Sponsors Link

7 Obat Jerawat di Punggung Yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Dewasa ini, masalah mengenai jerawat memang seakan tidak ada habisnya karena ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Mungkin anda sudah tahu penyebab timbulnya jerawat di wajah maupun penyebab jerawat di hidung, namun tahukah anda penyebab jerawat di punggung? Jerawat di punggung tentu akan membuat seseorang merasakan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa percaya diri yang menurun. Jerawat di punggung dapat disebabkan oleh banyak hal dan ulasannya tersedia pada bahasan di bawah ini. Nah, apakah anda juga bertanya-tanya obat apakah yang cocok untuk mengobati jerawat di punggung anda? Maka baca artikel ini hingga selesai ya.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat di Punggung

Sebelum anda mengetahui berbagai obat yang tepat untuk mengatasi jerawat di punggung, maka ada baiknya anda mengetahui apa saja sih penyebab jerawat di punggung? Berikut ini merupakan beberapa penyebab jerawat di punggung.

  • Keringat. Keringat tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu penyebab utama mengapa jerawat di punggung bisa timbul. Karena keringat, punggung menjadi lembab dan rawan terkena infeksi dari bakteri penyebab jerawat dan juga berpotensi akan menyumbat pori-pori kulit anda.
  • Menggunakan Tas Punggung. Sebenarnya menggunakan tas punggung tidak akan menimbulkan masalah yang berarti bagi punggung anda. Namun, jika anda menggunakan tas punggung dengan beban yang berlebihan, maka hal itu akan membuat kulit punggung anda menjadi terluka dan membuat anda rawan terkena bahaya infeksi jerawat, yang akhirnya menimbulkan jerawat di punggung anda.
  • Memakai Pakaian Yang Tidak Tepat. Salah satu faktor utama lain mengapa jerawat di punggung dapat timbul adalah penggunaan pakaian yang tidak tepat. Ketika anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan memiliki bahan kain yang tidak menyerap keringat, maka kulit anda tidak akan bisa bernapas dikarenakan adanya keringat maupun minyak yang menumpuk di pori-pori kulit anda dan jangan heran jika jerawat di punggung bisa timbul setelah itu.

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab timbulnya jerawat di punggung, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai obat yang tepat untuk mengatasi jerawat di punggung. Penasaran apa sajakah obat-obat tersebut? Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Sabun Antibakteri

Jika anda mendapati jerawat yang tidak parah pada bagian punggung anda, maka anda dapat menggunakan sabun antibakteri untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat di punggung anda. Namun yang perlu anda perhatikan adalah, pastikan bahwa sabun antibakteri yang anda beli memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat. Berikut ini beberapa manfaat benzoil peroksida dan asam salisilat untuk mengatasi jerawat di punggung anda.

Cara Benzoil Peroksida dan Asam Salisilat Mengatasi Jerawat di Punggung

  • Benzoil peroksida memiliki sifat anti-inflamasi yang akan menyembuhkan peradangan jerawat di punggung anda sekaligus dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat di punggung anda akan semakin cepat mengempis dan menghilang.
  • Asam salisilat memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pengeringan jerawat di kulit anda sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga akan membantu regenerasi sel kulit baru, sehingg dapat juga digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Sabun Antibakteri

  • Ketika anda menggunakan sabun antibakteri untuk menyembuhkan jerawat di punggung, maka pastikan bahwa anda tidak menggosok kulit punggung anda dengan kasar karena jika hal tersebut anda lakukan, maka jerawat di punggung anda justru akan bertambah parah dan akan meninggalkan bekas jerawat.
  • Produk yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat terkadang akan menimbulkan efek samping pada kulit anda seperti kulit kemerahan dan juga kulit yang menjadi gatal-gatal. Jika sudah begitu, aplikasikan cara mengatasi jerawat bernanah dan gatal

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala

ads

 2. Obat Antibiotik Topikal

Ketika anda mendapati segala jenis jerawat di punggung anda, maka ada baiknya jika anda menggunakan obat jerawat di punggung dengan antibiotik topikal. Obat antibiotik merupakan obat jerawat batu yang ada di apotik dan akan sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis jerawat di punggung anda karena beberapa alasan berikut ini:

Cara Obat Antibiotik Topikal Mengatasi Jerawat di Punggung

  • Antibiotik bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat secara cepat sehingga jerawat di punggung anda akan semakin cepat mengempis dan menghilang dari kulit anda.
  • Antibiotik topikal ini juga tidak terlalu mengiritasi kulit anda. Bahkan obat antibiotik ini dapat mengurangi efek kemerahan akibat peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab jerawat dan sangat cocok digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat dengan cepat

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Obat Antibiotik Topikal

Yang patut diingat adalah bahwa setelah jerawat mengempis dari kulit anda, maka sebaiknya anda menghentikan penggunaan obat ini dikarenakan jika anda melanjutkan pemakaian obat ini, ada kemungkinan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik dan menimbulkan jerawat lanjutan di kulit anda. Oleh karena itu, obat antibiotik topikal ini biasanya dikombinasikan dengan benzoil peroksida sehingga mengurangi kemungkinan resistensi bakteri terhadap antibiotik.

Baca Juga: Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat dan Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

3. Obat Antibiotik Oral

Selain dapat berbentuk obat topikal seperti gel, lotion, dan krim, obat antibiotik pada saat ini juga telah tersedia dalam bentuk kapsul atau tablet yang dapat dikonsumsi. Contoh-contoh obat yang termasuk ke dalam antibiotik oral adalah minocycline dan doxycycline. Nah, lalu bagaimanakah obat antibiotik oral ini dapat mengatasi jerawat di punggung anda? Berikut ini ulasannya.

Cara Obat Antibiotik Oral Mengatasi Jerawat di Punggung

  • Sebenarnya cara obat antibiotik oral ini sama dengan obat antibiotik topikal, dimana obat antibiotik oral akan menghambat pertumbuhan bakteri serta membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam.
  • Saat dikonsumsi bersamaan dengan penggunaan obat antibiotik topikal yang dicampur dengan benzoil peroksida, maka kemungkinan bakteri penyebab jerawat menjadi kebal terhadap antibiotik menjadi semakin kecil.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Obat Antibiotik Oral

  • Sama seperti obat antibiotik topikal, obat antibiotik oral ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika jerawat di punggung anda telah mengempis karena anda kemungkinan akan mengalami bahaya antibiotik jerawat, yaitu bakteri penyebab jerawat menjadi kebal terhadap antibiotik.
  • Penggunaan obat antibiotik oral ini akan menimbulkan beberapa efek samping seperti mual-mual dan juga kepala menjadi pusing. Selain itu, kulit anda akan menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, jangan lupa selalu gunakan sunscreen saat akan beraktivitas secara outdoor.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Gambir untuk Menghilangkan Jerawat

4. Retinoid

Salah satu alternatif lain selain dengan menggunakan antibiotik untuk mengobati jerawat di punggung anda adalah dengan menggunakan retinoid. Retinoid merupakan suatu obat yang mengandung turunan dari Vitamin A dan biasanya tersedia dalam bentuk gel, lotion, dan krim. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat penggunaan obat retinoid sebagai cara menghilangkan jerawat di badan dan di punggung anda.

Cara Obat Retinoid Mengatasi Jerawat di Punggung

  • Obat retinoid ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan anda dari timbulnya jerawat batu di punggung anda dengan cara menyingkirkan segala debu menyebabkan jerawat, kotoran, maupun bakteri yang berpotensi akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat batu.
  • Obat retinoid juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit anda, sehingga jerawat batu menjadi semakin mudah untuk diobati dan semakin cepat mengempis serta menghilang dari kulit di punggung anda.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Penggunaan Retinoid

  • Ketika pertama kali menggunakan obat retinoid ini, mungkin kulit anda akan mengalami tanda-tanda alergi, namun jangan hentikan penggunaan obat ini karena memang kulit anda belum terbiasa dengan obat ini. Ada baiknya saat pertama kali menggunakan obat ini, anda menggunakannya 3 kali dalam seminggu hingga kulit anda terbiasa dengan obat ini.
  • Jangan gunakan retinoid jika anda sedang hamil dikarenakan menggunakan obat ini akan memperbesar resiko terjadinya cacat pada anak saat anda melahirkan.
  • Menggunakan obat retinoid ini akan menyebabkan efek samping, seperti kulit kemerahan dan kulit yang menjadi lebih sensitif terhadap sinar UVA dan UVB

Baca Juga: Manfaat AHA untuk Kulit Berjerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol 70%

5. Isotretinoin

Biasanya obat isotretinoin ini digunakan ketika penggunaan obat antibiotik dan retinoid tidak memberikan dampak yang berarti bagi obat jerawat di punggung anda. Hal ini karena memang isotretinoin dikhususkan untuk penanganan jerawat  parah. Berikut ini manfaat penggunaan isotretinoin untuk mengatasi jerawat di punggung anda.

Cara Isotretinoin Mengatasi Jerawat di Punggung

  • Isotretinoin dapat mengontrol produksi sebum atau minyak di kulit anda, sehingga dapat mengurangi resiko munculnya jerawat di punggung anda akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih.
  • Isotretinoin dapat secara ampuh menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika, sehingga membuat jerawat di punggung semakin cepat mengempis dan menghilang dari kulit anda.
  • Isotretinoin juga dapat menyembuhkan efek kemerahan akibat jerawat di punggung karena memang obat ini memiliki sifat anti-inflamasi yang akan menyembuhkan peradangan jerawat dan membuat isotretinoin digunakan sebagai langkah cara mengatasi jerawat meradang.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Penggunaan Isotretinoin

  • Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat ini biasanya digunakan ketika pengobatan menggunakan antibiotik dan retinoid tidak menemui hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan penggunaan obat ini akan menimbulkan efek samping yang berbahaya sehingga penggunaan obat ini hanya diperbolehkan dengan resep dokter.
  • Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh isotretinoin diantaranya adalah peradangan pada mata, darah pada urine, penyakit ginjal, hingga peradangan pada hati dan ginjal.
  • Selain itu, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil dikarenakan akan meningkatkan resiko cacat pada bayi saat proses kelahiran.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Sponsors Link

6. Terapi Sinar

Terapi sinar merupakan salah satu bentuk terapi yang dapat anda kombinasikan dengan menggunakan obat yang telah disebutkan diatas. Nah, terapi sinar ini biasanya akan meningkatkan kemungkinan jerawat di punggung anda menghilang secara cepat dan juga tanpa bekas. Namun, hingga saat ini terapi dengan menggunakan metode ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai sumber sinar maupun berapakah yang paling cocok untuk menyembuhkan jerawat di kulit kita. Berikut ini merupakan cara terapi sinar mengatasi jerawat di punggung.

Cara Terapi Sinar Mengatasi Jerawat di Punggung

Sinar terapi akan mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan jerawat di punggung anda dengan cara menghambat dan membunuh berbagai jenis bakteri penyebab jerawat batu dan jenis jerawat lainnyayang menempel di kulit sehingga jerawat yang terdapat di punggung anda tidak akan mengalami peradangan dan akan semakin cepat menghilang tanpa bekas dari kulit anda, sehingga terapi ini dapat juga digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di punggung.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Sinar Terapi

  • Seperti yang telah dijelaskan diatas, metode menggunakan terapi sinar ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai pemilihan sumber sinar manakah yang paling pas untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga sebelum menggunakan metode ini, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu.
  • Metode terapi sinar ini akan menimbulkan beberapa efek samping pada kulit anda seperti sensitivitas kulit akan sinar UVA dan UVB yang akan meningkat, dan juga efek kemerahan pada kulit yang akan bersifat sementara.

Baca Juga: Efek Samping Laser Wajah Jerawat Yang Perlu Diketahui

7. Chemical Peeling

Anda tentu saja sudah familiar terhadap metode pengobatan jerawat ini bukan? Jadi, chemical peeling merupakan suatu terapi yang menggunakan bahan kimia sebagai bahan utamanya. Untuk melakukan chemical peeling yang aman, gunakan asam salisilat dan karena pada dasarnya chemical peeling merupakan suatu terapi, maka harus dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Chemical Peeling Mengatasi Jerawat di Punggung

Pada dasarnya, chemical peeling merupakan treatment atau terapi yang berfokus untuk ‘merusak’ bagian permukaan kulit tertentu sehingga nantinya regenerasi sel dapat berlangsung denan cepat. Akibat dari regenerasi sel ini, maka segala jenis flek hitam, jerawat, bekas jerawat, dan keriput tanda-tanda penuaan dapat tersamarkan dengan lebih cepat dan dapat dengan mudah diobati. Oleh karena itu, tidak heran jika metode ini akan sangat efektif jika dikombinasikan dengan obat-obat seperti antibiotik oral dan topikal dan dapat digunakan sebagai cara cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Perihal Chemical Peeling

  • Mengingat chemical peeling menggunakan bahan kimia seperti asam salisilat, maka ada kemungkinan kulit anda akan mengalami tanda-tanda iritasi seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal.
  • Setelah melakukan chemical peeling, maka ada baiknya anda menghindari paparan sinar UVA dan UVB terlalu lama. Selain itu, kurangi pemakaian kosmetik yang berlebihan.
  • Saat melakukan chemical peeling, maka jangan konsumsi obat retinoid oral, karena hal tersebut justru akan berpotensi mengiritasi kulit anda secara berlebihan dan membuat anda mengalami bahaya chemical peeling untuk wajah jerawat

Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Manfaat Mastin untuk Kulit Jerawat

Tips Mencegah Jerawat di Punggung

Nah, setelah anda mengetahui segala obat jerawat di punggung dan terapi yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di punggung. Ada pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu, berikut ini kami hadirkan berbagai tips untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung anda sehingga anda tidak mengalami bahaya jerawat di punggung.

  • Mandi Secara Teratur. Salah satu cara paling ampuh yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung adalah dengan mandi secara teratur, paling tidak 2 kali dalam sehari. Selain itu, ketika anda habis berolahraga dan kulit anda berkeringat, segeralah mandi sehingga jerawat akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh keringat dan minyak tidak timbul. Jangan lupa setelah itu gunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak jika anda memang memiliki kulit berjerawat.
  • Hindari Memakai Tas Punggung. Memakai tas punggung kadangkala juga akan menimbulkan jerawat di punggung karena memakai tas di punggung, apalagi dengan beban yang berat, akan menimbulkan luka di kulit punggung, yang membuat kulit punggung menjadi rentan terkena jerawat di kemudian hari. Usahakan menggunakan tas selempang dan tidak membawa beban yang terlalu berat sehingga tidak melukai kulit punggung anda dan
  • Gunakan Baju Yang Pas. Terkadang penggunaan pakaian yang tidak tepat juga akan menimbulkan jerawat di punggung. Ketika anda mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau tidak memiliki kemampuan untuk menyerap keringat, maka kulit anda tidak bisa bernapas yang akan menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari. Ada baiknya anda menggunakan pakaian yang pas dan memiliki bahan kain yang dapat menyerap keringat sehingg dapat bermanfaat sebagai cara menghindari jerawat.
  • Hindari Menggunakan Obat Yang Mengandung Androgen. Menggunakan obat-obatan yang salah justru akan berpotensi menimbulkan jerawat di punggung. Jika anda tidak ingin jerawat di punggung anda semakin parah, maka jangan gunakan obat-obatan yang mengandung androgen dan lithium karena bahan-bahan tersebut justru dapat menyebabkan jerawat. ( Baca: Ciri-Ciri Obat Jerawat Berbahaya)
  • Menjaga Kebersihan Rambut. Bagi anda yang memiliki rambut yang panjang, maka menjaga kesehatan dan kebersihan rambut merupakan salah satu hal vital yang harus anda lakukan untuk menghindari terjadinya jerawat di punggung anda. Hal ini dikarenakan bakteri dari rambut yang panjang dapat berpindah ke punggung jika anda tidak menjaga kebersihan rambut anda dan hal ini akan memunculkan jerawat di punggung.

Baca Juga:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala hal perihal obat yang tepat untuk mengatasi jerawat di punggung anda sekaligus juga berbagai tips untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung di kemudian hari. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan