Sponsors Link

Perlukah Konsumsi Obat Jerawat yang Diminum?

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang selalu mengganggu, walaupun memang banyak obat jerawat yang mudah didapatkan di pasaran untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Obat jerawat sendiri terbagi menjadi dua metode, yaitu untuk penyembuhan jerawat dari luar dan penyembuhan jerawat dari dalam. Dimana kebanyakan orang memang lebih sering menggunakan obat jerawat salep penghilang jerawat atau metode penyembuhan dari luar, dibandingkan dengan menggunakan obat yang diminum untuk penyembuhan dari dalam. Lantas perlukah konsumsi obat jerawat yang diminum atau metode penyembuhan dari dalam untuk mengatasi masalah jerawat yang tumbuh di kulit anda? Mari simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Kandungan Obat Jerawat Minum

Sebelum membahas mengenai perlu atau tidaknya sebenarnya mengonsumsi obat jerawat minum, anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan yang biasa ada didalamnya. Beberapa kandungan yang paling umum ada didalam obat jerawat minum atau obat jerawat untuk metode penyembuhan dari dalam diantaranya adalah:

  • Tretinoin

Kandungan Tretinoin atau yang juga biasa dijual dengan sebutan Retin-A ini juga umum berada pada obat jerawat untuk dikonsumsi. Kandungan ini memiliki manfaat seperti dapat membuka pori-pori dan juga mencegah terjadinya sumbatan pada pori-pori kembali karena minyak.

  • Antibiotik

Kandungan yang satu ini juga biasanya akan ada di dalam obat salep atau obat untuk metode penyembuhan dari luar, termasuk pula pada obat jerawat dari dalam. Antibiotik sendiri berfungsi untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat tidak semakin parah.

  • Isotretinoin

Kandungan selanjutnya pada obat jerawat dari dalam selanjutnya adalah isotretinoin, dimana kandungan ini juga berfungsi untuk mengurangi jumlah minyak pada kulit. Berkurangnya jumlah minyak pada kulit pastinya dapat mencegah munculnya jerawat lebih banyak lagi, dan membantu proses penyembuhan jerawat lebih cepat.

  • Klindamisin dan Benzoil Peroksida

Bagi anda yang memang gemar menggunakan obat jerawat kimia atau bukan obat jerawat alami, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kedua kandungan yang terakhir ini, terutama Benzoil Peroksida. Kandungan ini memang dianggap sebagai zat pelawan jerawat paling ampuh, dan banyak terkandung juga dalam obat jerawat oles.

Itulah beberapa kandungan umum yang biasanya ada dalam obat jerawat dengan metode penyembuhan dari dalam atau untuk di minum. Lantas perlukah mengonsumsi obat jerawat dari dalam? Apakah kandungan diatas memang diperlukan untuk dikonsumsi untuk menghilangkan jerawat? berikut penjelasannya.

Mengobati Jerawat Dari Dalam

Jerawat yang sering muncul secara tiba-tiba memang sangat beragam bentuknya. Untuk jerawat yang paling umum dialami seperti hanya berupa benjolan merah saja pada kulit dan tanpa adanya luka yang terbuka, memang akan cukup diobati dengan obat jerawat oleh atau cukup dengan pengobatan dari luar saja. Namun bagaimana dengan jerawat yang meradang dan juga terdapat luka terbuka? Dalam kondisi jerawat yang meradang dan juga sulit untuk diatasi inilah obat jerawat dari dalam atau yang diminum sebenarnya memang diperlukan. Hal ini disebabkan karena obat jerawat oles saja akan kurang efektif untuk mengatasi jerawat meradang maupun mengobati luka yang terbuka pada jerawat. Oleh sebab itu, kandungan seperti antibiotik atau isotretinoin yang diminum dianggap lebih efektif untuk mengatasi kondisi tersebut dari dalam.

Obat jerawat dari dalam atau untuk diminum biasanya akan bekerja dari dalam untuk memperbaiki kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat secara lebih efektif. Jerawat yang terlanjur meradang dan menimbulkan benjolan besar serta luka terbuka membutuhkan obat jerawat dari dalam karena obat jerawat oles saja tidak akan mampu menembus cukup dalam untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sponsors Link

Maka dari itu obat jerawat yang diminum dibutuhkan disini untuk mengatasi jerawat yang parah dan sulit di atasi, atau sebagai salah satu cara mengatasi jerawat meradang. Namun memang akan lebih baik pula apabila pengobatan yang dilakukan juga menggunakan metode keduanya, baik metode pengobatan dari dalam maupun dari luar. Artinya menggunakan obat oleh akan lebih efektif apabila didampingi dengan penggunaan obat jerawat dari dalam, begitu pula sebaliknya.

Walaupun memang banyak obat yang beredar di pasaran dan mudah untuk didapatkan, tetapi tetap disarankan untuk menggunakan obat dari resep dokter setelah melakukan konsultasi. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi maupun kondisi buruk lainnya yang disebabkan karena efek samping pemakaian obat, maupun dikarenakan tidak cocok dengan obat yang digunakan atau dikonsumsi. Selain itu, aturan konsumsi obat jerawat juga bermacam-macam, ada yang hanya perlu diminum sekali sehari, dan juga ada yang perlu diminum beberapa kali sehari. Oleh sebab itu, mengikuti anjuran dokter atau melakukan konsultasi dengan dokter juga perlu dilakukan untuk mendapatkan resep atau obat yang sesuai dengan kondisi yang anda alami.

Demikian penjelasan mengenai obat jerawat dari dalam atau yang diminum, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan anda terhadap obat-obat jerawat yang beredar bebas di pasaran.

ads
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan
Search
Doctors Talk

Seberapa tahu anda tentang jerawat ? dr. Deasy Thio, Sp.KK, Menjelaskan A-Z fakta mengenai jerawat, Yuk simak agar terbebas dari jerawat.