Sponsors Link

9 Obat Penghilang Komedo Alami dan Medis

Sponsors Link

Komedo merupakan masalah kulit yang hampir sama dengan jerawat. Hanya saja sebelum berubah menjadi jerawat terlebih dahulu muncul komedo pada kulit. Komedo merupakan bejolan kecil yang tumbuh disekitar wilayah hidung, pipi dan dahi yang disebabkan karena kelenjar minyak yang berlebihan yang diproduksi oleh kulit. Komedo bisa juga tumbuh dipipi jika produksi minyak didaerah pipi juga banyak. Namun komedo yang tumbuh dipipi umumnya adalah komedo putih.

Sponsors Link

Berdasarkan jenisnya Anda juga perlu mengetahui jenis komedo yang tumbuh dikulit. Ada dua macam jenisnya yaitu :

  • Komedo hitam adalah jenis komedo yang memiliki warna hitam ini disebabkan karena letak dari komedo yang terbuka sehingga memungkinkan debu hinggap dan berubah warnanya menjadi hitam dan coklat. (Baca juga : Cara menghilangkan komedo hitam denga pasta gigi)
  • Komedo putih adalah jenis komedo tertutup dan memiliki warna putih. Komedo ini ada dilapisan kulit paling bawah sehingga tidak mengalami perubahan warna pada kulit.

Pada dasarnya komedo dari jarak yang jauh memang tidak terlihat oleh mata.Namun dalam jarak yang dekat komeddo bisa tampak dengan jelas. Apalagi untuk komedo putih akan terasa sekali benjolannya jika diraba dengan tangan. Untuk cara menghilangkan komedo bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan efeknya bagi kulit Anda. Ada beberapa yang lebih memilih menggunakan obat yang terbuat dari bahan alami untuk membantu menghilangkan komedo dan tidak sedikit juga yang memilih menggunakan cream. Berikut ini akan dijelaskan cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami dan cream. Bahan alami yang bisa digunakana untuk menghilangkan komedo antara lain :

1. Masker bengkuang

Buah asli dari Negara tropis ini sudah sejak lama dipercaya memiliki manfaat untuk kulit. Sehingga banyak sekali produk – produk yang berbahan dasar bengkuang dipasarkan untuk mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat dan komedo. Jika Anda ingin menjadikan bengkuang sebagai bahan dasar masker Anda dirumah berikut ini cara untuk membuatnya :

  • Sediakan satu buah bengkuang ukuran besar untuk dijadikan masker. Sebelumnya kupas dulu kulit bengkuang secara keseluruhan baru kemudian dibilas dengan menggunakan air yang berseih.
  • Parut buah bengkuang tersebut atau bisa juga dengan diblender hingga halus.
  • Letakkan bengkuang yang sudah halus tadi kewadah yang lebih besar kemudian tambahkan sedikit air.
  • Remas hingga mengeluarkan saripati dari bengkuang.
  • Saring air tadi dari ampas bengkuang dan tunggu hingga 1 jam baru kemudian buang airnya. Didasar wadah tadi Anda akan melihat sari daripada bengkuang yang tertempel kemudian ambil dan dibulatkan seperti bedak beras.
  • Jemur hingga kering baru kemudian disimpan ditempat yang sejuk.

Maker bengkuang ini dapat dipakai dirumah setelah sebelmunya diberi air terlebih dahulu.

Artikel terkait :

2. Mentimun dan kunyit

Mentimun memiliki sifat mendinginkan kulit wajah dan juga melembapkan karena kandungan air yang terdapat didalamnya. Disamping itu kunyit juga memiliki senyawa yang dapat menghilangkan komedo pada kulit sehingga kulit menjadi sehat dan bercahaya. Adapun cara mengolah bahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit mentimun dan juga kunyit dan cuci hingga bersih kunyit dan mentimun tersebut.
  • Parut buah mentimun dan kunyit. Khususnya untuk kunyit diperas untuk diambil airnya.
  • Kemudian campurkan air kunyit tadi dengan parutan mentimun. Gunakan masker ini pada wajah untuk menghilangkan komedo.

Mudah sekali bukan untuk membuat kedua bahan ini sebagai obat alami yang dapat Anda gunakan dirumah setiap harinya.

Artikel terkait :

3. Jeruk nipis

Buah satu ini memiliki kandungan asam yang dapat menyerap minyak yang berlebihan pada wajah. Jeruk nipispun lebih mudah untuk digunakan karena Anda tinggal membelah menjadi dua bagian buah ini. Kemudian oleskan airnya pada bagian wajah yang ditumbuhi oleh komedo. Penggunaan jeruk nipis ini harus hati – hati pada wajah karena dapat menimbulkan rasa pedih pada kulit saat dioleskan terutama kulit yang mengalami luka. Gunakan secara teratur hingga komedo Anda sudah mulai menipis dari sebelumnya.

ads

Artikel terkait :

4. Kentang

Sayuran yang kaya akan karbonhidrat ini juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Manfaat kentang antara lain adalah menghilangkan jerawat, menghilangkan komedo dan menyamarkan noda hitam pada wajah. Sudah banyak yang membuktikan bahwa kentang adalah bahan alami yang aman tanpa efek samping. Cara untuk membuat masker dari kentang ini adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit kentang secara keseluruhan dan cuci dengan air yang mengalir.
  • Parut kentang kemudian hasil dari parutannya ditempelkan pada wajah selama 30 menit.
  • Biarkan dan setelah mengering baru kemudian dibilas wajah dengan menggunakan air yang bersih.

Masker kentang ini dapat rutin Anda gunakan dirumah dan rasakan manfaat yang diberikannya untuk kecantikan kulit Anda.

5. Madu

Bahan alami berikutnya yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo berasal dari lebah. Ya madu memiliki segudang manfaat bagi dunai kesehatan dan kecantikan. Jadi tidak heran jika harga madu yang asli lebih mahal. Caranya untuk membantu menghilangkan komedo tergolong murah. Anda cukup mengoleksannya saja pada bagian yang berkomedo dan perhatikan selama beberapa minggu komedo Anda mulai berkurang pada wajah.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dan mencegahnya datang kembali. Lain dengan bahan alami yang memerlukan waktu lama jika Anda tertarik untuk menggunakan cream sebagai obat penghilang komedo berikut ini cream yang dapat membantu anda :

1.White magic Korea

Cream yang diimpor dari Negara Korea ini memiliki segudang manfaat bagi kulit termasuk membantu menghilangkan komedo pada wajah. Untuk jenis creamnya sendiri white magic korea dapat digunakan sebagai cream makam dan cream siang sebagai paket lengkapnya. Selain menghilangkan komedo cream white magic korea ini juga dapat menghilangkan jerawat, memutihkan wajah dan menyamarkan flek hitam.

2. Glucoberry

Glucoberry adalah pil yang terbuat dari minyak nabati, colagen dan elastin. Cara menggunakan glucoberry dengan dikonsumsi setiap hari sebanyak satu sachet. Harga untuk glucoberry satu box adalah berkisar tiga ratus ribu rupiah dengan isi sebanyak 12 sachet dalam satu box. Dengan rutin mengkonsumsi glucoberry maka komedo akan menghilang dengan sendirinya karena glucoberry bekerja dari dalam tubuh.

3. Pore cleanser

Pore cleanser adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk menyedot komedo pada wajah. Alat ini bekerja dengan menyedot bukan dengan menekan komedo keluar. Cara kerjanya yang praktis ditambah dengan alatnya yang mudah dibawa saat Anda bepergian sangat membantu sekali. Adapun langkah – langkah sebelum menggunakan alat pore celanser ini adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah Anda.
  • Kemudian uapkan wajah yang berfungsi untuk melebarkan ukuran pori – pori agar komedo mudah untuk disedot.
  • Kemudian Anda dapat melakukan penyedotan menggunakan alat ini.
  • Biasanya selama pemakaian 30 menit komedo sudah diangkat keseluruhan dari kulit.

Catatan penting yang harus Anda ketahui adalah gunakan alat ini jangan dengan posisi miring agar tidak memungkinkan udara masuk kedalamnya.

4. Pratista

Masker kolagen atau yang bisa dikenal juga dengan nama pratista ini dapat berfungsi untuk membantu menghilangkan komedo dengan cara mengoleskannya pada kulit secara merata. Pemakaiannya sendiri dapat dipakai satu kali sehari. Adapun manfaat dari masker kolagen ini selain untuk mebantu menghilangkan komedo juga bermanfaat antara lain untuk :

  • Membuat kulit menjadi kenyal seperti kulit bayi.
  • Mencegah penuaan dini pada kulit.
  • Memnutihkan wajah dan membuat wajah lebih bercahaya.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan masker kolagen secara teratur untuk kulit wajah Anda. Namun ayng perlu diperhatikan sebelum menggunakan cream untuk menghilangkan komedo. Ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit. Dan pada saat pemakaian jika kulit justru menjadi iritasi lebih baik pemakaian segera dihentikan dan ganti dengan cream yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan