Sponsors Link

7 Obat Jerawat Meradang Paling Ampuh

Sponsors Link

Dewasa ini, masalah jerawat seakan tidak bisa dihindari karena ada banyak sekali penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Jerawat memang sangat mengganggu karena dampak psikologis akibat jerawat akan fatal, yaitu dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang akan penampilan diri mereka. Apalagi jika jerawat yang menghiasi kulit adalah jerawat parah dan jerawat meradang, maka tentu membutuhkan pengobatan ekstra. Nah, apakah anda penasaran obat apa sajakah yang bermanfaat untuk mengobati jerawat meradang? Maka baca artikel ini hingga selesai ya.

Sponsors Link

Penyebab Timbulnya Jerawat Meradang

Sebelum anda mengetahui berbagai obat untuk menghilangkan jerawat meradang, maka pertama-tama anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat meradang. Nah, berikut ini merupakan beberapa penyebab jerawat meradang:

  • Infeksi Bakteri. Ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan jerawat meradang di kulit anda. Biasanya, bakteri yang menempel di kulit anda akan menyumbat pori-pori kulit dan berinteraksi dengan minyak atau sebum yang diproduksi kulit anda, sehingga tidak heran jika akhirnya timbulah peradangan jerawat.
  • Memencet Jerawat. Ini juga merupakan faktor utama terjadinya peradangan jerawat, namun hingga sekarang masih sering dilakukan oleh banyak orang yang memiliki jerawat di kulit mereka. Bahaya memencet jerawat dan menekan jerawat yang masih aktif dengan tangan adalah akan memindahkan kotoran dari tangan anda ke jerawat anda, sehingga tentu saja peradangan jerawat akan terjadi.
  • Salah Memakai Kosmetik. Mungkin anda menggunakan kosmetik dengan tujuan untuk menyamarkan jerawat, namun ternyata ada beberapa produk kosmetik yang justru akan membuat kulit anda sulit bernapas dan justru dapat menyumbat pori-pori kulit berjerawat, sehingga nantinya justru akan memperparah jerawat. Ada baiknya anda menggunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, seperti foundation untuk kulit berjerawat dan bedak yang cocok untuk kulit berjerawat.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab peradangan jerawat, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam obat yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat meradang. Berikut ulasannya.

1. Benzoil Peroksida

Ketika membicarakan mengenai berbagai macam obat untuk menghilangkan jerawat, apalagi jerawat yang meradang, tentu saja perawatan dengan menggunakan obat benzoil peroksida merupakan salah satu cara yang wajib dicoba. Biasanya, produk yang mengandung benzoil peroksida dapat berupa gel, lotion, dan juga sabun. Produk yang mengandung benzoil peroksida misalnya Brevoxyl.

Bagaimana Benzoil Peroksida Mengobati Jerawat Meradang?

  • Benzoil Peroksida merupakan obat jerawat meradang yang akan berkerja dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat.
  • Selain itu, produk yang mengandung benzoil peroksida ini akan secara ampuh dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga merupakan salah satu obat jerawat batu yang ada di apotik  dan mengobati jerawat meradang lainnya di kemudian hari.
  • Benzoil peroksida memiliki sifat anti-inflamasi yang membuat produk ini dapat menyembuhkan jerawat meradang.

Efek Samping Benzoil Peroksida?

Produk benzoil peroksida biasanya tidak terlalu mengiritasi kulit anda, namun efek samping berikut ini bisa terjadi ketika anda menggunakan produk benzoil peroksida:

  • Kulit yang menjadi sangat kering
  • Kulit anda akan menjadi terasa panas
  • Kulit anda menjadi kemerahan dan mungkin disertai gatal-gatal

Yang perlu dicatat perihal penggunaan produk yang mengandung benzoil peroksida adalah, pada masa-masa awal menggunakan produk ini, mungkin kulit anda akan mengalami kemerahan. Namun, tetaplah gunakan produk ini mengingat jerawat anda akan mulai menghilang jika anda telah menggunakan produk ini selama 4 hingga 6 minggu secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

ads

 2. Topikal Retinoid

Obat topikal retinoid juga merupakan obat berbentuk gel, lotion, dan krim yang sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat meradang di kulit anda yang mengandung Vitamin A. Contoh topikal retinoid yang paling dikenal adalah Tretinoin yang biasanya terdapat pada obat di apotk dengan merk Retin-A atau Vitacid. Berikut ini beberapa manfaat obat topikal retinoid sebagai langkah cara mengatasi jerawat meradang.

Bagaimana Topikal Retinoid Mengobati Jerawat Meradang?

  • Topikal retinoid biasanya bekerja dengan cara menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit, sehingga akan mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang serta menyembuhkan bekas jerawat akibat jerawat meradang di kulit anda dengan cepat.
  • Topikal retinoid juga akan menghindarkan anda dari penyumbatan pori-pori di kulit yang akan menyebabkan berbagai macam jenis jerawat meradang di kemudian hari.

Efek Samping Topikal Retinoid?

Efek samping obat topikal retinoid sama dengan obat-obat jerawat lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa ketika anda menggunakan obat ini, pertama-tama jerawat anda mungkin terlihat bertambah parah, namun anda disarankan tetap menggunakan produk ini sehingga nantinya jerawat anda akan menghilang. Beberapa efek samping topikal retinoid:

  • Kulit kemerahan
  • Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar UVA dan UVB
  • Terdapat efek terbakar dan juga tekstur yang kering di kulit anda.

Yang perlu dicatat juga adalah bahwa obat topikal retinoid ini tidak cocok untuk ibu hamil, karena akan meningkatkan resiko cacat pada anak saat melahirkan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

3. Antibiotik

Nah, pengobatan dengan obat antibiotik tentu saja sudah sering anda gunakan bukan? Produk obat antibiotik sangat banyak tersedia di apotik tanpa memerlukan resep khusus dari dokter. Banyak manfaat obat antibiotik untuk jerawat, seperti misalnya manfaat obat jerawat cindala dan juga manfaat amoxicilin untuk jerawat, seperti berikut ini.

Bagaimana Obat Antibiotik Mengobati Jerawat Meradang?

  • Topikal antibiotik terkenal akan keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat di permukaan kulit anda, sehingga tentu saja segala jenis jerawat meradang dapat disembuhkan dengan lebih cepat.
  • Sedikit berbeda dengan obat topikal antibiotik, obat antibiotik yang dikonsumsi dalam bentuk pil atau tablet akan membunuh bakteri penyebab jerawat meradang yang berada di pori-pori kulit anda.

Efek Samping Obat Antibiotik?

Sama seperti obat-obat jerawat kebanyakan, obatantibiotik memiliki beberapa efek samping, diantaranya yaitu:

  • Berbagai macam tanda iritasi di kulit anda, seperti misalnya kulit kemerahan dan gatal-gatal.
  • Sensasi panas dan terbakar pada kulit anda.
  • Pengelupasan pada kulit anda.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika jerawat meradang anda telah memudar, segera hentikan penggunaan obat antibiotik, dikarenakan nantinya bakteri penyebab jerawat justru akan semakin kebal terhadap antibiotik dan akan menimbulkan peradangan di kemudian hari. Jangan lupa cermati bahaya antibiotik jerawat ya.

4. Asam Azelat

Asam azelat merupaka salah satu alternatif yang dapat anda coba ketika ternyata obat antibiotik atau benzoil peroksida terlalu mengiritasi kulit anda. Nah, hal ini dikarenakan asam azelat ini kurang mengiritasi jika dibandingkan dengan benzoil peroksida. Produk yang mengandung asam azelat adalah Azelec yang biasanya berbentuk cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik. Penasaran apa manfaat asam azelat untuk jerawat? Berikut ini ulasannya.

Bagaimana Asam Azelat Mengobati Jerawat Meradang?

  • Asam azelat biasanya bekerja dengan cara membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan menyingkirkan sel-sel kulit mati, sehingga nantinya akan menghindarkan anda dari jerawat meradang akibat penyumbatan pori-pori.
  • Asam azelat juga dapat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat meradang, sehingga tentunya akan mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang di kulit anda.

Efek Samping Asam Azelat?

Walaupun tidak begitu mengiritasi kulit anda dan juga tidak akan membuat kulit anda menjadi sensitif terhadap sinar UVA dan UVB, namun tetap saja akan ada tanda-tanda efek samping jika anda menggunakan asam azelat ini, walaupun kemungkinannya juga kecil. Berikut ini merupakan efek samping asam azelat:

  • Kulit yang menjadi kering dan juga gatal-gatal
  • Kulit menjadi berwarna kemerahan.
  • Terdapat rasa panas dan terbakar pada kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa untuk Jerawat

5. Isotretinoin

Isotretinoin pada dasarnya memiliki kemiripan dengan obat topikal retinoid, dimana yang membedakan adalah bahwa dalam isotretinoin ini biasanya diaplikasikan dengan cara dikonsumsi. Nah, isotretinoin ini merupakan metode pengobatan yang memang dikhususkan untuk berbagai macam jenis jerawat meradang dan jerawat parah dan digunakan ketika metode pengobatan lain tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

Bagaimana Isotretinoin Mengobati Jerawat Meradang?

  • Isotretinoin dapat menyingkirkan produksi minyak berlebih di kulit anda, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menghindarkan anda dari jerawat meradang yang disebabkan oleh minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori.
  • Isotretinoin dapat menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, sehingga menghindarkan anda dari jerawat meradang akibat bakteri di kemudian hari dan juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat bernanah.
  • Isotretinoin juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membuat isotretinoin ini akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat yang meradang.

Efek Samping Isotretinoin?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, isotretinoin merupakan obat jerawat yang dikhususkan untuk mengobati jerawat parah dan jerawat meradang, sehingga obat jenis ini memiliki efek samping yang cukup kuat, diantaranya:

  • Tanda-tanda iritasi kulit, seperti kulit kemerarahan dan juga gatal-gatal.
  • Kulit yang menjadi sensitif terhadap sinar UVA dan UVB.
  • Mulut dan bibir akan menjadi terasa kering.
  • Kerontokan rambut yang sifatnya sementara.
  • Mata menjadi kering dan rentan mengalami iritasi.

Yang patut dicatat adalah bahwa obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil karena berpotensi akan mengakibatkan cacatpada bayi ketika dilahirkan.

Baca Juga: Manfaat Gambir untuk Menghilangkan Jerawat

Sponsors Link

6. Dapsone

Dapsone merupakan salah satu obat topikal yang tersedia dalam bentuk gel dan lotion dan juga akan sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat meradang di kulit anda. Nah, berikut ini merupakan beberapa keunggulan dapsone dalam mengobati masalah jerawat meradang di kulit anda.

Bagaimana Dapsone Mengobati Jerawat Meradang?

  • Dapsone memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga tentu saja dapsone ini akan membunuh bakteri penyebab jerawat batu dengan cepat dan juga akan dengan cepat mengempiskan jerawat meradang di kulit anda.
  • Dapsone secara ampuh dapat mengurangi tingkat keparahan jerawat dan memicu jerawat untuk mengempis dan memudar dari kulit anda secara cepat.

Efek Samping Menggunakan Dapsone?

Secara umum, efek samping yang akan ditimbulkan dapsone sama dengan obat-obat jerawat yang telah disebutkan diatas, dimana berikut ini merupakan beberapa efek samping yang akan ditimbulkan akibat penggunaan dapsone:

  • Tanda-tanda iritasi pada kulit seperti misalnya kulit kemerahan dan gatal-gatal. (Baca: Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dan Gatal)
  • Kulit yang menjadi terlalu kering atau menjadi terlalu berminyak, karena tergantung dari tipe kulit anda.
  • Walaupun terbilang sangat langka, namun jika anda mengalami sesak napas dan warna urine anda berubah menjadi gelap, maka sebaiknya hentikan penggunaan dapsone ini.

Baca Juga: Manfaat AHA untuk Kulit Berjerawat

7. Spironolactone

Walaupun biasanya obat spironolactone ini digunakan sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan berbagai masalah pada jantung dan ginjal, namun ternyata obat ini memiliki manfaat untuk mengatasi segala sesuatu tentang jerawat meradang di kulit anda. Biasanya obat ini dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet. Penasaran manfaat spironolactone untuk jerawat? Berikut ini beberapa manfaat spironolactone untuk jerawat meradang.

Bagaimana Spironolactone Mengatasi Jerawat Meradang?

  • Spironolactone ini memiliki kemampuan untuk menurunkan produksi sebum atau minyak di kulit anda, sehingga akan menghindarkan kulit anda dari minyak berlebih dan juga jerawat meradang akibat penyumbatan pori-pori.
  • Spironolactone ini biasanya sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengilangkan jerawat pada wanita yang biasanya semakin bertambah parah pada masa-masa menstruasi karena spironolactone ini dapat menghilangkan berbagai ciri-ciri jerawat haid pada wanita.

Efek Samping Spironolactone?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, spironolactone ini sebenarnya merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan berbagai masalah pada jantung dan ginjal, sehingga efek sampingnya pun berbeda dengan obat jerawat lainnya yang telah disebutkan diatas. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah pemakaian spironolactone.

  • Rasa pusing dan juga rasa berat di kepala.
  • Masalah pada pencernaan dan perut seperti diare, mual-mual dan muntah.
  • Perasaan mudah lelah dan capek.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat saat Menstruasi

Tips Menggunakan Obat Jerawat Meradang

Setelah anda mengetahui berbagai macam obat yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat meradang, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam tips dalam menggunakan obat jerawat yang telah disebutkan diatas, sehingga anda benar-benar mendapatkan manfaat yang maksimal dalam penggunaan obat jerawat tersebut:

  • Bersabar. Hal utama yang harus anda perhatikan baik-baik dalam penggunaan obat jerawat meradang diatas adalah bersabar. Hal ini dikarenakan ketika anda menggunakan obat diatas, maka biasanya membutuhkan 4 minggu pemakaian secara rutin sebelum anda melihat dampak signifikan pada jerawat anda. Jadi, ketika anda baru menggunakan obat diatas selama beberapa minggu dan jerawat belum memperlihatkan tanda-tanda memudar, maka tetap lanjutkan pemakaian obat jerawat diatas secara rutin.
  • Gunakan Obat Jerawat Yang Ringan. Ketika anda pertama kali menggunakan obat jerawat untuk mengobati jerawat meradang di kulit anda, maka anda bisa menggunakan obat jerawat yang memiliki sifat yang ringan seperti benzoil peroksida dan asam azelat yang tidak akan terlalu mengiritasi kulit anda dan memiliki efek samping yang relatif lebih sedikit. Nah, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah bersabar, sesuai dengan yang telah dijelaskan diatas.
  • Ganti Obat Jerawat. Nah, anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti obat jerawat jika misalnya dalam jangka waktu 6 minggu pemakaian obat jerawat yang memiliki sifat ringan secara rutin, jerawat anda tidak menunjukkan tanda-tanda menghilang yang berarti. Mengganti obat jerawat yang memiliki efek kuat seperti isotretinoin bisa dicoba. Biasanya mengganti obat jerawat yang memiliki efek lebih kuat dapat berhasil menghilangkan jerawat meradang di kulit anda. Tetapi, anda juga perlu memperhatikan ciri-ciri obat jerawat berbahaya ya.
  • Tetap Rawat Kulit Setelah Jerawat Menghilang. Biasanya, ketika jerawat meradang anda telah menghilang dan memudar, maka ada baiknya anda tetap merawat kulit anda dengan menggunakan obat jerawat yang ringan seperti benzoil peroksida, atau untuk lebih amannya menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal  seperti jeruk nipis, madu, putih telur, dan lain-lain, sehingga kulit anda akan aman dari bahaya efek samping yang terdapat pada obat jerawat.
  • Hentikan Penggunaan Antibiotik Setelah Jerawat Menghilang. Setelah jerawat meradang di kulit anda menghilang, maka mungkin anda ingin tetap menggunakan obat antibiotik dengan harapan agar jerawat meradang tidak akan muncul lagi di kulit anda. Namun, cara tersebut sebenarnya salah besar. Jangan gunakan obat antibiotik setelah jerawat menghilang. Kenapa? karena menggunakan antibiotik setelah jerawat menghilang justru akan meningkatkan resistensi bakteri penyebab jerawat, dan justru membuat bakteri menjadi kebal dan kembali mengakibatkan jerawat meradang di kulit anda di kemudian hari dan anda dapat mengalami bahaya infeksi jerawat.

Baca Juga Artikel Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai macam obat untuk menghilangkan jerawat meradang dan juga tips-tips dalam menggunakan obat-obat jerawat tersebut. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 01st, July 2016 / 17:02 Oleh :
Kategori : Pengobatan