernanah terobati.

3. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah buah yang digunakan dalam masakan sebagai cita rasa asam. Belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa berupa vitamin C dan senyawa lainnya yang bersifat anti bakteri sehingga membantu proses pengobatan jerawat yang bernanah karena mencegah terjadinya infeksi dan iritasi lebih lanjut. Cara pengobatannya ialah sebagai berikut:

  • Sebanyak tiga sampai empat belimbing wuluh disiapkan.
  • Bilaslah wajah anda hingga bersih.
  • Haluskan belimbing wuluh hingga membentuk pasta yang dapat digunakan sebagai masker.
  • Oleskan pada kulit wajah, terutama area yang terdapat jerawat bernanah.
  • Diamkan selama 15 hingga 25 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Lakukan selama 3 hari berturut-turut agar jerawat bernanah terobati.

4. Madu

Madu tidak hanya bergizi untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki khasiat yang baik untuk jerawat. Manfaat masker madu untuk jerawat ialah karena kandungan senyawa yang mampu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat yang ada. Penggunaan masker madu setiap hari mampu mengatasi jerawat bernanah, bintik hitam, hingga bintik kotoran.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu ialah sebagai berikut:

  • Siapkan madu secukupnya.
  • Oleskan madu secara rata ke kulit, terutama area yang terdapat jerawat bernanah.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan secara rutin hingga jerawat bernanah terobati.
Sponsors Link

5. Jagung Muda

Jagung muda merupakan salah satu bahan masakan sehari-hari, ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi jerawat. Jagung muda mampu membantu mengobati jerawat bernanah. Cara penggunaannya ialah sebagai berikut:

  • Siapkan jagung muda secukupnya.
  • Jagung muda diparut hingga bertekstur lembut.
  • Campurkan hasil parutan dengan putih telur, kemudian diaduk merata.
  • Bilas wajah dengan pembersih terlebih dahulu.
  • Oleskan hasil campuran pada kulit wajah, terutama area yang terdapat jerawat bernanah.
  • Diamkan selama 25 hingga 40 menit.
  • Bilas kembali wajah dengan air hangat.

6. Minuman Jahe

Anda pastinya mengenal bahan herbal satu ini, yaitu jahe. Selain sebagai bumbu dapur, jahe ternyata berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat jahe untuk menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga cocok untuk mengobati jerawat bernanah yang mudah terinfeksi dan iritasi. Pemanfaatan jahe secara praktis dapat dilakukan dari dalamMomen, yakni dengan meminum jus jahe secara rutin.

7. Obat Medis

Selain bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas, terdapat obat medis untuk mengatasi jerawat bernanah. Pilihlah obat jerawat di apotik yang aman untuk digunakan, perhatikan dan ketahuilah ciri-ciri obat jerawat yang berbahaya. Contoh obat jerawat medis yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat bernanah ialah Moment Teragen dan Biocell.

  • Moment Teragen merupakan obat yang berbasis bahan herbal dengan kandungan utama di dalamnya gluthathione, kolagen, elastin, susu kedelai, ekstrak zaitun, premiks vitamin, dan premiks mineral. Moment Teragen memiliki salah satu khasiat untuk mengatasi peradangan atau inflamasi, yang mana diperlukan dalam mengobati jerawat bernanah.
  • Biocell merupakan obat jerawat yang mampu membuat pori-pori lebih kecil, menghaluskan tekstur wajah, dan mencerahkan wajah. Biocell memiliki kandungan protein susu, ekstrak apel, karnitin, glutamin, dan taurin. Selain membantu mengobati jerawat bernanah, Biocell memiliki banyak khasiat lainnya untuk mengobati berbagai penyakit kronis.

Pilihlah obat di apotik sesuai khasiatnya, meskipun biasanya satu obat memiliki berbagai khasiat. Selain itu, jangan lupa membeli cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik sebagai pencegahan bopeng bekas jerawat. Anda juga dapat membaca cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dan cara menghilangkan bopeng jerawat dengan madu secara cepat.

Nah, sekarang anda telah mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan sebagai obat jerawat bernanah. Semoga artikel ini menambah wawasan dan memberikan informasi bermanfaat bagi anda!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan